Tips Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dan Keluarga

Tips Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dan Keluarga - Manajemen keuangan tidak hanya ada didalam sebuah perusahaan saja, didalam sebuah keluarga pun juga dibutuhkan manajemen keuangan yang baik, terutama untuk keluarga baru atau pasangan yang baru saja menikah. Tentu akan dihadapkan pada sebuah kehidupan baru yang selama ini belum pernah dialami, dimana mereka harus bisa menyatukan dua pemikiran menjadi satu.

Disela-sela menanti kehamilan atau menanti lahirnya buah hati yang diharap-harapkan, mereka harus tetap bisa menjaga keharmonisan keluarga, karena ada banyak hal yang harus mereka fikirkan. Terlebih jika salah satu dari mereka (istri atau suami) masih merasa belum siap dengan beban dan tanggung jawab sebagai bagian dari keluarga kecil tersebut. Uang yang biasanya hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri, sekarang harus terbagi untuk memenuhi kehidupan keluarga barunya.

Karena mulai saat ini, uang suami adalah uang istri, dan uang istri juga merupakan uang suami, sehingga uang dari hasil keduanya dikumpulkan jadi satu, dan statusnya berubah menjadi uang bersama, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Hal itulah yang kadang membuat beberapa pasangan yang baru menikah merasa kesulitan dalam mengendalikan ego masing-masing. Walaupun sebenarnya jika keduanya sama-sama dapat saling mengalah dan mengerti, kehidupan berumah tangga itu sangat indah dan menyenangkan.

Nah dalam kehidupan berumah tangga ini, seperti yang sudah saya singgung diatas tidak beda halnya dengan sebuah perusahaan yang memerlukan managemen atau cara mengatur keuangan rumah tangga. Hal itu dibutuhkan demi kelangsungan hidup berumah tangga yang harmonis dan bahagia smpai akhir hayat nanti.

Karena jika anda tidak pandai dalam mengatur keuangan rumah tangga, seberapa besarpun penghasilan anda dalam sebulan, pasti akan merasa kurang sehingga akhirnya anda akan menjadi orang yang tidak bersyukur. Namun dengan tips mengatur keuangan rumah tangga ini, mudah-mudahan kehidupan keluarga akan menjadi semakin harmonis dan kehidupan masa depan anda sekeluarga pun juga akan menjadi lebih cerah.

Cara mengatur keuangan rumah tangga

1. Pahami setiap aspek keuangan rumah tangga

cara-mengatur-keuangan-keluarga

Maksud dari kalimat diatas adalah anda berdua harus memahami dan mengerti berapa penghasilan anda selama sebulan, berapa uang dalam tabungan anda, berapa biaya yang diperlukan untuk membeli kebutuhan dapur setiap bulan, berapa biaya tagihan listrik, pulsa dan telepon anda, berapa jumlah tagihan kredit rumah atau kendaraan anda, berapa nilai tagihan kartu kredit anda setiap bulannya. Dengan demikian anda berdua dapat menghitung dan memperkirakan berapa jumlah pengeluaran setiap bulannya.

2. Buat perencanaan keuangan keluarga

mengatur-keuangan-rumah-tangga

Setelah anda menentukan berapa kira-kira jumlah pengeluaran setiap bulan, sekarang anda dapat membuat rencana keuangan keluarga anda. Rencana keuangan ini sebaiknya dibuat bersama-sama antara suami dan istri, sehingga keduanya bisa sama-sama tahu dan bisa saling memberi masukan yang baik demi masa depan bersama.

Aturlah perencanaan keuangan setiap bulan dengan berpatokan pada pendapatan setiap bulan dan jumah pengeluaran setiap bulan. Buatlah rencana keuangan ini secara realistis, misalnya dengan memasukkan biaya liburan atau jalan-jalan, biaya nonton film berdua, biaya kesalon. Tapi perlu diingat, sekarang anda sudah berkeluarga, jadi jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan uang untuk sekedar bersenang-senang, karena anda juga harus memikirkan masa depan buah hati anda kelak.

3. Mulai menabung untuk masa depan

cara-mengatur-keuangan

Sisihkan sekian persen dari pendapatan anda setiap bulan untuk ditabung, sehingga uang tabungan tersebut dapat anda gunakan sewaktu-waktu ketika dalam keadaan darurat. Usahakan untuk tidak menggunakan uang tabungan tersebut sebelum waktunya. Karena dengan memiliki tabungan yang cukup, keuangan dan kehidupan rumah tangga anda akan lebih tenang dan stabil.

4. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan

cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga

Terkadang anda terutama yang masih baru menikah dan masih berjiwa muda, pasti memiliki banyak keinginan ini dan itu yang sebenarnya bukan merupakan sebuah kebutuhan yang penting. Mulai saat ini anda harus pandai-pandai membedakan antara keinginan dan kebutuhan dalam berumah tangga. Mana yang harus didahulukan dan mana yang harus ditahan. Caranya buatlah daftar kebutuhan dan keinginan anda, dahulukan kebutuhan daripada keinginan. Ketika semua daftar kebutuhan anda sudah terpenuhi, barulah anda mencoba untuk memenuhi keinginan anda. Dengan demikian keuangan keluarga anda akan menjadi lebih terkontrol.

5. Hindari hutang

tips-mengatur-keuangan-keluarga

Jika tidak dalam keadaan yang benar-benar mendesak, sebaiknya hindarkan diri anda dari berhutang. Bagi anda yang sering menggunakan kartu kredit untuk proses pembayaran, hal tersebut kadang membuat anda lupa diri dalam menggunakan transaksi dengan kartu kredit. Anda membeli banyak barang yang sebenarnya bukan merupakan kebutuhan keluarga. Padahal jika kita lihat lebih jauh, pemakaian kartu kredit ini sebenarnya dapat digolongkan sebagai hutang, karena jika sudah tiba saatnya anda harus melunasi pemakaian kartu kredit anda yang tiba-tiba membengkak. Tips dari saya, gunakan kartu kredit seperlunya saja, jika dirasa tidak perlu sebaiknya jangan mengguanakan kartu kredit.

6. Tentukan masa depan (target keuangan jangka panjang)

tips-mengatur-keuangan-rumah-tangga

Target keuangan jangka panjang ini sangat-sangat dibutuhkan sekali, karena dengan adanya target keuangan jangka panjang, anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakan setiap rupiah dari uang anda. Selain itu juga dapat memicu semangat anda dalam bekerja agar cita-cita keluarga anda tercapai. Misalnya dalam jangka waktu 10 tahun yang akan datang anda harus bisa memiliki tabungan sebesar 200 juta, dengan demikian anda pasti akan mengusahakan dengan semaksimal mungkin target dan cita-cita anda.

7. Berinvestasi

mengatur-keuangan-keluarga

Jika dari keenam hal diatas sudah dapat anda penuhi, sekarang cobalah untuk mulai berinvestasi, baik itu jangka panjang ataupun jangka pendek. Carilah produk investasi yang sesuai dengan rencana keuangan rumah tangga anda. Karena sekarang ini banyak sekali produk investasi yang dapat anda lakukan, misalnya dengan investasi emas, property, saham, dan lain sebagainya.

8. Bersedekah

tips-mengatur-keuangan


Yang terakhir adalah jangan pernah lupa untuk menyisihkan sebagian uang anda untuk beramal atau bersedekah kesesama. Minimal sisihkan 2,5 persen dari pendapatan anda setiap bulannya. Karena dengan bersedekah selain untuk investasi akhirat, anda juga bisa menjadi orang yang bermafaat bagi sesama. Seperti doa-doa yang dipanjatkan oleh kedua orang tua anda sewaktu anda masih kecil, agar anda dapat bermanfaat bagi sesama.

Mulai sekarang marilah kita mengatur keuangan rumah tangga dengan sebaik mungkin, agar kehidupan rumah tangga menjadi lebih harmonis, tenteram, dan bahagia. Masa depan keluarga menjadi lebih cerah dan terbebas dari hutang dan kekurangan materi. Semoga bermanfaat.
Back To Top