Cara Menyeduh Teh Tubruk Yang Benar

Menyeduh teh tubruk ternyata tidak sembarangan, kita membutuhkan resep tertentu agar hasil seduhan teh menjadi lebih sedap dan nikmat saat diminum.

cara-menyeduh-teh-tubruk
Istilah teh tubruk yang enak, biasanya orang jawa tengah menyebutnya dengan istilah Nasgithel (Panas, Legi, tur Kenthel) yang artinya adalah panas, manis, dan kental. Karena memang teh tubruk paling nikmat diminum pada saat kondisi masih panas.

Cara menyeduh teh tubruk yang benar banyak sekali tersedia di internet yang dapat anda baca kapan saja, dan pada dasarnya resep dan cara menyeduhnya juga hampir sama, hanya cara penulisan masing-masing artikel saja yang berbeda. Ada artikel yang membahas tentang cara menyeduh teh tubruk yang mudah dipahami, dan ada pula yang agak susah dipahami.
Baca juga: Cara membuat kopi hitam

Disini saya mencoba untuk menulis artikel tentang cara menyeduh teh tubruk yang benar dengan bahasa yang sederhana agar lebih mudah dipahami dan dicerna oleh pembaca. Sehingga pembaca bisa mengerti maksud dan tujuan setiap kata yang saya sampaikan.

Tidak perlu panjang lebar lagi dengan kalimat-kalimat pembuka yang justru membuat pembaca menjadi jenuh, berikut ini adalah cara menyeduh teh tubruk yang benar versi bocah soenyi.

1. Pilih teh tubruk kesukaan anda yang cocok dengan selera anda dan keluarga. Teh tubruk yang menurut saya paling enak, sedap, dan nikmat adalah teh tubruk dengan merk DANDANG, 666, dan teh tubruk Cap Botol. Teh tubruk itulah yang kebanyakan digunakan oleh para penjual teh tubruk didaerah solo dan jogja.

2. Rebus air sampai masak dan benar-benar mendidih.

3. Seduh teh tubruk dengan menggunakan air panas kedalam teko atau kethel, sesuaikan sendiri jumlah teh yang anda seduh dengan selera anda. karena masing-masing orang memiliki selera yang berbeda-beda. Ada yang suka dengan teh tubruk yang kenthal, dan ada yang suka dengan teh tubruk yang sedang-sedang saja. Dan jarang sekali ada orang yang suka dengan teh tubruk yang bening, karena rasanya kurang enak.

4. Tunggu beberapa saat sampai seduhan teh tubruk larut. Sambil menunggu teh tubruk larut, anda dapat mempersiapkan gelas yang telah diisi dengan gula batu sebesar ibu jari. Atau dapat disesuaikan dengan selera anda.

5. Setelah teh tubruk didalam teko sudah larut, tuangkan kedalam gelas/ cangkir yang telah diberi bongkahan gula batu, kemudian aduk-aduk sebentar. Biarkan bongkahan gula batu masih tersisa, jangan diaduk sampai larut semua.

6. Hidangkan teh tubruk panas tersebut bersama makanan ringan dan cemilan seperti tempe goreng, tahu goreng, keripik singkong, atau makanan ringan lainnya.

Jika hasil seduhan teh tubruk anda belum sesuai dengan selera, cobalah untuk bereksperimen dengan cita rasa teh tubruk tersebut. Misalnya dengan menambah atau mengurangi jumlah teh tubruk yang diseduh, atau dengan menambah/ mengurangi jumlah bongkahan gula batu. Dalam menyeduh teh tubruk memang sebaiknya menggunakan gula batu, bukan gula pasir biasa. Karena rasa manis dari gula batu sangat cocok jika dipadu dengan aroma teh tubruk.

Selain itu gula batu sedikit lebih lama larut dalam air, jadi ketika anda ingin menuangkan kembali teh tubruk kedalam gelas tadi, anda tidak perlu menambahkan gula lagi. Karena didalam gelas masih terdapat sisa gula batu yang belum larut.

Itulah cara menyeduh teh tubruk yang benar versi bocahsoenyi.com, selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda terutama dalam hal menyeduh dan menghidangkan teh tubruk.


Back To Top