Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Anggrek

BocahSoenyi.com -Sahabat soenyi pasti pernah melihat atau bahkan menanam bunga anggrek. Nah jika sahabat soenyi ingin menanam bunga anggrek untuk sekedar hobby atau bahkan untuk budidaya, disini saya akan memberikan sedikit tips cara menanamdan merawat tanaman bunga anggrek.

Salah satu bunga yang memiliki banyak sekali jenis dan varian baik itu bentuk, warna, atau bahkan tempat lokasi bunga anggrek tersebut tumbuh. Bunga anggrek yang merupakan salah satu keluarga dari Orchidaceae ini memiliki sekitar 30.000 jenis bunga anggrek yang tumbuh di seluruh dunia, sedangkan di indonesia sendiri diperkirakan ada sekitar 5.000 jenis bunga anggrek yang tumbuh dari sabang sampai merauke.
cara-menanam-bunga-anggrek

Bunga anggrek biasanya hidup secara menempel pada media tertentu seperti serabut kelapa, akar pakis, potongan kulit pinus, pohon kelapa, batang tanaman, dan bahkan tumbuh diantara bebatuan, namun ada juga jenis bunga anggrek yang tumbuh ditanah. Bunga anggrek yang hidupnya menempel di media lain atau tanaman lain sifatnya epifit bukan parasit. Jadi meskipun bunga anggrek tersebut menempel di batang pohon lain namun ia hanya sekedar menumpang saja, artinya tidak ada hubungan organik secara langsung, sehingga tidak merugikan tanaman lain yang ditumpanginya.

Beberapa jenis bunga anggrek epifit ini salah satunya adalah bunga anggrek jenis dendrobium dan bunga anggrek jenis phalaenopsis. Kembali kepada pembahasan awal tentang cara menanam bunga anggrek dan cara merawat bunga anggrek, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan uraian dibawah ini.

Cara menanam bunga anggrek

Sebelum anda menanam bunga anggrek, agar hasil tanaman anggrek anda bisa tumbuh dengan baik dan maksimal, maka sebaiknya anda memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman bunga anggrek dibawah ini:
  • Faktor sinar matahari
Beberapa jenis tanaman bunga anggrek khususnya anggrek tanah atau yang sering disebut dengan istilah 'VANDA DOUGLAS' adalah jenis tanaman anggrek yang memiliki daun seperti pensil ini memerlukan sinar matahari 100%. Artinya jenis tanaman anggrek ini tumbuh di alam terbuka dan memperoleh sinar matahari secara langsung.

Berbeda dengan jenis bunga anggrek dendrobium, anggrek cattleya, anggrek phalaenopsis adalah jenis bunga anggrek yang memiliki daun lebar, atau berdaun lebih lebar dari anggrek jenis vanda douglas. Jenis bunga anggrek ini membutuhkan penyinaran matahari hanya sekitar 30% - 60% saja agar dapat tumbuh dengan baik.

Jadi untuk menanam dan merawat bunga anggrek jenis ini perlu adanya naungan atau biasa disebut dengan istilah 'NET'. Naungan atau net ini biasanya dibuat dari anyaman plastik yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan oleh tanaman bunga anggrek

Untuk menanam bunga anggrek juga perlu memperhatikan kelembaban udara, atau kadar uap air yang berada dalam udara disekitar tanaman bunga anggrek. Kelembaban udara tersebut akan berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan tanaman bunga anggrek. Karena bunga anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang lebih tahan terhadap kekeringan daripada kebasahan/ tempat yang cenderung basah dan lembab. Jadi salah jika dalam merawat bunga anggrek anda justru melakukan penyiraman secara berlebihan sampai membuat tanah atau media untuk tumbuh bunga anggrek menjadi terlalu lembab dan berair.
  • Faktor Suhu Udara
Untuk merawat bunga anggrek juga perlu diperhatikan masalah temperatur atau suhu udara. Jenis anggrek vanda douglas idealnya hidup pada suhu udara sekitar 28 derajat celcius, dan minimum berada pada suhu 15 derajat celcius. Karena jenis tanaman bunga anggrek ini merupakan jenis bunga anggrek yang tahan panas.

Sedangkan untuk jenis bunga anggrek yang berdaun lebar atau bunga anggrek jenis dendrobium, cattleya, dan phalaenopsis merupakan jenis bunga anggrek yang idealnya tumbuh pada temperatur udara sekitar 21 derajat celcius, atau suhu malam hari di wilayah indonesia.

Setelah anda mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bunga anggrek, maka anda akan menjadi lebih tahu cara merawat dan menanam bunga anggrek agar dapat tumbuh dengan baik. Sekarang mari kita coba untuk praktek menaman bunga anggrek tersebut.

Cara menanam bunga anggrek dalam pot

Sebelum menanam bunga anggrek persiapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan untuk menanam bunga anggrek.
cara-merawat-bunga-anggrek
  1. Bahan dan alat untuk menanam bunga anggrek
  • Remukan akar pakis
  • Arang dan pecahan genting
  • Pupuk nitrogen
  • Perangsang akar atau sering disebut dengan istilah hormon atonik
  • Pot dari tanah ukuran diameter 7 – 12 cm untuk menanam bunga anggrek
  1. Cara menanam bunga anggrek
  • Rendam pot dan arang atau pecahan genting dengan air
  • Potong remukan akar pakis menjadi ukuran kecil-kecil sekitar 1-2 cm, kemudian dicuci sampai bersih.
  • Sterilkan potongan akar pakis tersebut dengan cara dikukus sekitar 1 jam.
  • Rendam potongan akar pakis yang sudah steril dengan larutan pupuk nitrogen.
  • Masukkan pecahan genting atau arang kedalam pot, kemudian letakan remukan akar pakis diatasnya dengan ketebalan sekitar 2 cm dari bibir pot.
  • Tanam bibit bunga anggrek kedalam pot, namun sebelumnya celupkan akar bibit bunga anggrek kedalam larutan hormon atonik atau perangsang akar selama kurang lebih 10 menit.
  • Tanam bunga anggrek secara rapi, untuk setiap pot tanamlah sekitar 35 bibit bunga anggrek.
  • Letakkan bibit bunga anggrek yang sudah ditanam didalam pot ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  1. Cara merawat bunga anggrek dalam pot
  • Siram tanaman bunga anggrek dengan menggunakan air setiap 2 hari sekali, atau jika dirasa media didalam pot sudah mulai agak kering. Pada proses penyiraman ini usahakan jangan terlalu basah agar tidak merangsang pertumbuhan jamur pada bunga anggrek anda. Gunakan semprotan tangan untuk menyiram bunga anggrek agar lebih merata dan tidak terlalu basah.
  • Jika tanaman bunga anggrek sudah berumur 2 minggu, lakukan pemupukan setiap seminggu sekali. Pupuk yang digunakan adalah pupuk yang mengandung nitrogen tinggi dan dicampur dengan fungisida untuk mencegah atau membunuh timbulnya jamur.
Cara Menanam Bunga Anggrek di Tanah
  • Untuk menanam bunga anggrek di media tanah sebelumnya anda harus membuat lubang tanah dengan kedalaman 10 cm, lebar 30 cm, dan panjang sesuai dengan kebun atau tempat untuk menanam bunga anggrek. Setiap jarak 10 cm buat jalan agar untuk mempermudah pada proses penyiraman dan pemupukan. Usahakan lahan untuk menanam bunga anggrek tersebut tidak banjir saat turun hujan atau saat dilakukan penyiraman secara rutin.
  • Setelah proses pembuatan lubang, maka langkah selanjutnya adalam membuat tiang untuk menopang tanaman bunga anggrek, atau sering disebut dengan istilah 'AJIR'. Tiang penopang tersebut ditanam dengan kedalaman 50 cm agar lebih kuat, dan dibuat dengan ketinggian 2,5 meter. Setiap lubang ditanam tiang 2 baris, dan jarak antara satu tiang dengan tiang lainnya adalah 1,5 meter. Tiang atau ajir ini dibuat dengan tujuan untuk tempat berdirinya bunga anggrek dan memberi kesan rapi serta memudahkan dalam proses perawatan bunga anggrek. 

    Proses menanam bunga anggrek ditanah

    Setelah membuat lubang dan membuat tiang penyangga sekarang saatnya anda menanam bibit bunga anggrek di media tanah. Bibit yang ditanam dimedia tanah harus bibit yang didapat dari proses stek bunga anggrek yang sudah berumur dan tingginya sudah lebih dari 1 meter. Sedangkan untuk bibit yang ditanam tersebut panjangnya harus sudah mencapai 30 cm, sehingga dalam waktu kurang lebih satu bulan, bibit bunga anggrek tersebut sudah mulai berbunga.
Jarak antara satu bibit tanaman bunga anggrek dengan bibit bunga anggrek yang lain adalah 1 meter, kemudian bibit bunga anggrek tersebut diatur secara rapi dan diapit dengan 2 buah reng yang setiap ujungnya diikat dengan tiang penyangga dengan posisi tanaman bunga anggrek diusahakan dalam keadaan tegak.

Cara merawat bunga anggrek di media tanah

Setelah bibit bunga anggrek berdiri tegak didalam lubang tanam, isi lubang tanam tersebut dengan pupuk kandang, kemudian diatasnya ditutup dengan susunan sabut kelapa. Usahakan agar susunan sabut kelapa tersebut dapat menutupi semua akar pada tanaman bunga anggrek anda.

Itulah sedikit uraian tentang cara menanam bunga anggrek dan cara merawat bunga anggrek yang dapat anda coba. Jika anda benar-benar ingin serius untuk membudidayakan bunga anggrek sebaiknya anda mencari lagi referensi yang lebih lengkap melalui buku atau artikel blog lainnya agar wawasan anda tentang budidaya bunga anggrek lebih lengkap lagi. Atau bisa juga belajar langsung kepada para pelaku usaha budidaya bunga anggrek yang telah benar-benar terjun secara langsung dalam menanam dan merawat tanaman bunga anggrek, dan telah sukses dibidang tersebut. Sekian.

Source: Ruangtani.com
Back To Top