Cara Memperbaiki HP Android Yang Basah Kehujanan

Cara Memperbaiki HP Android Yang Basah Terkena Air Atau Kehujanan -Apa kabar sahabat soenyi? Semoga senantiasa sehat dan dalam lindungannya. Setelah kemaren saya posting tentang tanaman, sekarang saya akan mencoba menulis posting tentang Cara memperbaiki hp basah terkena air.
cara-memperbaiki-hp-android-basah-kehujanan
Cara ini saya peroleh berkat pengalaman pribadi saya yang beberapa hari yang lalu ketika saya pulang jalan-jalan dengan istri tercinta menaiki si merah motor kesayangan istri saya. Kebetulan ketika itu langit gelap dan langsung turun hujan yang cukup lebat. Karena saya ingin segera sampai dirumah kamipun nekat menerobos derasnya hujan tanpa menggunakan jas hujan. Celakanya saya lupa menyelamatkan hp dan dompet didalam saku celana yang biasanya ketika hujan saya sembunyikan didalam bagai motor. Alhasil dompet dan hp android samsung ace duos GT S6802 yang selama ini setia menemani saya ikut basah kuyup dan mati.

Setelah sampai dirumah segera hp samsung android saya lepas baterai, simcard, dan memori card, kemudian saya keringkan dengan kipas angin selama semalam suntuk. Keesokan harinya saya coba pasang kembali baterai, simcard, dan memory card kemudian saya nyalakan hp samsung ace duos GT S6802 ini, hasilnya bisa menyala seperti biasa tp touchscreen tidak dapat bekerja, bahkan untuk membuka kunci saja tidak bisa. Akhirnya saya mencoba mencari informasi di internet tentang cara memperbaiki hp yang basah kehujanan. Ternyata ada banyak sekali trik yang diberikan oleh teman-teman blogger yang kemudian saya coba satu persatu.

Berikut ini adalah trik cara memperbaiki hp android basah terkena air yang saya dapatkan dari internet.

1. Sesegera mungkin mematikan hp dan mencabut baterai, simcard, dan memory card, kemudian dikeringkan dengan kipas angin. (Cara ini sudah saya coba)

2. Memasukkan hp kedalam beras selama beberapa jam, dengan tujuan agar unsur beras dapat menyerap kandungan air yang terdapat didalam hp yang basah. (Sudah saya coba)

3. Menjemur hp terkena air yang telah dibongkar selama beberapa jam, tujuannya agar air yang didalam hp bisa menguap dan kering. Tapi jangan menjemur hp dalam keadaan cashing belum dibongkar, karena justru dapat mengakibatkan kerusakan pada LCD hp anda. Selain itu air didalam hp tidak akan kering, hanya akan mengembun didalam. (sudah saya coba)

4. Mengelap hp yang basah terkena air dengan lap kering yang lembut yang memiliki daya serap yang bagus, atau mengelap hp yang basah dengan tissue secara perlahan-lahan (Sudah saya coba)

5. Mendatangi tukang service hp untuk memperbaiki hp android anda yang basah kehujanan (belum saya coba)

Dari kelima tips cara memperbaiki hp yang terkena air yang saya dapatkan di internet tersebut ternyata belum berhasil memperbaiki hp saya, akhirnya saya nekat untuk mencoba memperbaiki sendiri dengan hanya bermodalkan obeng kecil dan sikat gigi, dan hasilnya hp android kesayangan saya bisa kembali nyala dan berfungsi secara normal kembali.

Cara memperbaiki hp android yang basah terkena air hujan ala bocahsoenyi

1. Pertama setelah baterai, simcard, dan memory card terlepas, saya lepas baut casing hp secara hati-hati dengan menggunakan obeng + kecil.

2. Setelah baut casing terlepas, saya buka casing tersebut dengan hati-hati agar casing tidak sampai rusak atau lecet.

3. Lepas konektor atau terminal peghubung antara lcd/ touchscreen dengan body hp secara perlahan-lahan dan jangan sampai patah.

4.Bersihkan konektor dan komponen pada hp dengan menggunakan sikat gigi secara perlahan-lahan, untuk menghilangkan kotoran atau flek yang menempel pada kaki-kaki komponen yang dapat menyebabkan konslet.

5. Jemur sebentar hp android yang sudah dibongkar, jangan terlalu lama karena hanya untuk memastikan agar hp android yang basah sudah benar-benar kering.

6. Setelah dirasa bersih pasang kembali hp android anda, kemudian test apakah hp android anda yang basah apakah sudah kembali normal atau belum.

Kasus yang terjadi pada hp android saya yang basah kehujanan dapat teratasi hanya dengan metode tersebut. Entah itu hanya secara kebetulan atau memang benar bahwa penyebab hp android saya yang terkena air tiba-tiba touchscreennya tidak dapat berfungsi dikarenakan oleh kotoran atau air yang terdapat pada kaki-kaki konektor lcd dan komponen-komponen yang lainnya. Sehingga ketika kotoran tersebut saya bersihkan dengan menggunakan sikat gigi kering, maka hp android saya bisa berfungsi normal lagi.
Sekian...
Back To Top