Resep Cara Membuat Kue Bolu Kukus Zebra

Resep Membuat Bolu Kukus Zebra

 

Nama kue bolu kukus zebra memang agak unik, sebanding dengan penampilannya yang terbilang unik, belang-belang seperti binatang zebra, atau seperti rambu-rambu lalu lintas zebra cross.

Kue bolu kukus zebra ini banyak kita temui ditoko-toko kue disekitar rumah, terutama toko kue yang sudah cukup memiliki brand seperti Holland bakery, Mayestic, dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Lagian ngapai saya sebutkan semua, saya kan tidak dibayar oleh mereka. hehehe..

Kue bolu kukus zebra yang banyak kita temui di toko kue tersebut biasanya dipatok dengan harga antara Rp.50.000 sampai Rp.100.000, tergantung dari rasa dan kualitas kue bolu kukus zebra tersebut, dan tentunya tergantung dari brand toko kue tersebut juga.

Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat kue bolu kukus zebra, anda bisa mencoba resep membuat kue bolu kukus zebra dibawah ini. Khususnya bagi anda yang suka sekali makan kue bolu kukus zebra, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli kue bolu, karena anda sudah bisa membuatnya sendiri dirumah.

Selain untuk sekedar mengisi waktu luang, praktek membuat kue biasanya juga dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga untuk mencari uang belanja tambahan. Karena jika kue bolu kukus zebra buatan anda ternyata enak dan disukai banyak orang, bisa dijual kepada teman-teman anda, ayau bisa juga dijual melalui media social seperti instagram, facebook, twitter, atau bahkan bisa juga dijual melalui toko online seperti lazada, dan tokopedia.

Langsung saja kita mencoba praktek membuat kue bolu kukus zebra yang lembut dan manis, yang pastinya akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri jika anda sukses dalam mepraktekkan resep membuat bolu kukus zebra dibawah ini:

Jangan lupa baca ini juga: Mengapa kue bolu kukus tidak bisa mekar?

Resep cara membuat kue bolu kukus zebra

resep-kue-bolu-kukus-zebra
Resep Membuat Kue Bolu Kukus Zebra
Bahan membuat bolu kukus zebra
  1. Telur ayam 6 butir
  2. Margarin 100 gram (dicairkan)
  3. Gula pasir 150 gram
  4. Cake emulsifier atau ovalet 1 sendok teh
  5. Tepung terigu 150 gram (pilih yang halus)
  6. Santan kental matang 150 ml
  7. Coklat bubk 1 sendok makan
  8. Baking powder 1/2 sendok teh
  9. Vanili bubuk 1/2 sendok teh
Catatan sebelum membuat kue bolu kukus zebra
  1. Pilih telur dan emulsifier yang bagus dan berkualitas, agar adonan kue bolu kukus bisa kental dan mengembang dan sesuai dngan harapan.
  2. Pilih tepung terigu yang benar-benar lembut dan berkualitas, lebih baik diayak dengan saringan halus agar benar-benar didapatkan tepung terigu yang lembut.
  3. Pilih loyang bulat berukuran 20 cm untuk mendapatkan hasil kue bolu kukus zebra yang cantik dan menarik, karena jika anda menggunakan loyang yang berbentuk kotak, nanti hasilnya akan berbeda dan tampak kurang menarik. Tapi jika kue bolu kukus zebra ini hanya untuk anda konsumsi sendiri, maka tidak mengapa jka anda menggunakan loyang kotak.
  4. Pastikan anda mengocok adonan kue dengan benar, artinya sampai benar-benar kental dan mengkilat, karena jika adonanya tidak benar-benar kental nanti ketika ditambahkan margarin dan santan adonannya akan turun lagi.
  5.  Terakhir, lapisi penutup kukusan dengan menggunakan kain, agar supaya kue bolu kukus zebra tidak bantat karena terkena uap air.
 Cara membuat bolu kukus zebra
  1. Pertama-tama panaskan loyang pengukus diatas kompor dengan api yang sedang-sedang saja, kemudian oleskan margarin keatas permukaan loyang tersebut, lalu taburi dengan sedikit tepung agar ketika digunakan nanti adonan tidak lengket.
  2. Setelah itu siapkan wadah, kemudian masukkan telur, gula, dan cake emulsifier kedalam wadah tersebut. Kocok sebentar hingga rata. Lalu diikuti dengan memasukkan tepung terigu, vanili bubuk, baking powder, margarin dan santan. Aduk terus sampai semua adonan benar-benar tercampur secara rata.
  3. Setelah itu pisahkan adonan kue bolu kukus zebra menjadi 2 bagian yaitu dengan perbandingan 50:50. kemudian tambahkan cokelat bubuk pada salah satu bagian adonan kue, aduk hingga merata.
  4. Siapkan loyang dengan ukuran kira-kira 20 Cm. Kemudian tuangkan adonan secara perlahan-lahan hingga membentuk adonan dengan warna putih tepat ditengah-tengah loyang, kemudian tumpuk dengan adonan warna cokelat dititik yang sama. Jangan meratakan adonan kue bolu kukus diatas loyang, karena adonan kue ini sifatnya sedikit ringan, sehingga nanti adonannya akan mengalir sendiri kepinggir-pinggir loyang tanpa perlu diratakan terlebih dahulu. Maka dari itu untuk menuangkan adonan tersebut dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran.
  5. Proses terakhir, kukus adonan kue kedalam pengukus selama kurang lebih 30 menitan.
  6. Jika sudah matang, angkat adonan dari dalam pengukus. Untuk memastikan bahwa adonan kue bolu kukus zebra sudah benar-benar matang, tusukkan lidi atau garpu kedalam adonan kue bolu kukus tersebut, angkat lidi dan perhatikan apakah ada adonan yang lengket atau menempel pada lidi tersebut. Jika lidi bersih itu tandanya kue bolu kukus zebra sudah matang.
  7. Dinginkan lalu potong-potong kue bolu kukus sesuai selera anda.
Itulah cara membuat kue bolu kukus zebra yang dapat saya bagikan dan dapat anda coba praktekkan sendiri dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam hal membuat kue. Terima kasih dan selamat mencoba.
Back To Top