cara mengobati biang keringat pada bayi

Biang keringat pada bayi terkadang cukup mengganggu kenyamanan si buah hati, pasalnya biang keringat tersebut pasti akan menyebabkan rasa gatal, perih, dan panas sehingga membuat si bayi menjadi tidak nyaman, terlebih ketika cuaca panas atau ketika si bayi sedang berkeringat. Meskipun pada dasarnya biang keringat pada bayi tidak berbahaya, namun sang ibu pasti merasa terganggu dan kasihan dengan si buah hati yang pada kulitnya terdapat bintik-bintik merah.

cara-mengobati-biang-keringat-pada-bayi
Biang keringat tersebut kadang membuat sang ibu menjadi galau dan bingung mencari-cari solusi bagaimana cara menghilangkan biang keringat pada bayi tercinta. Karena hampir semua bayi pasti pernah terjangkit biang keringat meskipun hanya sedikit saja. Nah bagi bunda yang buah hatinya belum terkena  biang keringat, sebaiknya melakukan tips cara mencegah biang keringat pada bayi dibawah ini, agar sang buah hati anda tidak terkena biang keringat.

Cara mencegah biang keringat pada bayi

1. Perhatikan suhu ruangan sekitar bayi
Suhu ruangan yang panas akan membuat bayi menjadi berkeringat, hal inilah yang biasanya dapat menyebabkan munculnya biang keringat pada bayi. Sebaiknya bunda memperhatikan suhu ruangan sekitar bayi agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Buatlah suhu ruangan menjadi netral sehingga membuat bayi menjadi nyaman dan biang keringat tidak akan muncul.

2. Hindari pakaian bayi yang terlalu ketat
Pakaian bayi yang terlalu ketat tentu akan membuat bayi menjadi tidak nyaman bergerak dan cenderung lebih mudah berkeringat. Keringat yang keluar dari kulit bayi tidak mudah menguap karena pakaian bayi terlalu ketat, sehingga menyebabkan kulit dan pakaian bayi menjadi lembab oleh keringat. Hal inilah yang mungkin terlihat sepele namun justru dapat menyebabkan timbulnya biang keringat pada bayi.

3. Mandi secara teratur
Sebaiknya mandikan bayi anda secara teratur 2x sehari, agar kebersihan bayi tetap terjaga dan terhidar dari munculnya biang keringat pada kulit bayi

4. Pakailah pakaian yang mudah menyerap keringat
Pilihlah pakaian untuk bayi anda yang terbuat dari bahan katun akan mudah menyerap keringat dan bayi juga akan merasa nyaman, karena tekstur bahan katun lebih lembut dan dingin saat digunakan.

Itulah tips cara mencegah timbulnya biang keringat pada bayi, namun jika bayi bunda sudah terlanjur terkena biang keringat, bunda tidak perlu panik dan galau, cobalah beberapa tips cara mengobati biang keringat pada bayi dibawah ini yang mudah-mudahan dapat membantu mengatasi biang keringat pada bayi bunda tersayang.

Cara mengobati biang keringat pada bayi

1. Mengoleskan minyak telon
Untuk mengobati biang keringat pada bayi salah satu caranya adalah dengan mengoleskan minyak telon pada tubuh bayi terutama pada bagian dimana terdapat biang keringat. Pilih minyak telon yang memiliki kandungan minyak kelapa dan minyak zaitun tinggi. Meskipun pada dasarnya hampir setiap bayi setelah mandi pasti diolesi dengan minyak telon, namun untuk kasus bayi yang terkena biang keringat, sang ibu dapat mengolesi biang keringat tersebut dengan minyak telon kapan saja.

2. Memberikan bedak bayi
Berikan bedak bayi pada bagian-bagian tubuh bayi yang ditumbuhi biang keringat. Pilih bedak bayi yang memiliki kandungan salicyl agar kulit bayi menjadi terasa lebih dingin dan tidak berkeringat. Meskipun sebagian orang berpendapat bahwa bedak bayi dalam menghalangi atau menyumpal pori-pori kulit bayi, namun kenyataannya menaburkan bedak pada kulit bayi yang memiliki biang keringat cukup ampuh untuk menyembuhkan atau mengurangi biang keringat tersebut.

Itulah sedikit cara mengobati biang keringat pada bayi yang terkadang membuat bunda menjadi cemas dan khawatir. Semoga tips ini bisa bermanfaat mengatasi dan meringankan biang keringat pada buah hati anda. Sekian.

 
Back To Top