Cara Memasang Wallpaper Dinding Rumah

Cara memasang wallpaper dinding rumah mungkin terasa mudah bagi yang sudah ahli dan terbiasa dalam memasang wallpaper, namun untuk orang awam yang sama sekali belum pernah memasang wallpaper dinding, hal ini tentu menjadi sebuah hal mungkin sangat sulit untuk dilakukan. Karena dalam memasang wallpaper dinding diperlukan keahlian khusus, ketelitian, dan kerapian. Tentu tujuannya adalah agar wallpaper yang dipasang hasilnya bisa sesuai yang diharapkan.
cara-memasang-wallpaper-dinding
Saya sendiri bukan termasuk orang yang ahli dalam memasang wallpaper dinding rumah, namun saya tertarik untuk belajar memasang wallpaper sendiri secara otodidak, baik lewat membaca artikel di google atau dengan melihat video tentang cara memasang wallpaper dinding yang banyak tersedia di youtube. Sehingga ketika saya ingin merubah warna dinding atau tampilan dinding rumah, saya tidak perlu memanggil jasa pemasangan wallpaper lagi, karena saya sudah bisa memasang wallpaper sendiri. Meskipun hasilnya tidak sebaik ketika kita menggunakan jasa pemasangan wallpaper, tapi ada sebuah kepuasan dan kebanggan tersendiri ketika wallpaper yang menempel didinding rumah kita ternyata adalah hasil dari kita memasang sendiri.

Mungkin dari sekian banyak pembaca ada yang tertarik untuk belajar memasang wallpaper tembok sendiri, maka disini saya akan membagikan tips cara memasang wallpaper dinding rumah secara mudah sehingga dapat dipraktekkan sendiri dirumah. Karena dengan bisa memasang wallpaper dinding secara mandiri, selain memiliki kepuasan tersendiri ternyata juga lebih hemat, karena harga wallpaper dinding yang dapat kita beli lewat toko online harganya cukup murah.

Cara memasang wallpaper tembok rumah

cara-memasang-wallpaper-tembok
1. Peralatan yang dibutuhkan
Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memasang wallpaper dinding, yang antara lain adalah: Cutter, pensil, penggaris, meteran, benang dengan pemberat, tangga, plastik untuk alas, tempat lem, spons, kuas, roller, amplas, dan kape.

Wahh.. ternyata peralatan yang dibutuhkan banyak juga ya..? Biar gak lupa sebaiknya anda mencatatnya dan membuat checklist agar dari semua peralatan tersebut tidak ada yang tertinggal. Karena semua peralatan tersebut sangat dibutuhkan dalam pemasangan wallpaper untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Lem Wallpaper
Persiapkan dua jenis lem wallpaper dengan tingkat kekentalan yang berbeda, karena nantinya akan memiliki fungsi yang berbeda pula. Lem wallpaper kental untuk merekatkan pada bagian pinggir dan sambungan wallpaper agar memiliki daya rekat yang lebih tinggi. Sedangkan untuk lem yang tidak terlalu kental digunakan untuk merekatkan bagian tengah wallpaper.

3. Tahap pengukuran
Ukur luas (Panjang dan Lebar) dinding rumah anda yang akan dipasangi wallpaper, lalu sesuaikan ukuran dinding tersebut dengan ukuran wallpaper yang akan dipasang. Sebaiknya ukuran wallpaper dilebihkan disisakan sebanyak 1,5 cm, untuk digunakan pada bagian sambungan.

4. Tahap pemotongan
 Potong wallpaper yang telah diukur dan disesuaikan dengan luas tembok tadi dengan menggunakan cutter. Untuk pemotongan sebaiknya anda melihat kertas petunjuk yang telah disediakan dalam kemasan wallpaper, agar dalam proses pemasangan dan penyambungan tidak terjadi kesalahan motif. Karena jika motifnya tidak pas nanti akan terlihat jelek.

5. Penandaan posisi wallpaper
Tandai posisi wallpaper yang akan dipasang ditembok dengan menggunakan pensil. Agar hasilnya lebih lurus, rapi dan presisi, gunakan benang pemberat yang telah anda persiapkan tadi.

6. Pengeleman
Lapisi dinding yang akan anda pasang wallpaper dengan menggunakan lem, namun sebelum melakukan tahapan ini pastikan dinding rumah anda sudah dalam kondisi bersih dan kering, agar lem bisa menempel dengan sempurna dan tidak ada kotoran yang nantinya akan mengganggu dalam pemasangan wallpaper.

Tahap pengeleman ini dilakukan dengan cara menyapukan lem pada dinding dengan menggunakan roller secara perlahan-lahan. Pada proses ini gunakan lem yang tidak terlalu kental.

7. Pemasangan wallpaper
Tempelkan wallpaper pada tembok yang telah dilapisi lem secara hati-hati, dan pastikan posisinya sesuai dengan tanda pensil yang telah anda buat sebelumnya. Jangan sampai miring atau tidak sejajar, agar nantinya dalam proses penyambungan didapatkan hasil motif yang sempurna.

8. Proses penyambungan
Untuk menyambung wallpaper yang telah ditempel di dinding, gunakan lem yang agak kental agar sambungan lebih merekat. Oleskan lem kental dengan menggunakan kuas khusus yang ukurannya lebih kecil.

9. Proses perataan
Ratakan wallpaper yang sudah tertempel didinding dengan menggunakan penggaris akrilik, pastikan juga tidak ada bagian wallpaper yang menggelembung. Potong sisa wallpaper dengan menggunakan gunting, dan gunakan spons untuk menyerap sisa-sisa lem yang masih menempel pada wallpaper agar tidak tampak belepotan.

10. Finishing
Lakukan pengecheckan secara menyeluruh pada bagian wallpaper yang telah anda pasang. Pastikan pemasangan terlihat rapi, terutama pada bagian sambungan. Jangan sampai ada bagian wallpaper yang menggelembung.
cara-memasang-wallpaper
Oiya ada yang terlewat, sebelum memasang wallpaper dinding, pastikan anda menentukan motif wallpaper yang akan anda pasang. Pilihlah yang sesuai dengan selera anda dengan melihat katalog wallpaper, karena di internet tersedia berbagai macam motif dan corak wallpaper yang mungkin sesuai dengan selera anda. Disini saya memilih motif batu bata merah karena memiliki kesan natural dan unik.

Itulah tutorial cara memasang wallpaper dinding rumah yang dapat anda praktekkan sendiri. Untuk sekedar percobaan dan pembelajaran, sebaiknya anda mencoba dulu pasang wallpaper pada dinding dengan ukuran kecil. Jika sudah mahir barulah mencoba memasang wallpaper dengan ukuran dinding yang lebih luas. Semoga bermanfaat...

 
Back To Top