Penyebab Bayi Menangis Rewel

Penyebab bayi menangis - Bayi yang tiba-tiba rewel dan menangis sepanjang hari terkadang membuat kita sebagai orang tua menjadi khawatir dan bertanya-tanya kenapa tiba-tiba bayi menangis, apa penyebabnya? Bagi orang tua yang telah bepengalaman mungkin sudah terbiasa mengatasi masalah bayi menangis dan rewel, namun bagi orang tua yang belum berpengalaman, terutama yang baru memiliki anak pertama, mungkin akan merasa sangat khawatir dan pusing dengan keadaan bayi tersebut.
penyebab-bayi-menangis
Sebagai orang tua kita tidak boleh panik dan harus tetap tenang dalam mengatasi masalah tersebut. Kita harus mencari tahu apa penyebab bayi menangis terus-menerus, pasti ada sesuatu yang tidak wajar yang dirasakan oleh si bayi. Jika kita telah mengetahui penyebab utamanya, maka dengan mudah kita akan dapat mengatasi masalah tersebut.

Penyebab bayi menangis sangatlah banyak sekali, ada yang beraal dari faktor internal dan ada pula yang berasal dari faktor eksternal. Adapun beberapa penyebab bayi menangis adalah sebagai beikut.

1. Bayi menangis karena lapar
Penyebab utama bayi menangis biasanya adalah karena lapar. Karena si bayi belum bisa bicara dan hanya baru menangis dan meronta-ronta maka ketika lapar bayi pasti akan menangis terus-menerus. Jadi ketika bayi anda menangis coba ingat-ingat kapan ia terakhir makan, dan apakah sekarang sudah saatnya si bayi untuk makan. Jika memang bayi menangis karena lapar, segeralah memberikan ASI atau makanan pendamping kepada bayi anda.

2. Bayi menangis karena haus
Sama halnya dengan bayi yang lapar, ketika merasa haus pun bayi anda pasti akan rewel dan menangis. Maka dari itu berikanlah bayi anda ASI atau susu secara teratur, agar bayi anda tidak sampai merasa kehausan.

3. Bayi menangis karena ngantuk
Saat bayi anda sudah waktunya tidur dan mulai merasakan ngantuk, maka biasanya bayi akan menangis dan uring-uringan. Peluk dan gendonglah bayi anda agar ia cepat tidur dengan pulas.

4. Bayi menangis karena sakit
Bayi yang sakit dan merasa ada yang tidak enak dengan tubuhnya pasti akan rewel dan menangis. Inilah penyebab bayi menagis yang biasanya ditakutkan oleh para ibu. Coba check suhu badan bayi anda, apakah panas atau dingin. Jika memang bayi anda menangis karena sakit sebaiknya segera bawa ke dokter atau bidan terdekat.

5. Bayi menangis karena faktor X
Sebagian orang mempercayai bahwa penyebab bayi menagis secara terus-menerus dikarenakan oleh faktor x. Yang dimaksud dengan faktor x ini adalah faktor eksternal atau lebih tepatnya bayi menangis karena gangguan dari luar atau orang tua menyebutnya dengan istilah kena sawan. Percaya atau tidak percaya terkadang hal tersebut benar adanya. Makanya tidak jarang ketika bayi menangis terus menerus, sang ibu biasanya akan meminta bantuan pak ustadz atau kyai untuk mendo'akannya.

6. Bayi menangis setelah imunisasi
Sudah menjadi hal wajar ketika bayi setelah di imunisasi biasanya akan rewel atau menangis. Suhu badan bayi pun biasanya akan panas. Ini merupakan efek dari suntik imunisasi yang mulai bekerja dan bereaksi.

Itulah penyebab bayi menangis dan rewel yang terkadang membuat kedua orang tua menjadi khawatir. Semoga bayi kita senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT, Tuhan YME. Amiin...
Back To Top