Kehabisan Ide Menulis

Kehabisan Ide Menulis

Sahabat soenyi, saat saya menulis posting ini sebenarnya saya sedang dalam keadaan kehabisan ide menulis. Entah kenapa hari ini saya tidak tau harus menulis apa, otak saya serasa buntu dan tidak ada ide sama sekali. Tidak seperti biasanya dalam sehari saya bisa menulis beberapa posting, apapun saya saya lihat dan apapun yang terlintas dikepala saya bisa menjadi sebuah artikel yang kemudian saya posting di blog soenyi ini.
kehabisan-ide-menulis

Mungkin ini disebabkan oleh rasa jengkel yang mengakibatkan hilangnya konsentrasi dan ide-ide kreatif menulis saya selama ini. Rasa jengkel yang datang akibat tetangga baru saya yang sangat cerewet dan suaranya berisik sekali, sehingga mengganggu kenyamanan saya. Bisa juga dikatakan tetangga baru ini membuat saya stress setiap pagi. (edisi curhat)

Pada saat saya mulai kehabisan ide menulis, saya mencoba untuk berfikir keras tentang apa yang akan saya tulis hari ini. Saya perhatikan benda-benda disekeliling saya yang barangkali bisa dijadikan ide dalam sebuah tulisan. Saya mencoba mengingat kejadian-kejadian hari ini dan beberapa hari yang lalu yang mungkin unik dan bisa juga menjadi bahan tulisan.

Saya juga mencoba untuk googling di internet, membaca dan melihat-lihat artikel dari blog-blog yang cukup keren, saya berharap barangkali ada artikel mereka yang dapat saya tulis ulang menjadi sebuah artikel baru (copas sopan). Saya juga mencoba untuk rebahan sebentar, meregangkan otot-otot yang tegang, menarik nafas panjang, mencoba membuat rileks tubuh dan fikiran saya. Sampai akhirnya saya menemukan kembali sebuah ide untuk menulis.

Saya akan tulis apa yang ada dalam fikiran saya, apa yang sedang saya rasakan saat ini. Karena saat ini saya sedang berfikir dan kehabisan ide menulis, maka saya manfaatkan kekurangan ide ini menjadi sebuah tulisan. Dan alhamdulillah meskipun susunan kalimatnya amburadul, saya tetap dapat menyelesaikan sebuah tulisan dan posting hari ini.

Nah dari cerita singkat diatas saya dapat memetik kesimpulan, bagaimana cara mengatasi saat kita sedang kehabisan ide menulis. Mudah-mudahan cara sederhana hasil dari pemikiran bodoh saya ini dapat bermanfaat bagi sahabat soenyi yang mungkin sedang kehabisan ide menulis.

Cara menemukan ide saat kehabisan ide menulis

1. Perhatikan keadaan sekitar

Cobalah untul melihat dan memperhatikan keadaan sekitar, apakah ada benda-benda, binatang, orang, atau apapun yang ada di lingkungan disekitar yang dapat dijadikan sebagai ide untuk membuat sebuah tulisan. Karena terkadang anda mengabaikan benda-benda yang ada disekitar anda yang jika sebenarnya digali lebih dalam lagi, dapat menjadi sebuah tulisan yang luar biasa.

Misalnya handphone, dari handphone yang sedang anda pakai, jika anda bisa menggali lebih banyak lagi, tidak mustahil anda bisa membuat banyak sekali tulisan dan posting hanya dengan mengulas satu jenis merk handphone milik anda.

2. Ingat-ingat kejadian menarik hari ini atau beberapa waktu yang lalu

Cobalah untuk mengingat kejadian-kejadian menarik yang barangkali pernah terbersit dalam fikiran anda untuk menjadikan kejadian tersebut menjadi sebuah tulisan dalam posting anda. Karena sebenarnya anda dapat mengulas dan menggali kejadian yang anda alami sehari-hari menjadi sebuah tulisan yang luar biasa.

Misalkan tadi pagi anda mengalami susah buang air besar, nah dari kejadian tersebut anda dapat membuat sebuah tulisan tentang susah buang air besar. Kemudian anda tarik kebelakang lagi apa penyebab anda susah buang air besar, lalu ditarik kedepan menjadi cara mengatasi susah buang air besar. Sehingga hanya dari satu kejadian saja sebenarnya anda bisa membuat banyak sekali tulisan yang menarik dan bermanfaat.

3. Tanya sama mbah google

Ini adalah cara yang biasa dipakai oleh kebanyakan orang ketika sudah mulai kehabisan ide menulis. Karena sudah tidak diragukan lagi, bahwa mbah google menjadi solusi paling ampuh untuk mengatasi kehabisan ide menulis. Saya rasa untuk point yang satu ini saya tidak perlu menjelaskan terlalu banyak, karena saya yakin hampir semua orang sudah mengerti tentang cara yang satu ini.

4. Membaca buku, koran, atau majalah

Jika ada buku, majalah, atau koran bekas dirumah anda, cobalah untuk membacanya kembali, barangkali dari situ anda bisa mendapatkan sebuah ide untuk menulis. Karena banyak sekali artikel jaman dahulu yang menarik dan justru akan menjadi lebih menarik lagi jika kita tulis ulang menjadi sebuah artikel yang baru.

5. Membaca blog atau website orang lain

Cara selanjutnya adalah dengan blog walking, atau membaca-baca artikel dari website atau blog orang. Lihat daftar isi blog tersebut, kemudian pilih salah satu judul yang menurut anda menarik untuk dijadikan ide menulis. Kemudian pelajari tentang judul artikel tersebut, cari referensinya di google, dan tulis ulang artikel tersebut dengan gaya bahasa anda sendiri. Jangan lupa cantumkan sumber referensi dari artikel tersebut.

6. Liburan atau berjalan-jalan keluar rumah

Cara ini biasanya digunakan oleh para penulis professional dalam menemukan sebuah ide-ide kreatif yang akan mereka tuangkan kedalam sebuah karya. Misalnya seorang penulis buku atau penulis skenario film, mereka membutuhkan referensi dan penelitian secara langsung ketempat-tempat tertentu demi untuk kesempurnaan karyanya.

Kalau untuk seorang blogger seperti saya, paling hanya dengan jalan-jalan ke taman kota, ke mall, ke pasar, atau ke tempat-tempat terdekat lainnya, yang penting keluar rumah. Dengan cara itu biasanya kita akan lebih mudah menemukan ide tulisan.

7. Relaksasi

Jika dari cara-cara diatas anda masih tetap kehabisanide menulis, cobalah untuk melakukan relaksasi. Bisa dengan istirahat atau tidur, meditasi, mendengarkan musik, atau dengan cara-cara lain yang bisa membuat anda menjadi lebih rileks dan nyaman. Karena biasanya ketika tubuh, hati, dan fikiran kita rileks maka dengan sendirinya akan muncul ide-ide untuk menulis.

 Namun jika dari ketujuh cara diatas, anda masih belum bisa menemukan ide tulisan, saya rasa ada yang salah dengan diri anda. Mungkin anda butuh seseorang untuk membantu anda mengatasi masalah tersebut. Bisa dengan belajar menulis dengan seorang yang sudah ahli, atau mengikuti kelas belajar menulis, agar kemampuan menulis dan ide kreatif menulis anda lebih tajam lagi.

Sahabat soenyi, itulah sedikit curahan hati saya ketika kehabisan ide menulis yang saya manfaatkan menjadi sebuah bahan tulisan. Semoga bermanfaat.

 
Back To Top