Cara Membuat Keripik Jamur Tiram

Membuat keripik jamur tiram -Salah satu komunitas andalan di Kabupaten Wonosobo adalah jamur tiram. Salah satu pusat budidaya jamur tiram di kota wonosobo terdapat di daerah Mojotengah. Menurut informasi yang saya kutip dari acara Jejak Si Gundul Trans7, suhu udara didaerah wonosobo sangat cocok untuk pertumbuhan jamur tiram. Dimana suhu udara tersebut berkisar antara 22-28 derajat celcius, dengan kelembaban udara antara 60 sampai 70 persen.

Jamur tiram yang baru saja dipanen harus dibersihkan terlebih dahulu dari tangkalnya, karena terkadang ada media tanam ata batang kayu yang ikut tercabut. Ini harus dibuang karena tidak dapat diolah, sehingga sebelum diolah atau dijual sampai ke pasar, tangkai daun harus bersih terlebih dahulu.
cara-membuat-keripik-jamur-tiram



Jamur tiram mengandung banyak sekali gizi yang bermanfaat yang kaya proten, vitamin, dan juga mineral. Jamur tiram mengandung fosfor, zat besi, kalsium, dan juga karbohidrat, sehingga tidak heran jika jamur tiram diolah menjadi aneka makanan ataupun cemilan.

Dipengolahan jamur, bahan baku jamur harus disortir lagi, baik dari ukuran maupun kualitasnya. Yang pasti semua jamur yang besar harus disuwir-suwir terlebih dahulu, hal ini diberlakukan pada payungnya jamur ataupun bagian tangkainya. Karena terkadang pada bagian tangkai jamur masih terdapat batang yang keras, itu juga harus dibuang atau dipisahkan.

Jamur tiram yang sudah dibersihkan kemudian direbus, proses perebusan ini dilakukan agar jamur menjadi layu dan lebih lunak. Tetapi proses perebusan ini tidak boleh dilakukan terlalu lama, karena nanti justru akan menjadi lembek. Patokannya adalah jika tangkai atau lembaran jamur sudah agak layu, maka harus segera diangkat. Biasanya ditandai dengan munculnya warna cokelat.
jamur-tiram

Ketika masih panas, jamur tiram harus segera dibilas, ini untuk menghindari lengketnya air rebusan pada proses sebelumnya. Karena air rebusan cenderung tercampur dengan partikel lain, jadi jika dicuci pada saat masih panas akan mudah larut seiring dengan pergantian air. Untuk memaksimalkannya, maka jamur tiram harus diaduk-aduk beberapa kali hingga bersih.

Cara membuat keripik jamur tiram
Bumbu untuk membuat keripik jamur tiram adalah campuran dari beragam bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan lain sebagainya. Bumbu dicampurkan pada jamur tiram saat masih basah, ini agar memudahkan pencampuran bumbu pada bahan keripik jamur tiram.

Kemudian berikan tepung beras pada jamur pada saat kondisi jamur masih agak basah, ini dimaksudkan agar tepung lebih mudah menempel pada jamur. Untuk menjaga ketebalannya tepung dan jamur harus diaduk-aduk, sehingga tepung pada lapisan paling luar dapat terlepas. Sehingga akan menghasilkan jamur dengan lapisan tepung yang cenderung terjaga ketebalannya. Untuk menghindari ketebalan tepung pada jamur, dapat juga dilakukan proses pengayakan. Tepung ini dimaksudkan agar menghasilkan keripik jamur tiram yang renyah, karena tanpa tepung beras jamur akan cenderung lembek meski digoreng dalam waktu yang lama.
keripik-jamur-tiram

Jamur tiram yang telah dibumbui dan diberi tepung harus segera digoreng dengan minyak yang sangat panas, sehingga ketika jamur dimasukkan kedalam minyak akan langsung matang. Proses penggorengan ini harus dilakukan sedikit demi sedikit, karena jika terlalu banyak keripik jamur tiram ini akan saling menempel dan cenderung tidak matang.

Setelah ditiriskan maka keripik jamur tiram akan dilakukan proses penghilangan minyak dengan menggunakan alat tertentu, sistem kerjanya adalah hasil keripik jamur tiram tersebut akan diputar dengan kecepatan tertentu. Sehingga akan menghasilkan keripik jamur tiram yang tidak berminyak dan bahkan seperti digoreng tanpa menggunakan minyak, karena antara keripik jamur dan minyak telah dipisahkan secara maksimal. Sehingga keripik jamur tiram dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Proses pengemasan keripik jamur tiram dilakukan pada hari yang sama, ini untuk menghindari berkurangnya kerenyahan karena terkena udara luar. Pengemasan harus menggunakan plastik yang cukup tebal dan benar-benar dalam keadaan kedap udara luar, sehingga kerenyahan keripik jamur tiram akan tetap terjaga.

Itulah ringkasan dari cara membuat keripik jamur tiram yang saya kutip dari acara Jejak si gundul Trans7, semoga menginspirasi.
Back To Top