Cara Membuat Kue Lapis Dari Tepung Beras

Cara Membuat Kue Lapis cukup mudah sekali, yang ada butuhkan hanyalah tepung beras, tepung kanji, gula, dan bahan-bahan pelengkap lainnya. Kue lapis ini merupakan jajanan khas indonesia yang tampilannya cukup unik, yaitu dengan beraneka macam warna seperti merah, kuning, hijau, biru, putih yang ditumpuk-tumpuk menjadi satu sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi penikmat kue lapis.

cara-membuat-kue-lapis

Warnanya yang menarik, bentuknya yang unik, dan rasanya yang manis membuat kue lapis ini termasuk salah satu jajanan tradisional yang cukup laris manis. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang ingin mengetahui resep dan cara membuat kue lapis yang benar, sehingga mereka dapat mempraktekkan sendiri dirumah untuk sekedar mengisi waktu luang atau bahkan dijadikan sebagai usaha kecil rumahan.

Karena jika memang anda sudah menguasai cara membuat kue lapis dengan baik, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mempromosikan kepada teman-teman terdekat, dan menjualnya kepada mereka melalui pesanan. Bisa juga untuk menjualnya melalui media online seperti instagram, twitter, dan facebook. Karena sekarang ini lagi rame-ramenya toko online yang menjual berbagai macam barang dan makanan. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba menjual kue lapis melalui media online. Kan keren..

Cara membuat kue lapis
cara-membuat-kue-lapis-beras
Daripada membeli kue lapis ditoko, saya sarankan anda membuat kue lapis sendiri, karena dengan dengan membuat kue lapis sendiri anda bisa menyesuaikan warna sesuai kesukaan anda. Juga memvariasikan rasa sesuai selera anda. Meskipun pada dasarnya kue lapis rasanya sudah cukup enak dilidah.

Bahan untuk membuat kue lapis
  • Tepung beras sebanyak 300 gram
  • Tepung kanji sebanyak 150 gram
  • Gula pasir sebanyak 350 gram
  • Garam dapur sebanyak 1 sendok teh
  • Margarin sebanyak 1,5 sendok makan
  • Santan kelapa yang kental sebanyak 800 ml
  • Pewarna makanan sesuai kesukaan anda
  • Daun pandan sebanyak 3 lembar
Cara membuat kue lapis legit
  1. Rebus santan kemudian tambahkan garam dan daun pandan, aduk sampai merata dan tunggu hingga mendidih, angkat kemudian disaring.
  2. Rebus kembali air santan dengan api kecil, kemudian tambahkan margarin dan gula pasir, aduk-aduk sampai larut kemudian angkat dan sisihkan.
  3. Siapkan sebuah wadah, masukkan tepung kanji dan tepung beras kedalam wadah.
  4. Tuangkan rebusan santan kedalam wadah, aduk-aduk sampai rata dan menjadi sebuah adonan kue lapis.
  5. Pisahkan adonan menjadi tiga bagian, satu bagian diberi warna merah, satu bagian diberi warna hijau, dan satu bagian lagi tidak diberi warna.
  6. Siapkan loyang berukuran sedang yang telah diolesi dengan margarin, tuangkan adonan berwana merah kedalam loyang, jangan terlalu tebal, agak tipis saja.
  7. Kukus adonan selama kurang lebih 10 menit.
  8. Tuangkan adonan berwarna hijau, sama seperti diatas jangan terlalu tebal, kukus kembali sekitar 10 menit.
  9. Tuangkan adonan berwarna putih, tipis, lalu kukus selama 10 menit.
  10. Ulangi cara tersebut sampai adonan kue menjadi berlapis-lapis, atau sampai seluruh adonan habis.
  11. Jika sudah selesai, kukus adonan selama sekitar 15 menit atau sampai seluruh permukaan kue matang.
  12. Angkat adonan kue lapis yang sudah matang, lalu tiriskan.
  13. Potong-potong kue lapis sesuai dengan kreasi anda, biasanya dipotong dengan bentuk persegi panjang.
Itulah resep cara membuat kue lapis dari tepung beras yang dapat saya bagikan kepada pembaca, Selamat mencoba dan selamat berkreatifitas. Jangan lupa baca juga resep kue yang lainnya seperti Resep kue lumpur kentang special dan Resep cara membuat kue bolu kukus pandan.
Back To Top