Resep Cara Membuat Kue Nastar

Cara membuat kue nastar

Kue nastar adalah kue yang identik dengan hari raya seperti Idul fitri, Natal, Imlek, atau hari-hari special lainnya. Kue nastar ini termasuk dalam salah satu jenis kue kering yang berbentuk bulat dan identik dengan selai buah nanas didalamnya.
cara-membuat-kue-nastar
Cara membuat kue nastar cukup mudah dan tidak jauh beda dengan cara membuat kue lainnya, bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar juga mudah didapat, antara lain seperti buah nanas matang, tepung terigu, telur, dan margarin.

Jika anda memiliki hobby membuat kue dan terbiasa dengan berbagai macam resep kue, mungkin anda tidak akan kesulitan untuk membuat kue nastar ini. Karena pada dasarnya bahan yang digunakan dan proses pembuatannya tidak jauh beda. Karena kue nastar ini adalah merupakan varian dari berbagai macam kue kering yang ada di indonesia.

Kenapa bisa disebut kue nastar? Kata nastar sendiri sebenarnya berasal dari bahasa belanda, gabungan antara kata Ananas yang berarti nanas,  dan kata Taart yang berarti kue. Sehingga jadilah nama kue nastar yang sekarang banyak digemari masyarakat indonesia pada umumnya.

Seiring berjalannya waktu, kue nastar saat ini sudah memiliki banyak sekali varian rasa, agar para penikmat kue nastar tidak mudah bosan dengan satu jenis rasa saja. Adapun varian rasa kue nastar antara lain adalah seperti nastar strawberry, nastar keju, dan nastar nanas.

Cara Membuat Kue Nastar

resep-cara-membuat-kue-nastar
Bahan untuk membuat adonan kue nastar
  • 100 gram keju cheddar
  • 4 butir kuning telur
  • 2 butir kuning telur untuk olesan
  • 100 gram gula halus
  • 50 gram kismis
  • 1 bungkus vanili
  • 1 potong kecil kayu manis
  • ½ kg tepung terigu
  • ½ kg mentega butter atau margarin
Bahan untuk membuat selai kue nastar
  • 300 gram gula pasir
  • 1 buah nanas 
Cara membuat kue nastar
  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan, kemudian masukkan 3 butir kuning telur dan 2 putih telur kedalam wadah, masukkan juga gula halus dan margarin kemudian mixer atau kocok sampai mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu, kemudian aduk-aduk kembali sampai rata sampai sekiranya dapat dibentuk menjadi bulatan-bulatan kue nastar. Jika dirasa masih terlalu encer, tambahkan lagi tepung terigu sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang bagus.
  3. Bentuk adonan dengan menggunakan tangan menjadi bulat-bulat kecil, kemudian tambahkan selai nanas didalamnya.
  4. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu loyang berukuran sedang, olesi dengan menggunakan margarin agar nantinya kue nastar tidak lengket.
  5. Masukkan bulatan-bulatan kue nastar kedalam loyang yang sudah anda sediakan.
  6. Masukkan loyang kedalam pemanas/ Oven selama kurang lebih 15-20 menit dengan suhu sekitar 170-180 derajat celcius.
  7. Jika sudah matang angkat kemudian tiriskan.
Cara membuat selai kue nastar

Sebelum membuat kue nastar pastikan anda sudah membuat selai terlebih dahulu, cara membuatnya cukup mudah seperti dibawah ini.
  1. Pilih satu buah nanas yang bewarna kuning ranum segar, agar selai yang dihasilkan juga lebih segar.
  2. Parut buah nanas tersebut dengan menggunakan parutan keju yang tajam, atau bisa juga dengan menggunakan parutan buah nanas. Ingat, jangan memblender buah nanas tersebut.
  3. Rebus parutan buah nanas dengan nyala api yang sedang, ketika air buah nanas sudah mulai menguap atau hampir mendidih, masukkan gula dan masak terus sampai nanas tersebut kering (menjadi selai)
  4. Tambahkan sedikit garam pada selai tersebut untuk menambah rasa.
  5. Ratakan selai pada sebuah loyang, kemudian panggang dengan menggunakan oven sebentar saja.
  6. Selai sudah jadi dan siap digunakan untuk membuat kue nastar.
Kembali lagi pada proses pembuatan kue nastar diatas, setelah kue nastar yang sudah matang ditiriskan kemudian masukkan kedalam wadah atau toples. Untuk menambah daya tarik, anda bisa meletakkan buah strawberry atau parutan keju diatas kue nastar.

Itulah resep cara membuat kue nastar yang dapat saya bagikan, selamat mencoba, selamat berkreatifitas dan semoga berhasil.

Link terkait:
Resep kue nastar
Cara membuat kue nastar
Resep membuat kue nastar
Back To Top