Cara Membuat Kue Donat Empuk Mengembang

Cara membuat kue donat

Siapa yang tidak mengenal kue donat, kue donat adalah kue yang yang identik dengan bentuknya yang cukup menarik dan unik, bentuknya bulat dengan lubang ditengahnya seperti cincin. Keunikan bentuknya ini menjadikan kue donat terkadang sebagai bahan lelucon atau panggilan terhadap orang atau benda lainnya yang bentuknya menyeruai donat.

cara-membuat-kue-donat
Sama halnya dengan kue basah lainnya, kue donat terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, dan margarin. Ditambah dengan pelengkap raa seperti gula, susu, garam, vanili, coklat, dan lain sebagainya. Tergantung si pembuat ingin menghendaki kue donat dengan rasa apa. Cara membuat kue donat ini juga cukup mudah dan praktis. Saya yakin anda pasti bisa membuatnya.
  1. Baca Juga: Resep cara membuat kue bolu kukus pandan
Bagian inti dari berhasil atau tidaknya membuat kue donat adalah terletak pada pembuatan adonan, jika anda salah dalam membuat adonan maka nanti donat akan menjadi bantet atau tidak bisa mengembang. Jadi hal utama yang perlu dipelajari adalah cara membuat adonan kue donat tersebut. Selain itu komposisi bahan juga harus pas, karena kalau tidak pas juga dapat mengakibatkan donat tidak bisa mengembang.

Cara membuat kue donat
cara-membuat-kue-donat
Bahan untuk membuat kue donat
  • 1/2 kg tepung terigu protein rendah
  • 1/2 bungkus ragi instan 11 gram
  • 200 mineral cc air
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan mentega/ margarin
  • 3 sendok makan susu bubuk/susu kental
  • 2 sendok teh garam
  • 2 butir telur
Cara membuat kue donat
  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan donat, sebaiknya dari bahan plastik.
  2. Masukkan 2 butir telur kemudian kocok dengan mixer
  3. Masukkan gula pasir, garam susu, dan mentega, kocok sampai mengembang.
  4. Masukkan tepung terigu rendah protein sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai rata.
  5. Campurkan ragi kedalam air dan aduk sampai rata, kemudian tuangkan kedalam adonan.
  6. Uleni adonan sampai benar-benar kalis, kemudian tutup adonan dan diamkan sekitar 20 menit. Ini dimaksudkan agar air ragi bereaksi dengan adonan, sehingga bisa membuat adonan menjadi mengembang.
  7. Jika adonan sudah terlihat mengembang, ambil sedikit adonan kira-kira 1 sendok makan, kemudian bulatkan dan letakkan bulatan tersebut kedalam wadah yang telah ditaburi dengan tepung terigu. Taburan tepung terigu ini dimaksudkan agar bulatan adonan tidak lengket.
  8. Setelah semua adonan habis dan berubah menjadi bulatan-bulatan, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit sambil ditutup dengan kain, sampai bulatan menjadi lebih besar dan mengembang.
  9.  Sambil menunggu adonan mengembang, panaskan minyak goreng dengan api kecil.
  10. Lubangi bulatan yang sudah mengembang masukkan kedalam minyak panas, goreng dengan kondisi api tetap kecil.
  11. Ketika menggoreng sambil disiram-siramkan dengan minyak goreng panas, dan tunggu sampai kue donat terlihat kecoklatan.
  12. Segera angkat dan tiriskan agar dingin.
  13. Oleskan margarin ke permukaan kue donat, kemudian taburi dengan cerres. Atau bisa juga anda mengganti cerres dengan keju, coklat, gula halus, atau sesuai dengan selera anda.
  14. Donat siap dihidangkan. Sangat cocok untuk teman bersantai disore hari kala hujan, atau untuk menu sarapan dipagi hari.
Itulah resep cara membuat kue donat yang empuk dan mengembang dengan mudah dan praktis. Anda dapat mencobanya sendiri dirumah, serta mengkreasikan sendiri rasa donat sesuai keinginan anda.
Selamat mencoba.
Back To Top