Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot dan Ngeblank

Cara Mengatasi HP Android Lemot -Sekarang ini memang lagi jamannya smartphone android, dimana kebanyakan hp smartphone menggunakan sistem operasi berbasis android. Keberadaan sistem operasi android ini mampu menggeser RIM milik blackberry yang beberapa tahun sempat merajai teknologi smartphone. Kedua sistem operasi tersebut menawarkan berbagai macam kelebihan dan kemudahan sehingga orang menyebutnya dengan istilah smartphone atau ponsel pintar. Namun ternyata dari kedua sistem operasi tersebut memiliki kelemahan yang hampir sama, yaitu mudah lemot dan sering ngeblank. Saya yakin pasti anda pernah mengalami hal yang sama dimana hp android lemot secara tiba-tiba.

Smartphone android memiliki banyak sekali kelebihan dan kemudahan yang dapat kita manfaatkan, salah satunya dengan adanya berbagai macam aplikasi android yang dapat di install di smartphone android. Saking banyak aplikasi yang dapat kita nikmati secara gratis di smartphone android, maka tidak tanggung-tanggung kita sering menginstall banyak sekali aplikasi yang terkadang tidak terlalu diperlukan. Hal itulah yang terkadang membuat ponsel android anda terkadang menjadi lemot yang bisa menyebabkan kita menjadi jengkel dan frustasi.

Cara mengatasi Hp android lemot

Nah biar sahabat soenyi tidak jengkel dan frustasi dengan hp android yang sering lemot, disini saya akan berikan tips cara mengatasi HP android yang lemot dan sering ngeblank. Mudah-mudahan dengan tips ini dapat membantu sahabat semua dalam mengatasi hp android lemot.

1. Jangan menggunakan widget yang berlebihan
cara-mengatasi-hp-android-lemot
Sumber gambar : play.google.com
Widget pada layar hp android ternyata dapat mengurangi kinerja handphone android sehingga mengakibatkan android menjadi lemot. Widget ini sebenarnya berfungsi untuk memudahkan kita dalam mennggunakan ponsel android, karena cukup dengan sekali sentuh maka kita sudah dapat membuka aplikasi android yang kita inginkan. Tapi karena widget yang terlalu banyak dapat menyebabkan android anda menjadi lemot, maka sebaiknya anda menghapus saja widget-widget dari home screen hp android anda. Lebih baik anda masuk ke menu terlebih dahulu ketika akan membuka aplikasi, daripada memasang banyak widget di home screen android.

2. Hindari menggunakan aplikasi launcer pada hp android
cara-mengatasi-hp-android-lemot1
Aplikasi launcer ini memang dapat membuat tampilan android anda menjadi lebih cantik dan menarik, tapi tahukah anda bahwa aplikasi launcher ini justru dapat mengakibatkan kinerja android menjadi lemot. Hal ini disebabkan karena tidak sesuainya aplikasi launcer tersebut dengan pengaturan android, sehingga akan memakan kapasitas memori yang cukup besar sehingga menyebabkan hp android menjadi lemot. Jadi untuk mencegah hp android anda agar tidak lemot, sebaiknya anda tidak perlu menginstall aplikasi launcer tersebut didalam hp android anda.

3. Hapus aplikasi android yang tidak perlu
cara-mengatasi-hp-android-lemot2
Kelebihan smartphone android adalah kita dapat menginstall banyak aplikasi secara mudah dan gratis hanya dengan cara mengunduh aplikasi tersebut melalui playstore. Hal tersebut kadang membuat kita seenaknya menginstall banyak aplikasi di ponsel android, bahkan untuk aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan tanpa memikirkan kapasitas memori android yang semakin berkurang. Kapasitas memori yang tinggal sedikit akibat banyaknya aplikasi yang terinstall di hp android anda akan menyebabkan hp android anda menjadi semakin lemot. Maka sebaiknya anda menguninstall aplikasi-aplikasi android yang tidak anda butuhkan lagi.

4. Matikan Live wallpaper pada hp android
cara-mengatasi-hp-android-lemot3
Sumber gambar : play.google.com
Live wallpaper yang biasa anda gunakan untuk mempercantik tampilan android akan membuat baterai ponsel anda menjadi boros dan sedikit mengurangi kinerja android dan membuat android anda menjadi lemot. Jadi saran saya, anda matikan saja live wallpaper pada ponsel android anda.

5. Restart Handphone android
Jika memang smartphone anda sudah cukup lemot dan menjengkelkan sebaiknya anda coba untuk merestart hp android anda, karena biasanya ponsel smartphone akan kembali lancar ketika setelah di restart ulang.

6. Format Hp android
cara-mengatasi-hp-android-lemot5
Jika dari kelima cara diatas belum mampu mengatasi hp android anda yang lemot, langkah terakhir adalah dengan cara memformat hp android anda. Namun sebelum anda melakukan cara ini pastikan bahwa anda telah membackup file-file penting pada memori internal hp android anda. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca posting saya berikut ini:  cara format hp android

Itulah cara mengatasi hp android yang lemot tanpa install aplikasi yang dapat saya share kepada sahabat soenyi semua. Semoga tips ini dapat bermanfaat mengatasi hp android anda yang sudah mulai lemot. Sekian...
Back To Top