Cara Menambal Tanki Motor Bocor Tanpa Las

Cara Menambal Tanki Motor Bocor Tanpa Las - Para pecinta motor khususnya motor tua yang sering mengalami kebocoran tanki seprti motor rx king, ninja, CB100, Tiger, Mega pro, GL-pro dan lain sebagainya tentu pernah mengalami yang namanya tangki bocor. Kadang kita merasa jengkel dengan masalah tangki bocor ini, padahal sudah berulang kali ditambal tapi masih saja bocor.
cara-menambal-tanki-motor-bocor

Kebocoran tangki pada sepeda motor tentu selain membuat bensin/ bbm menjadi boros juga sangat berbahaya, karena beresiko terjadinya kebakaran atau bahkan motor meledak. Seperti yang pernah saya lihat beberapa waktu yang lalu di pasar kramat jati jakarta timur, ada sebuah sepeda motor Mega pro yang mengalami kebocoran tanki dan terjadi kebakaran pada tanki motor tersebut.

Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada motor tua kesayangan anda. Nah pada posting kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara menambal tanki motor yang bocor tanpa harus di las atau di ketok magic. Ada cara sederhana untuk menambal tanki yang bocor tersebut dengan menggunakan lem fiber. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi masalah tangki sepeda motor yang bocor.

Kebetulan saya juga seorang pecinta MoTuBa (Motor Tua Bangka) hehehe.. jadi sedikit banyak saya tau tentang kesulitan merawat motor tua. Dulu saya pernah menunggangi Angelie ( Honda GL-pro 1991) kesayangan yang pernah beberapa kali harus bolak-balik ke tukang kompor dan tukang las hanya untuk menambal tanki yang bocor. Nah sekarang dengan cara ini anda tidak perlu seperti saya, karena anda dapat menambal sendiri tangki bocor pada motor tua anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak trik dibawah ini:

Cara menambal Tanki Motor Bocor Dengan Lem Fiber

cara-menambal-tanki-motor-bocor

Perlu sahabat soenyi ketahui bahwa cara ini hanya dapat digunakan untuk menambal tanki yang bocor atau rembes, bukan untuk menambal tangki yang bolong. Kalau tangky anda bolong, tentu mau tidak mau harus dibawa ke tukang las tangki.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tangki motor bocor, salah satunya adalah endapan air yang terdapat dipermukaan paling bawah dari tangki. Endapan air tersebut bisa berasal dari bbm yang tidak 100% murni atau sudah terkontaminasi. Atau karena proses pemuaian atau perubahan suhu yang terjadi didalam tangki, sehingga lambat laun air akan mengendap dibawah dan dapat merusak lapisan cat, sehingga tangki menjadi mudah bocor.

Langkah yang perlu anda lakukan dalam menambal tangki yang bocor adalah:
1. Tentukan letak kebocoran pada tangki anda, dimana saja letak kebocoran tersebut, apakah hanya pada satu tempat atau mungkin ada beberapa tempat yang bocor. Jika sudah ketemu, maka tandai bagian tangky yang bocor tersebut dengan menggunakan isolasi, dengan tujuan untuk mempermudah proses penambalan.

2. Kuras atau keluarkan semua bensin yang terdapat didalam tangki motor anda.

3. Siapkan cairan lem fiber (Resin) yang berwarna merah muda, biasanya dapat anda temukan di toko kimia dengan harga Rp.25.000 per liter ditambah dengan cairan pengeras (hardener).

4. Tuangkan cairan resin kedalam sebuah wadah, bisa dengan menggunakan gelas.

5. Tuangkan juga cairan hardener kedalam gelas tersebut, kemudian aduk-aduk sampai rata.

6. Untuk satu tangki motor batangan kira-kira dibutuhkan 400ml cairan resin dan hardener, atau kira-kira sekitar 2 gelas biasa.

7. Siapkan tangki bocor yang sudah bersih dari bensin, kemudian tuangkan cairan tersebut kedalam tangki yang bocor, usahakan untuk menambal permukaan yang bocor terlebih dahulu kemudian baru diputar dan digoyangkan kearah lain. Misalnya yang bocor pada bagian tangki sebelah kiri bawah depan, maka arahkan cairan tersebut kebagian kiri bawah depan, kemudian baru diarahkan ke bagian lainnya, kemudian diamkan agar rata.

8. Proses selanjutnya adalah pengeringan, yaitu dengan cara menjemur tangki tersebut agar cairan yang ada didalamnya benar-benar lengket dan keras, sehingga kebocoran pada tangki anda benar-benar bisa ditambal dengan sempurna.

9. Setelah kering, tangki siap untuk digunakan kembali.

Cara menambal tangki bocor tanpa las ini bisa digunakan untuk semua jenis tangki, termasuk tanki motor bebek. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penambalan adalah perhatikan kondisi cuaca, jika cuaca panas maka proses pengeringan akan lebih cepat. Tapi jika cuaca sedang hujan atau mendung, proses pengeringan bisa memakan waktu sekitar 2 hari. Jadi usahakan untuk melakukan proses penambalan pada saat cuaca panas. Agar tidak terlalu lama dalam proses pengeringannya, dan tentunya anda juga bisa lebih cepat Gassss motuba anda. hehehe...

Itulah cara menambal tangki motor bocor tanpa las dan tanpa ketok magic yang dapat saya bagikan ada sahabat soenyi semua. Semoga bermanfaat dan tangki anda tidak bocor-bocor lagii.. Biar gak mirip Prab*w* Sub*an*o yang suka bilang "Bocoooooorrr...."
Back To Top