Cara Optimasi Seo Youtube Agar Masuk Halaman Pertama

Cara Optimasi Seo Youtube Agar Masuk Dihalaman Pertama - Youtube saat ini memang menjadi salah satu sarana hiburan yang menarik sebagai pengganti acara televisi dan film indonesia yang siarannya dirasa oleh sebagian kalangan masyarakat kurang mendidik.

cara-optimasi-seo-youtube

Banyak orang memilih memutar video di youtube ketimbang menonton acara televisi, karena di youtube tersedia jutaan video yang unik dan menarik yang tidak ditampilkan ditelevisi. Selain itu youtube juga dapat dijadikan sarana pembelajaran dengan adanya berbagai macam tutorial yang dikemas dalam bentuk video.

Banyaknya pengguna youtube saat ini dimanfaatkan oleh beberapa kalangan atau yang sering disebut dengan youtuber sebagai ladang bisnis, atau sarana untuk menghasilkan uang yang jumlahnya cukup fantastis. Anda tentu juga dapat ikut berpartisipasi dan berlomba mengumpulkan pundi-pundi dolar dari situs nomor 3 didunia ini.

Nah jika anda ingin menjadi seorang youtuber, tentunya anda memerlukan keahlian khusus dibidang editing video dan optimasi seo youtube. Karena selain harus bisa membuat sebuah video yang menarik dan original, anda juga harus mampu memposisikan video youtube anda masuk halaman pertama pencarian, sehingga dapat dengan mudah mendatangkan jutaan pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Cara optimasi seo youtube agar masuk halaman pertama bisa dibilang susah-susah mudah. Susah jika kita tidak mengetahui ilmu optimasi seo youtube, tapi akan terasa mudah jika anda memahami dengan baik optimasi seo youtube yang benar.

Ada banyak sekali optimasi seo youtube yang dapat anda temukan di internet, mulai dari optimasi yang benar dan bermanfaat sampai optimasi seo youtube yang menyesatkan. Karena tidak semua artikel yang anda baca di internet itu positif dan bermanfaat, jadi anda harus pandai-pandai memilih dan memilah artikel mana yang bermanfaat dan tidak menyesatkan. Adapun cara optimasi seo youtube yang dapat saya bagikan adalah sebagai berikut:

Cara optimasi seo youtube agar masuk halaman pertama

1. Buat video yang original dan berkualitas 

Ciptakan sebuah video yang bagus, original, dan berkualitas agar orang yang melihat video youtube anda menjadi terkesan dan betah berlama-lama berada disaluran youtube anda. Anda bisa membuat video tutorial, video lucu, atau video kejadian menarik dalam kegiatan sehari-hari anda.

2. Ubah nama file video dengan kata kunci

Buat file video yang akan anda upload dengan nama kata kunci yang anda targetkan. Misalkan anda ingin menembak kata kunci jasa cuci sofa bekasi, maka rename nama file video anda dengan kata jasa_cuci_sofa_bekasi.avi. 
Hal ini kadang dianggap sepele, namun sebenarnya cukup berpengaruh besar terhadap seo youtube anda.

3. Buat judul video dengan kata kunci

Tuliskan kata kunci utama pada kolom judul video, kemudian diikuti dengan kata kunci turunan. Misalnya dengan menuliskan kata "jasa cuci sofa bekasi terbaik" pada kolom judul video anda. Kata terbaik merupakan kata kunci turunan yang dituliskan dibelakang kata kunci utama, ini bertujuan untuk menarik viewer agar mereka lebih tertarik dengan video anda. Karena viewer akan berfikir bahwa video anda adalah yang terbaik dari pilihan video lain yang ada.

4. Masukkan kata kunci utama pada kolom deskripsi

Kolom deskripsi adalah bagian kedua yang dibaca mesin pencari setelah judul video. Sehingga usahakan nada memasukkan kata kunci utama pada kolom deskripsi tersebut, karena cara ini merupakan salah satu optimasi seo youtube yang sangat penting sekali.

Masukkan kata kunci utama tersebut sebanyak 3-5 kali kemudian diikuti link blog atau video youtube anda yang lain. Namun ingat jangan terkesan anda membuat spamming keyword.

5. Buat tags yang sesuai dengan kata kunci utama 

Sebaiknya anda buat tags sebanyak 5 tags saja agar video youtube anda lebih cepat masuk halaman pertama. Tags berisi kata kunci utama kemudian diikuti kata kunci turunan atau modifikasi kata kunci.

Contohnya seperti ini : Jasa Cuci Sofa Bekasi, Cuci SOfa Bekasi, JasaCuciSofaBekasi, CuciSofaBekasi, JasaCuciSofa.

6.  Perbanyak Subscriber

Buat agar orang yang telah melihat video anda menyukai, mengomentari, dan mensubscribe Channel anda. Caranya ada bisa membuat kata-kata yang menarik untuk mengajak orang agar menyukai, berkomentar, dan berlangganan video anda. Karena semakin banyak pelanggan di saluran anda, maka kemungkinan besar juga viewer video juga akan semakin banyak.

7. Buat Backlink

Lakukan optimasi seo youtube dengan cara membuat backlink pada setiap video yang anda unggah. Caranya adalah tentukan satu video terbaik yang menjadi unggulan anda, kemudian tanamlah link video unggulan anda tersebut pada setiap video lain yang memiliki tema yang sama. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mendongkrak video anda agar masuk halaman pertama pencarian youtube.

8. Share ke Social Media

Lakukan share setiap video yang baru saja anda upload ke macam-macam social media seperti google+, facebook, twitter, instagram dan social bookmark seperti stumbleUpon, digg, pinterest, linkedin, dan lain sebagainya.

9. Upload video secara rutin

Usahakan untuk selalu mengupload video secara rutin setiap hari atau 2 hari sekali, karena semakin banyak video yang anda upload maka kemungkinan besar semakin banyak pula viewer youtube anda. Dengan demikian akan semakin besar pula pendapatan adsense yotube anda.

Itulah artikel cara optimasi seo youtube agar video youtube masuk halaman pertama pencarian. Selamat mencoba dan semoga anda bisa menjadi youtuber sukses seperti Raditya dika.
Tag : Artikel, internet
Back To Top