Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat tidur siang bagi kesehatan, karena selain penelitian yang dilakukan oleh para profesor dan para ahli dibidang kesehatan, ternyata tidur siang juga disarankan oleh agama, khususnya agama islam.
manfaat-tidur-siang

Ada sebuah hadits yang menjelaskan tentang manfaat tidur siang tersebut, bahkan aktivitas tidur siang atau istirahat siang merupakan salah satu Sunnah Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam. Dalam istilah agama islam, tidur siang disebut dengan "Qailulah" yang didefinisikan dengan Tidur atau istirahat pada pertengahan siang.

Sehingga pengertian Qailulah tersebut tidak hanya tidur dipertengahan siang hari saja, melainkan istirahat sejenak di siang hari juga termasuk Qailulah. Namun maksud dari tidur siang tersebut bukan semata-mata lantas kita artikan sebagai tidur dan bermalas-malasan sepanjang siang hari. Justru hal tersebut bukan merupakan Qailulah, dan tidak ada manfaat tidur siang yang semacam itu.

Maksud dari Qailulah atau tidur siang adalah, kita menyisihkan sedikit waktu disela-sela kesibukan atau aktivitas pekerjaan kita sehari-hari. Waktunya pun tidak perlu lama-lama, 30-60 menitan saja sudah cukup memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita. Karena tubuh dan fikiran yang kita gunakan untuk beraktifitas dari pagi sampai siang hari pasti akan mengalami kelelahan dan penurunan konsentrasi. Sehingga kita perlu merefresh atau mengembalikan otak dan tubuh agar kembali segar sehingga dapat bekerja dan berfikir dengan baik.

Hadist Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam tentang Qailulah dan manfaat tidur siang adalah seperti dibawah ini:
"Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan tidak pernah istirahat siang"
(HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 1637:  shahihul isnad)

Hadits diatas sangat cocok sekali dengan saya, karena kebetulan saya juga salah satu orang yang sangat suka sekali denga tidur siang. Saya tidak memikirkan yang namanya manfaat tidur siang, saya hanya sekedar suka saja. Terlebih sekarang saya sedang hobby ngeblog dan menghabiskan waktu sepanjang malam didepan laptop untuk menulis artikel-artikel ini. Sehingga mau tidak mau siang harinya saya pasti akan mengantuk, dan secara otomatis mata akan tertidur dengan sendirinya. hehehe.. (paragraf becanda)

Adapun manfaat tidur siang tersebut antara lain adalah:
1. Meningkatkan daya ingat, sangat cocok bagi orang yang sudah cukup lanjut usia.
2. Meningkatkan kreatifitas
3. Meningkatkan produktivitas.
4. Mengurangi stress
5. Mencegah penyakit jantung
6. Dll.
Baca juga: Akibat kurang tidur bagi kesehatan
                Cara mengatasi masalah susah tidur

Secara medis, manfaat tidur siang akan sangat baik dilakukan pada sekitar jam 12 sampai jam 2 siang, dengan lama waktu tidur siang sekitar 30 menit sampai 1 jam. Karena tidak baik juga jika tidur siang dilakukan terlalu lama.

Untuk kaum muslim, tidur siang mungkin akan lebih bermanfaat jika dilakukan setelah shalat dzuhur. Jadi untuk yang bekerja kantoran, karyawan swasta atau pegawai negeri, saat tiba istirahat makan siang, sebaiknya setelah makan anda kemudian menuju Masjid atau Musholla untuk melaksanakan ibadah shalat Dzuhur, kemudian setelah selesai shalat biasanya kemudian berdzikir dan berdo'a kepada Allah tentang hajat yang anda diinginkan. Setelah semua selesai silahkan anda tengok kiri, kanan, dan belakang apakah ada space yang kosong atau tidak. Jika memang kondisi masjid tidak terlalu ramai, anda bisa mundur mencari tempat yang aman untuk tidur siang.

Manfaatkan jeda waktu istirahat yang hanya sebentar itu untuk tidur siang atau beristirahat siang dengan sebaik-baiknya, jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Tapi jangan lupa untuk menyalakan alarm hp agar anda bisa bangun tepat waktu dan tidak terlambat untuk kembali bekerja.

Hal ini berbeda dengan saya yang bukan pekerja kantoran dan hanya menghabiskan waktu sepanjang hari cukup dirumah saja. Saya bisa tidur siang setiap saat dan kapan saja, bahkan tidak jarang saya tidur siang dari jam 12 sampai jam 4 sore, padahal pagi harinya saya sudah bangun siang. Tapi ya beginilah nasib orang yang bukan pekerja kantoran, saya nikmati dan syukuri saja.

Dari tulisan saya yang ngalor-ngidul, ngetan-ngulon, wira-wiri, muter-muter, kesana-kemari tidak jelas ini semoga anda menjadi semakin tau manfaat tidur siang bagi kesehatan. Karena dibalik tulisan saya yang amburadul ini tersimpan sedikit ilmu tentang manfaat tidur siang yang saya rangkum dari berbagai sumber artikel di internet yang sengaja tidak saya cantumkan identitasnya disini. Karena tulisan ini original dan bukan hasil dari copy paste. Terima kasih.. 

Back To Top