Khasiat Dan Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Buah Ciplukan

Khasiat buah ciplukan sangat banyak sekali, bahkan saking banyaknya sebagian orang mengistilahkan buah ciplukan sebagai buah dengan seribu manfaat. Buah ciplukan yang dalam bahasa latin disebut dengan istilah Physallisa angulata L ini adalah buah dengan karakter berbentuk kecil dan mungil yang memiliki rasa manis atau asam, tergantung dari jenis buah ciplukan tersebut. Buah ciplukan ini biasanya tumbuh disemak-semak sebagai tumbuhan liar yang kadang terabaikan oleh kita.
khasiat-buah-ciplukan
Manfaat buah ciplukan ternyata tidak hanya terletak pada buahnya saja, melainkan mulai dari akar, biji, batang, tunas, daun, dan buahnya sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang akan sedikit saya kupas melalui posting kali ini. Karena sangat disayangkan sekali jika buah ciplukan yang banyak tumbuh dihalaman atau dipekarangan rumah, tidak anda manfaatkan dengan baik dan hanya terbengkalai begitu saja, karena kurangnya pengetahuan anda tentang manfaat buah ciplukan itu sendiri.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa buah ciplukan memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Maka tidak heran jika sekarang ini banyak orang yang sudah mengetahui manfaat dan khasiat dari buah ciplukan tersebut kini mencoba untuk menanam dan membudidayakan buah ciplukan tersebut sebagai tanaman obat keluarga atau bahkan dijadikan sebagai ladang usaha budidaya buah ciplukan.
manfaat-buah-ciplukan

Kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan
  • Chlorogenic Acid terdapat dalam batang dan daun buah ciplukan
  • Saponin terdapat dalam tunas buah ciplukan
  • Flavonoid terdapat dalam tunas dan daun buah ciplukan
  • Polifenol, Tanin, dan Fisalin terdapat dalam buah ciplukan
  • Asam palmitat dan Stearat, Elaidic acid terdapat dalam biji buah ciplukan
  • C27H44O dan H2O terdapat dalam batang dan daun buah ciplukan
  • Withangulatin A terdapat dalam buah ciplukan
  • Alkaloid terdapat dalam akar buah ciplukan
  • Tannin, Kriptoxantin, Vitamin C dan gula terdapat dalam buah ciplukan

Adapun beberapa khasiat buah ciplukan tersebut antara lain adalah:
  • Mengobati penyakit Deabetes militus
    Cara pemanfaatannya adalah dengan merebus tanaman buah ciplukan yang sudah berbuah beserta pohon dan akarnya yang telah dilayukan terlebih dahulu. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Saring kemudian minum air rebusan tersebut sehari sekali.

  • Mengobati penyakit ayan atau epilepsi
    Salah satu manfaat buah ciplukan adalah untuk mengobati penyakit ayan atau epilepsi yang biasanya terjadi pada anak-anak. Caranya adalah ambil buah ciplukan yang sudah matang sebanyak 8-10 butir, kemudian dimakan secara rutin setiap hari antara 8-10 butir buah ciplukan matang tersebut.

  • Mengobati penyakit Rheumatik
    Salah satu khasiat buah ciplukan yang paling terkenal adalah untuk mengobati penyakit rheumatik yang biasa diderita oleh orang yang sudah dewasa atau mendekati masa tua. Cara pemanfaatannya adalah dengan merebus buah ciplukan kering sebanyak 10 gram dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Minumlah air rebusan buah ciplukan yang sudah disaring sebanyak ½ gelas (diminum 3 x sehari)

  • Mengobati penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi
    Cara memanfaatkan buah ciplukan untuk mengobati penakit hipertensi adalaha dengan merebus 5 gram buah ciplukan dengan air sebanyak 110 mili liter. Rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk selama 10 sampai 15 menit, Kemudian saringlah air rebusan buah ciplukan tersebut dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut secara rutin 2x sehari.
  • Mengobati penyakit influenza atau pilek
    Cara pemanfaatannya adalah dengan merebus tanaman buah ciplukan dengan air, kemudian air rebusan buah ciplukan tersebut diminum. Maka Insya alloh penyakit influenza anda akan berkurang/ sembuh.

  • Mengobati Sakit Tenggorokan
    Cara pemanfaatannya hampir sama dengan cara mengobati penyakit influenza, yaitu dengan meminum rebusan tanaman buah ceplukan

  • Mengobati penyakit paru-paru
    Khasiat buah ciplukan bagi kesehatan adalah untuk mengobati penyakit paru-paru. Cara pengolahannya adalah dengan merebus tanaman buah ciplukan baik itu, akar, batang, daun, buah, dan bunganya dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus sampai mendidih kemudian diminum secara rutin sebanyak 3x dalam sehari.

Selain beberapa manfaat buah ciplukan bagi kesehatan diatas, ternyata masih banyak sekali khasiat dan manfaat buah ciplukan yang tidak dapat saya tuliskan semua dalam posting ini. Anda dapat mempelajari tentang kegunaan dan khasiat buah ciplukan tersebut melalui internet, buku, majalah, atau mungkin bertanya langsung kepada ahli pengobatan herbal.

Sekarang ini manfaat buah ciplukan telah dibudidayakan oleh sebagian orang dan bahkan telah tersedia racikan atau kapsul sari buah ciplukan yang dapat anda beli di toko obat atau apotek terdekat. Hal ini merupakan salah satu terobosan ang sangat bagus dibidang ilmu kesehatan, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan manfaat buah ciplukan secara praktis tanpa harus meracik dan merebus sendiri.

Namun tentu terdapat perbedaan manfaat buah ciplukan antara meracik dan merebus sendiri dengan meminum ekstrak buah ciplukan yang anda beli di toko obat. Jika anda telah mencoba keduanya tentu anda dapat menyimpulkan sendiri perbedaan dari kedua manfaat buah ciplukan tersebut.
Itulah sedikit manfaat dan khasiat buah ciplukan untuk kesehatan manusia yang dapat saya tuliskan bagi para pembaca dan sahabat soenyi semua. Semoga artikel tentang manfaat buah ciplukan ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan anda tenta manfaat buah ciplukan yang banyak anda temui di pekarangan sekitar rumah anda. Terima kasih.

Back To Top