Resep Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan

Resep Kue Bolu Kukus Pandan -Bolu kukus pandan merupakan salah satu varian rasa dan warna dari jenis kue bolu kukus yang jumlahnya banyak sekali. Karena kita dapat berkreasi membuat bolu kukus sesuai dengan keinginan kita masing-masing, yang penting rasanya enak, warna dan bentuknya menarik, dan tentunya disukai banyak orang.

Selain bolu kukus pandan, ada resep bolu kukus zebra, resep bolu kukus gulung, dan masih banyak lagi variasinya. Namun pada dasarnya semua proses pembuatan dan bahan dasarnya sama, yaitu dibuat dengan cara dikukus dan menggunakan bahan dasar telur dan tepung terigu, seperti halnya dengan resep kue bolu kukus pandan ini.

Variasi dari bolu kukus ini selain menambah perbendaharaan jenis bolu kukus juga untuk memenuhi kebutuhan masing-masing orang yang memiliki selerasa rasa yang berbeda-beda. Bagi orang yang tidak suka dengan aroma kue bolu kukus pandan, maka dia bisa mencicipi bolu kukus zebra atau bolu kukus coklat, begitu juga sebaliknya.

Bolu kukus pandan ini lebih cenderung berwarna hijau karena untuk menunjukkan identitas daun pandan yang berwarna hijau, sehingga akan tampak cerah dan menarik. Namun jika menghendaki warna lain, anda dapat mengganti pewarna hijau dengan warna yang anda sukai.

Cara membuat bolu kukus pandan
resep-kue-bolu-kukus-pandan

Bahan membuat bolu kukus pandan
  • 6 butir telur ayam
  • 200 gr tepung terigu yang halus
  • 1 sendok makan cake emulsifier ( SP/TBM )
  • 200 gr tepung terigu
  • 100 ml minyak sayur yang masih baru
  • 1 sendok makan pasta pandan
  • 1/2 kaleng susu kental manis putih
  • 100 ml air bersih
  • 1/2 sendok teh baking powder
Cara membuat bolu kukus pandan

Cara membuatnya hampir sama dengan membuat bolu kukus yang lain, hanya terdapat sedikit perbedaan yang akan saya jelaskan disini.
  1. Siapkan beberapa wadah untuk membuat adonan.
  2. Campurkan tepung terigu dengan baking powder, aduk sampai rata kemudian sisihkan.
  3. Campurkan susu kental manis dengan air, aduk sampai rata kemudian sisihkan juga.
  4. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier dengan mixer atau dengan alat pengocok telur sampai mengembang dan kaku, kemudian masukkan kedalam wadah yang cukup besar.
  5. Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder yang anda sisihkan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
  6. Tuang juga susu kental manis yang sudah dicampur dengan air dan anda sisihkan tadi kedalam adonan, aduk-aduk sampai rata.
  7. Tuangkan juga minyak kedalam adonan, sambil diaduk-aduk.
  8. Masukkan adonan yang sudah jadi kedalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak, kemudian masukkan adonan kue bolu kukus pandan tersebut kedalam alat pengukus.
  9. Tunggu sekitar 30 menit atau sampai bolu panda benar-benar matang.
  10. Potong-potong kue bolu kukus tersebut dengan menggunakan pisau panjang yang bersisi khusus untuk memotong kue bolu kukus. Lakukan dengan hati-hati, karena jika anda salah dalam teknik pemotongan, bolu kukus akan menjadi berantakan dan kurang sedap dipandang mata.
  11. Kue bolu kukus siap dihidangkan.
Itulah Resep membuat bolu kukus pandan yang dapat saya berikan dan bisa anda coba sendiri dirumah. Setelah anda berhasil membuat bolu kukus pandan, mintalah kepada orang terdekat anda untuk mengomentari hasil praktek anda hari ini. Dengan demikian bisa menjadi koreksi bagi anda, apakah suda enak dan pas atau belum, jika masih kurang enak anda bisa belajar lagi agar kedepannya kue bolu kukus pandan buatan anda bisa menjadi lebih enak lagi. Selamat mencoba.

Link Terkait:  Resep membuat bolu kukus pandan, Cara membuat bolu kukus pandan
Back To Top