Cara Mengusir Semut Secara Mudah Dan Alami

Cara mengusir semut - Mungkin sahabat soenyi pernah merasa jengkel dengan adanya semut yang tiba-tiba datang menghinggapi rumah dan meja makan anda. Karena selain semut-semut tersebut sering mengerubuti makanan di meja makan, juga akan menyakitkan ketika menggigit kita. Jika semut yang tiba-tiba mengerubuti rumah kita hanya semut gula mungkin tidak terlalu bermasalah besar, namun jika yang datang ternyata segerombolan semut tanah merah yang sangat panas dan sakit ketika menggigit, maka secepatnya anda harus mencari cara untuk mengusir semut-semut tersebut.
cara-mengusir-semut
Meskipun pada dasarnya keberadaan semut dirumah anda cukup menganggu dan meresahkan kenyamanan anda, sehingga anda mencari-cari cara untuk mengusir semut tersebut. Ternyata ada juga jenis semut yang bermanfaat dan justru diternak atau dikembang biakkan oleh beberapa orang. Semut tersebut adalah jenis semut jepang. Baca disini : Manfaat semut jepang bagi kesehatan

Semut biasanya akan datang jika kondisi rumah kita kotor, tidak terawat, dan jarang dibersihkan. Terlebih ketika anda suka membuang sisa makanan sembarangan, maka tidak lama pasti semut-semut akan berdatangan mengerubuti sisa makanan tersebut. Jadi jika anda tidak ingin rumah anda menjadi sarang semut, maka rajin-rajinlah untuk membersihkan rumah. Karena rumah yang kotor selain mengundang datangnya semut juga akan mengundang datangnya lalat dan tikus.
Baca: Cara mudah mengusir lalat

Selain membersihkan rumah secara teratur, disini saya juga akan membagikan tips cara mengusir semut secara mudah dan alami yang dapat sahabat soenyi praktekkan dirumah ketika semut-semut mulai berdatangan dan menganggu kenyamanan anda.

Cara mengusir semut secara alami

Disini saya tidak akan menjelaskan cara mengusir semut dengan menggunakan obat serangga atau obat pengusir semut, karena tanpa saya jelaskanpun anda pasti sudah bisa menggunakan obat-obatan pengusir serangga yang mengandung bahan kimia dan banyak dijual ditoko-toko atau swalayan terdekat. Obat-obat pengusir semut tersebut selain berbahaya bagi keluarga anda tercinta jika sampai termakan atau terminum, biasanya juga memiliki aroma atau bau yang tidak enak dan membuat pusing jika terhirup oleh hidung kita.

Dari situlah saya berfikir untuk menulis posting tentang cara mengusir semut secara alami, mudah, dan tidak menimbulkan resiko bagi kesehatan manusia.

Cara mengusir semut dengan menggunakan daun sirih
Siapa sangka jika daun sirih yang biasanya kita gunakan sebagai obat atau jamu ternyata juga memiliki manfaat untuk mengusir semut. Lalu bagaimana cara memanfaatkan daun sirih untuk mengusir semut? Caranya adalah dengan meremas dan menaburkan remasan daun sirih tersebut ke tempat dimana semut-semut datang berkelompok. Maka tidak lama kemudian kerumunan semut tersebut pasti akan pergi menjauhi remasan daun siri tersebut.

Cara mengusir semut dengan buah mentimun
Buah mentimun yang biasa kita makan atau kita gunakan sebagai lalapan ternyata juga bermanfaat untuk mengusir semut yang lalu lalang menuju meja makan anda. Caranya adalah dengan meletakkan potongan buah mentimun atau remukan buah mentimun ketempat dimana semut-semut tersebut berkoloni. Anda juga bisa meletakkan remukan buah mentimun tersebut dijalur dimana semut-semut tersebut berbondong-bondong menuju meja makan anda. Biasanya saya mengoleskan remukan buah mentimun di kaki-kaki meja makan, agar semut tidak berani naik ke meja makan.

Cara mengusir semut dengan kopi hitam
Kopi hitam+gula yang biasa kita seduh dengan air panas jika sudah dingin terkadang menjadi makanan lezat bagi semut-semut gula, bahkan terkadang kita kalah cepat dengan semut tersebut, kopi yang belum sempat diminum ternyata malah sudah dikerubungi semut. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan sekali. Tapi tahukah anda bahwa ternyata kopi hitam yang masih berbentuk bubuk justru dapat kita manfaatkan untuk mengusir semut. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk kopi hitam tersebut ketempat dimana semut berkumpul, atau bisa juga dengan menaburkan kopi bubuk hitam ke tempat-tempat tertentu agar semut tidak datang ke tempat tersebut.

Cara mengusir semut dengan baking soda
Baking soda yang biasa kita gunakan untuk membuat kue atau roti ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir semut yang berdatangan ke meja makan. Caranya adalah dengan menaburkan baking soda kedalam kerumunan semut tersebut, maka secara otomatis semut akan pergi dari meja makan anda, karena baking soda memiliki sifat yang dapat menipu semut. Seolah-olah tempat yang telah ditaburi baking soda menjadi tempat koloni jenis semut lain, karena seperti kita ketahui bahwa satu jenis koloni semut merupakan musuh bagijenis koloni semut lain.

Itulah sedikit tips dari saya tentang cara mengusir semut secara mudah dan alami yang dapat saya bagikan kepada sahabat soenyi semua. Sebelum anda mempraktekkan tips tersebut, sebaiknya anda menjaga kebersihan rumah dan meja makan anda agar semut-semut tidak berdatangan. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk mencari cara mengusir semut. Sekian dan semoga bermanfaat.
Back To Top