Cara Menghapus dan Mengganti Atribusi Blogger Blogspot

Cara Menghapus dan Mengganti Atribusi Blogger Blogspot - Mungkin terkadang anda merasa terganggu dengan adanya atribusi blogger yang biasanya terletak pada bagian footer template blogspot. Karena attribusi blogger yang merupakan hak cipta tersebut tidak dapat kita hapus begitu saja melalui hapus widget, kita hanya dapat menambahkan Hak optional saja

cara-menghapus-atribusi-blogger
Sebenarnya menghapus atribusi blogger dapat dikategorikan dengan pelanggaran hak cipta terhadap google, namun pada kenyataannya banyak sekali para blogger baik yang sudah master maupun yang masih tahap belajar seperti saya ini memilih untuk menghapus atau mengganti atribusi blogger tersebut

Alasan menghapus atribusi blogger biasanya adalah untuk mempercantik tambilan blog atau membuat kesan blog terlihat lebih profesional. Seperti yang saya lakukan pada blog saya ini, dimana pada template yang saya gunakan ini masih mencantumkan atribusi blogger dan diletakkan diheader oleh si pembuat template. Alhasil justru atribusi blogger tersebut membuat tampilan template menjadi kurang menarik.

Dari alasan diatas tersebut akhirnya saya mencari-cari di google bagaimana cara menghapus atribusi blogger tersebut. Dan ternyata caranya cukup mudah sekali, yaitu kita harus mengganti sedikit kode script html pada template blogspot, bukan menghapus atau mengeditnya melalui edit widget.

Cara Menghapus Atribusi Blogger

Langkah pertama adalah silahkan anda masuk ke halaman DASHBORD blogspot terlebih dahulu, caranya saya rasa anda semua sudah tahu dan tidak perlu lagi saya jelaskan disini.
  • Pada halaman dashbord pilih TEMPLATE kemudian klik EDIT HTML
cara-merubah-atribusi-blogger
  • Pada halaman edit html silahkan tekan CTRL + F pada keyboard anda untuk membuka kotak search atau pencarian agar memudahkan anda dalam mencari kode html yang akan dirubah. 
  • Ketik kata Attribution pada kotak pencarian tersebut, lalu tekan enter sampai ketemu kode html seperti gambar berikut
cara-merubah-attribusi-blogger
  •  Ganti kode html locked='true' menjadi locked='false' seperti kode html pada gambar yang saya garis bawahi diatas.
  • Klik Simpan Template
  • Setelah template tersimpan sekarang silahkan anda masuk ke halaman TATA LETAK kemudian klik tombol EDIT pada widget atribusi
cara-hapus-atribusi-blogger
  •  Terakhir silahkan klik HAPUS atribusi
  • SELESAI
Sekarang anda sudah dapat menghapus atribusi blogger melalui edit widget, karena menu atribusi blogger yang tadinya di lock sekarang sudah berhasil anda buka.

Cara Mengganti Attribusi Blogger

Setelah anda berhasil menghapus atribusi blogger sekarang anda dapat menambahkan kembali dan mengganti atribusi tersebut dengan menuliskan kata atau kalimat sesuka hati anda pada bagian hak cipta optional. Anda juga dapat merubah posisi widget attribusi sesuai dengan keinginan anda.

Itulah cara merubah atribusi blogger dan cara mengganti atribusi blogger yang dapat saya tuliskan hari ini. Satu hal yang perlu anda ketahui juga, meskipun kita dapat meghilangkan atribusi blogger dengan cara mengganti kode html template blog tersebut, namun jika anda berniat untuk menggunakan blog anda tersebut untuk memperoleh penghasilan atau online marketing dengan memanfaatkan blogspot anda, sebaiknya jangan menghapus widget atribusi tersebut dari blog anda, anda cukup meletakkannya pada pada widget yang tepat. Hal ini bertujuan agar blog anda tidak melanggar hak cipta google dan terbebas dari suspend oleh pihak google.
Back To Top