Jangan Takut Miskin Jika Kamu Mengaku Hamba Allah

Jangan Takut Miskin -Apa kabar sahabat soenyi? semoga semua senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini saya menuliskan tentang kata-kata motivasi yang saya gunakan untuk memotivasi diri saya sendiri, dan mudah-mudahan juga dapat memotivasi sahabat semua disaat galau dan sedang tidak punya uang atau pekerjaan.

jangan-takut-miskin

"Kayfa akhofu minal faqr wa ana abd Al-Ghaniy" Yang artinya adalah "Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan? Sedang aku adalah hamba Yang Maha Kaya". Kalimat inilah yang senantiasa memotivasi diri saya ketika saya merasa galau dan takut jatuh miskin. Saat bisnis saya sedang sepi, dan jumlah klik adsense saya sedang lesu, sedangkan kebutuhan rumah tangga semakin meningkat. Saya tidak tahu mau berbuat apa lagi, kecuali pasarah kepada Yang Maha Kaya.

Ketika kita sudah melakukan yang terbaik, sudah berusaha se maksimal mungkin, sudah berdo'a kepada Allah, sudah bersedekah dijalan Allah, hal terakhir yang dapat kita lakukan adalah berserah diri kepada Allah. Pasrah dengan semua kehendak Alloh, karena sesungguhnya Dia Yang Maha Memiliki. Jika semua itu telah anda lakukan, maka yakinlah semua tinggal menunggu waktu saja. Rejeki Allah akan turun dari segala penjuru arah..

Selain itu, salah satu cara agar anda tidak dihantui rasa takut dengan kemiskinan adalah dengan cara bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah. Karena dengan rasa syukur yang teramat dalam, selain Allah akan menambah rejeki untuk anda juga membuat kita jauh dari perasaan khufur nikmat, atau perasaan selalu kurang dan kurang dengan rejeki yang Allah berikan.

Sahabat soenyi juga harus sesekali melihat kebawah, melihat orang-orang yang bernasib kurang beruntung, orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan, tidak memiliki tempat tinggal, atau bahkan orang-orang yang tidak memiliki fisik yang lengkap. Jika mereka bisa hidup bahagia dan tertawa dengan segala kesederhanaan dan kekurangan, kenapa anda harus bersedih dan dihantui rasa takut miskin. Lihatlah foto diatas tampak seorang ibu dan anaknya yang masih balita dipinggir rel kereta diantara tumpukan sampah, namun mereka masih bisa tersenyum dan bersemangat menjalani kehidupan ini.

Syukuri juga betapa banyak nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada anda, bahkan anda tidak akan pernah bisa menghitung nikmat dan karunia Allah tersebut. Nikmat udara, nikmat air, nikmat sehat, nikmat selamat, dan masih banyak lagi nikmat dari Allah yang tak ternilai harganya.

Jangan anda berfikir bahwa berdiri dengan kedua kaki merupakan hal yang mudah dikerjakan. Lihatlah mereka yang duduk dikursi roda, orang-orang yang tidak memiliki kaki, betapa mereka ingin sekali bisa berdiri dengan kedua kakinya. Jangan anda anggap melihat dengan kedua mata merupakan hal yang sepele, lihatlah mereka yang tidak bisa melihat keindahan dunia, mereka rela mengeluarkan uang milliaran rupiah hanya agar bisa melihat dunia.

Lalu sekarang apa alasan anda takut miskin? bukankah anda saat ini adalah orang yang sangat kaya raya dengan segala nikmat dan karunia Allah. Bukankah Allah Maha Kaya, Allah Maha Pemurah, Allah Maha Pemberi. Jika kita berusaha dan memohon kepada Allah dengan sungguh-sungguh, niscaya Allah pasti akan menambah nikmat dan karuniaNya.

Selian hal-hal yang telah saya tuliskan diatas, salah satu cara agar anda tidak jatuh miskin adalah dengan cara bersedekah. Karena dengan bersedekah akan menambah rejeki, tidak ada orang yang jatuh miskin karena bersedekah. Dengan bersedekah berarti anda telah menggunakan sebagian harta titipan Allah untuk digunakan dijalan Allah. Bersedekah atau berinfaq, atau berzakat juga untuk membersihkan kotoran yang mungkin tersangkut diharta benda anda.

 Itulah sedikit ocehan ngawur yang saya tulis secara spontanitas tanpa memikirkan keyword, tanpa memikirkan SEO, atau embel-embel lainnya. Saya hanya sekedar menulis apa yang terlintas dikepala saya. Mudah-mudahan sahabat soenyi tidak bosan dan kecewa dengan ocehan saya yang satu ini.
Back To Top