Cara mengecat ulang tembok yang berminyak dan berjamur

Cara mengecat ulang tembok yang berminyak dan berjamur - Tembok rumah yang tidak dirawat dengan baik dan sudah cukup lama, pasti akan terlihat kotor dan tidak enak untuk dipandang. Bercak-bercak bekas noda tangan, jamuran, atau noda akibat minyak yang biasanya terdapat pada cat dinding dapur alangkah baiknya jika kita hilangkan.

cara-mengecat-tembok-berminyak-berjamur
Untuk noda bekas tangan atau noda ringan biasa mungkin bisa langsung hilang dengan cara kita mengecat ulang tembok tersebut. Tapi berbeda untuk noda bekas minyak dan noda tembok yang diakibatkan oleh rembesan air atau jamur. Harus ada perlakuan khusus untuk menghilangkan noda-noda tersebut agar dinding tembok saat di cat bisa kembali bersih seperti tembok baru.

Ada dua cara mengecat ulang tembok yang berminyak dan tembok yang berjamur, cara ini saya dapatkan dari tukang bangunan yang kebetulan mengerjakan renovasi rumah kontrakan saya. Caranya cukup simpel namun dapat menyelesaikan problem saya selama ini, yaitu ketika saya mencoba mengecat ulang tembok dapur yang sudah terkena minyak. Setiap kali saya cat, ketika cat sudah kering maka noda bekas minyak tersbut pasti akan muncul kembali, meskipun kadar cat sudah saya buat tebal dan berlapis-lapis.

Sempat ada yang mengajarkan agar mengerok/ mengelupas seluruh permukaan cat tersebut, tapi berhubung ruangannya cukup besar saya jadi males untuk mengerok seluruh cat lama yang menempel ditembok. Bisa butuh waktu berhari-hari dan tentunya pasti akan capek sekali, karena proses pengecatan ulang itu hanya saya kerjakan sendiri disela-sela waktu luang.

Akhirnya beberapa hari yang lalu saya berkonsultasi tentang cara mengecat tembok yang berminyak dengan si tukang bangunan yang sedang merenovasi rumah kontrakan. Dan jawabannya enteng sekali, "Gampang pak.. nanti bisa saya atasi." ya sudah akhirnya saya pasrahkan saja pekerjaan mengecat ulang pada tukang tersebut, dan hasilnya luar biasa, tembok dapur saya benar-benar bisa kinclong lagi.

mengecat-tembok-berminyak-berjamur

Cara mengecat ulang tembok berjamur dan terkena minyak (1)

Ini adalah cara standart yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang ketika ingin mengecat ulang tembok tua mereka. Caranya yaitu adalah:
1. Mengerok cat sampai bersih, sampai terlihat warna asli tembok
2. Mencuci tembok dengan detergen anti jamur untuk menghilangkan jamur dan noda minyak yang masih menempel ditembok.
3. Diamkan beberapa waktu sampai tembok benar-benar kering.
4. Cat ulang tembok dengan menggunakan merk cat dan warna cat pilihan anda.

Catatan: Untuk proses pengecatan ini sebaiknya diulang 2-3 kali, sampai warna cat benar-benar rata.

Cara mengecat ulang tembok yang berminyak dan berjamur (2)

Cara yang kedua ini terbilang sederhana dan nyeleneh, saya tidak sampai kepikiran dengan cara mengecat yang ke 2 ini. Caranya adalah seperti dibawah ini:

1. Bersihkan debu yang menempel ditembok dengan lap.
2. Belilah cat minyak warna putih, kemudian cat tembok yang berminyak dan berjamur tersebut dengan menggunakan cat minyak secara merata.
3. Tunggu beberapa waktu sampai cat minyak benar-benar kering.
4. Cat ulang tembok yang sudah dicat dengan cat minyak tersebut dengan menggunakan cat tembok secara merata. Ulangi beberapa kali sampai warna dan permukaan cat benar-benar merata.
5. Biarkan cat kering.

Hasilnya hampir sama dengan cara yang pertama, tembok bisa kembali bersih lagi. Dengan cara ini maka pekerjaan akan menjadi lebih cepat dan lebih mudah, karena kita tidak perlu mengerok cat tembok terlebih dahulu yang memakan waktu dan tenaga.

Itulah tips cara mengecat ulang tembok yang berminyak dan berjamur agar dapat kembali bersih seperti tembok baru. Sehingga akan menjadikan anda dapat kembali nyaman dan betah berada dirumah. Juga membuat tamu/ orang yang berkunjung kerumah anda menjadi betah juga. hehehe..





Tag : Artikel, Property
Back To Top