Manfaat Bermain Game Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Bermain Game

Hobby bermain game entah itu game online ataupun game offline, baik itu melalui gadget, playstation, PSP atau media untuk bermain game lainnya selain memiliki dampak yang buruk bagi pelakunya, ternyata juga menyimpan manfaat yang terkadang anda tidak menyadarinya.

Tapi meskipun demikian lantas anda bisa bermain game seenaknya tanpa mengenal waktu, karena sudah pasti hal tersebut akan berdampak buruk bagi anda sendiri. Bermain game akan memiliki manfaat jika anda dapat mengatur dengan baik, kapan anda harus bermain game, kapan anda harus istirahat, dan kapan anda harus melakukan aktivitas lainnya.

Bermain game yang dilakukan secara teratur akan bermanfaat baik secara psikologis dan kreatifitas anda, karena lebih cenderung akan membuat anda merasa rileks. Berikut ini adalah beberapa manfaat bermain game yang perlu anda ketahui. Karena tidak sedikit orang-orang yang sukses dibidangnya dan menjadi orang yang kaya raya, justru dulunya adalah seorang anak yang hobby bermain game.

Manfaat Bermain Game
manfaat-bermain-game

1. Mengurangi Stress
Ketika anda sedang badmood atau sedang dalam keadaan suntuk tidak tau harus melakukan kegiatan apa, cobalah anda untuk bermain game kesukaan anda, terutama game yang ringan-ringan dan tidak memerlukan fokus dan konsentrasi yang berlebihan. Misalnya seperti game balapan atau sepak bola, jangan bermain game yang membutuhkan strategi yang begitu rumit seperi COC atau game catur.

2. Koordinasi Mata dengan Tangan
Bermain game juga dapat meningkatan refleks anda, selain itu juga dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan. Karena permainan game yang bersifat cepat membutuhkan refleks dan ketangkasan, sehingga hal tersebut secara tidak langsung juga dapat membuat ketangkasan dan refleks anda menjadi lebih baik.

3. Peningkatan kemampuan berfikir
Beberapa game online mengajarkan kepada kita untuk berfikir dan membuat sebuah strategi tertentu untuk dapat memenangkan game tersebut. Selain itu juga mengajarkan kepada kita untuk sabar dan mengendalikan diri, serta lebih kreatif untuk memecahkan teka-teki agar dapat naik ke level game berikutnya.

4. Kerjasama Team
Game online yang menuntut para pemainnya untuk melakukan kerjasama team, secara tidak langsung mengajarkan kepada anda untuk membangun sebuah teamwork yang solid agar dapat memenangkan game tersebut. Selain itu juga mengajarkan tentang sportivitas, bagaimana cara menyikapi kemenangan dan kekalahan secara baik.

Dan masih banyak lagi manfaat bermain game yang tidak dapat saya jelaskan disini, karena ditakutkan nanti akan mengundang perbedaan pendapat yang justru akan berdampak kurang baik untuk hubungan sosial kita. Semoga tidak bermanfaat. hehehe..

Back To Top