Cara Mengatasi Memori HP Android Yang Penuh

Memori Hp Android Penuh seringkali membuat hp android anda menjadi lemot, ngeblank, dan bahkan sering restart sendiri. Jika hp android anda sering restart sendiri sebaiknya anda baca artikel ini: Cara mengatasi hp samsung android restart sendiri. Dan jika hp android anda sudah lemot silahkan baca disini: Cara mengatasi hp android yang lemot. Semoga dengan membaca artikel tersebut dapat membantu mengatasi permasalahan android anda.

Kembali lagi pada pokok pembahasan tentang memori hp android yang penuh. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah karena keterbatasan kapasitas memori pada hp android anda. Jika hal tersebut sudah terjadi pada hp android anda, mau tidak mau anda harus mengurangi jumlah kapasitas memori yang sudah terpakai. Karena jika hal tersebut tetap anda paksakan dan memori hp android semakin penuh, maka alhasil hp android anda pasti akan menjadi lemot sekali.

Adapun beberapa cara mengatasi memori hp android penuh akan saya jelaskan secara lebih rinci pada posing kali ini agar sahabat soenyi yang mengalami masalah memori android penuh tersebut dapat terbantu dengan menerapkan cara-cara dibawah ini.

Cara mengatasi memori hp android penuh

1. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan
mengatasi-memori-android-penuh
Untuk mengurangi pemakaian kapasitas memori hp yang sudah penuh sebaiknya anda uninstall beberapa aplikasi android yang sekiranya sudah tidak diperlukan. Karena terkadang kita menginstall aplikasi android yang memiliki ukuran yang cukup besar, padahal aplikasi tersebut tidak terlalu penting dan jarang sekali anda gunakan setiap harinya. Uninstall semua aplikasi yang tidak penting tersebut dari hp android anda, dan sisakan aplikasi-aplikasi yang diperlukan saja.

2. Hapus atau pindahkan file musik yang jarang diputar
Jika anda seorang yang suka mendengarkan musik mp3 melalui ponsel android tentu memiliki banyak koleksi lagu-lagu mp3 yang tersimpan di ponsel anda. Seleksi dan pilih kembali lagu-lagu yang tersimpan diponsel yang sudah jarang anda dengarkan. Hapus atau pindahkan file musik yang sudah jarang anda dengarkan tersebut ke komputer, flashdisk atau media penyimpanan lainnya, agar kapasitas memori hp android yang sudah penuh menjadi sedikit berkurang.

3. Hapus atau pindahkan file video
Jika anda seorang yang suka mengabadikan moment-moment melalui video, sebaiknya anda segera memindahkan file video tersebut ke komputer atau media penyimpanan lainnya, agar tidak semakin membuat space memori hp android anda menjadi penuh. Karena biasanya ukuran file video sangat besar sekali, terutama yang video yang berformat AVI dan FLV

4. Hapus atau pindahkan file foto
Jika anda seorang yang suka selfie atau mengabadikan moment dengan foto, maka sebaiknya anda memindahkan foto-foto hasil jepretan anda dengan menggunakan hp android ke komputer ata media penyimpanan lainnya. Sisakan beberapa foto yang paling anda sukai untuk digunakan sebagai DP atau wallpaper, selebihnya pindahkan ke media penyimpanan yang lain. Dengan demikian kapasitas memori hp android akan kembali memiliki space yang cukup besar sehingga dapat anda gunakan untuk mengambil foto-foto yang baru lagi.

5. Bersihkan Cache aplikasi android
Jika keempat cara diatas telah anda lakukan namun kapasitas memori hp android masih penuh dan tetap lemot, maka sebaiknya anda lakukan cara ini, yaitu dengan membersihkan cache aplikasi android. Cache dalam ponsel android adalah data-data aplikasi android yang tersimpan didalam masing-masing aplikasi android tersebut. Cara membersihkan cache android dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi cache cleaner atau aplikasi pembersih cache yang lainnya. Bisa juga menghapus cache secara manual melalui pengaturan aplikasi  android. Caranya adalah sebagai berikut:
mengatasi-memori-android-penuh2
  • Buka PENGATURAN atau SETTING
  • Pilih APLIKASI atau APPLICATION
  • Pilih KELOLA APLIKASI atau MANAGE APPLICATION
  • Pilih aplikasi yang ingin anda hapus cache
  • Kemudian klik tombol HAPUS CACHE atau CLEAR CACHE
6. Hapus folder .thumbnail
Selain hapus cache anda juga harus menghapus folder .thumbnail. Folder ini adalah folder duplikat foto yang terdapat pada di galeri ponsel android anda. Meskipun anda sudah menghapus file foto dari handphone, namun sebenarnya foto-foto tersebut masih tersimpan didalam folder .thumbnail. Jadi secara tidak langsung folder ini akan membuat kapasitas memori android anda menjadi penuh. Cara menghapus folder .thumbnail tersebut adalah sebagai berikut:
mengatasi-memori-android-penuh1
  • Klik Menu
  • Pilih File Saya
  • Pilih PENGATURAN lalu centang kotak TAMPILKAN FILE YANG TERSEMBUNYI
  • Buka folder DCIM, cari folder .thumbnail lalu HAPUS
  • Buka juga file DCIM pada folder external_sd
  • Hapus folder .thumbnail
Catatan:
  1. Folder thumbnail akan terlihat ketika anda memberikan tanda cetang pada kotak "tampilkan file yang tersembunyi"
  2. Meskipun anda sudah menghapusnya, folder .thumbnail tersebut akan muncul kembali jika anda membuka foto melalui galeri hp android anda.
7. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal/ SD Card
Pada beberapa sistem operasi android terutama android yang baru-baru ini, anda dapat memindahkan beberapa aplikasi android dari memori internal ke memori eksternal/ SD Card, sehingga anda dapat mengurangi kapasitas memori internal android yang sudah mulai penuh dengan cara memindahkan aplikasi android kedalam memori external/ SD Card anda yang memiliki kapasitas memori yang lebih besar. Cara memindahkan aplikasi android ke memori external/ SD Card adalah sebagai berikut:
mengatasi-memori-android-penuh3
  • Buka PENGATURAN atau SETTING
  • Pilih APLIKASI atau APPLICATION
  • Pilih KELOLA APLIKASI atau MANAGE APPLICATION
  • Pilih aplikasi yang akan anda pindahkan
  • Tekan tombol MOVE TO SD CARD
8. Hapus file sent dari aplikasi whatsapp
Jika anda termasuk orang yang sering menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi dan berkirim foto, musik, atau video, maka tidak heran jika internal memori android anda akan cepat penuh. Karena aplikasi whatsapp ini selain memiliki ukuran yang cukup besar juga menyedot kapasitas memori internal yang cukup banyak. Maka dari itu sebaiknya anda menonaktifkan fitur auto download agar tidak semua file yang terdapat dalam aplikasi whatsapp secara otomatis tersimpan kedalam internal memori hp android anda. Selain itu dalam aplikasi whatsapp juga terdapat file tersembunyi yang membuat internal memori semakin penuh. Jadi sebaiknya anda segera menghapus file tersembunyi tersebut dengan cara sebagai berikut ini:
  • Buka FILE SAYA
  • Pilih MEMORI INTERNAL kemudian pilih folder WHATSAPP
  • Pilih MEDIA - WHATSAPP IMAGE - SENT
  • Hapus folder SENT tersebut
Itulah tadi beberapa cara mengatasi memori hp android yang penuh yang dapat menghambat kinerja hp android anda. Semoga dengan menerapkan tips diatas memori hp android anda akan kembali longgar, dan kinerja hp android kembali lancar. Sekian
Back To Top