Resep Cara Membuat Abon Buah Pepaya

Resep Cara Membuat Abon Buah Pepaya ini saya tulis setelah saya melihat acara Jejak Si Gundul yang meliput tentang cara membuat abon buah pepaya yang dilakukan oleh kelompok tani wanita "damai" di daerah kota kupang yang menurut saya sangat menginspirasi sekali dan patut untuk dicoba dan dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang luar biasa.

Jika abon biasa terbuat dari daging sapi, ikan, atau ayam maka disini saya akan coba memberikan tips cara membuat abon buah pepaya yang saya rangkum dari acara jejak si gundul Trans7. Sehingga dengan demikian buah pepaya bisa menjadi alternatif untuk membuat abon nabati. Semua jenis pepaya pada dasarnya dapat digunakan untuk membuat abon, hanya saja pepaya yang digunakan haruslah pepaya yang masih muda, karena memiliki tekstur yang masih keras.
cara-membuat-abon-buah-pepaya
Seperti telah kita ketahui bahwa buah pepaya kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan kulit dan menjaga kesehatan mata. Kandungan zat oksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat membantu oksidasi kolesterol, membantu menurunkan resiko serangan jantung, dan stroke. Hal inilah yang membuat saya berfikir untuk mancoba membuat abon buah pepaya tersebut, sehingga kita dapat memperoleh manfaat buah pepaya dengan bentuk olahan yang berbeda.
Baca juga: Cara membuat sambal korek nikmat

Cara membuat abon pepaya
 
Buah pepaya yang akan dibuat abon harus dikupas terlebih dahulu dan dibersihkan biji-biji pepaya yang masih muda tersebut. Setelah dikupas dan dibersihkan, buah pepaya kemudian diiris menjadi beberapa bagian. Sisa getah dan kotoran buah pepaya dibersihkan dengan cara dicuci dengan air bersih, meskipun sebenarnya getah buah pepaya mengandung enzim tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk melunakkan daging yang dimasak. Selain itu kandungan serat pada buah pepaya juga baik untuk pencernaan.Tetapi karena buah pepaya muda tersebut akan kita buat menjadi abon pepaya maka getahnya harus dibuang agar rasa pahit getah pepaya tidak tercampur dengan abon pepaya.
cara-membuat-abon-pepaya
Pepaya yang sudah dibersihkan kemudian diparut dengan menggunakan parutan buah yang biasa digunakan untuk membuat rujak serut. Untuk mendapatkan abon buah pepaya yang halus seperti abon daging sapi seperti biasanya, maka parutan pepaya harus dibuat halus dengan ukuran memanjang sehingga bentuknya dapat menyerupai suwiran daging.  Besaran mata parut yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan selera, kita tinggal mengganti mata parut sesuai dengan keinginan kita.

Untuk menghilangkan sisa getah hasil parutan, maka buah pepaya yang telah diparut halus ini langsung diremas dengan garam halus, tujuannya adalah untuk menetralisir rasa pahit buah pepaya yang akan dimasak menjadi abon pepaya. Setelah itu pepaya kemudian diperas untuk membuang airnya, setelah diperas maka pepaya parut kemudian dicuci lagi dengan air bersih, agar sisa garam yang tidak dapat diserap oleh buah pepaya bisa dibuang, sehingga tidak menimbulkan rasa asin yang berlebihan pada abon pepaya. baru kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yang telah disediakan.

Bumbu untuk membuat abon pepaya

Sebelum dimasakan parutan buah pepaya akan ditaburi dengan bumbu-bumbu lainnya agar terasa gurih dan enak. Bumbu untuk membuat abon pepaya terdiri dari jahe, lada, ketumbar, lengkuas, jintan, serai, bawang merah, dan bawang putih yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Semua bahan tersebut dicampurkan dan diaduk sampai merata.

Pepaya parut yang sudah dibumbui kemudian dimasukkan kedalam adonan tepung yang terdiri dari tepung beras, tepung bumbu, dan tepung tapioka. Setelah itu kemudian parutan pepaya yang sudah dibumbui dan diberi tepung siap untuk digoreng menjadi abon buah pepaya yang rasanya lezat dan nikmat.

Cara menggoreng abon buah pepaya adalah dengan memasukkan parutan pepaya yang sudah dibumbui dan ditepungi kedalam minyak yang panas. Cara menggorengnya pun hanya membutuhkan waktu sebentar saja karena bentuk parutan pepaya cukup tipis. Jika abon buah pepaya sudah berwarna kecoklatan berarti abon sudah matang, dan harus segera diangkat.

Rasa abon buah pepaya ini gurih dan renyah serta kaya akan bumbu. Kita dapat menikmatinya sebagai lauk nasi atau dimakan langsung sebagai cemilan. Olahan abon buah pepaya ini bisa menjadi salah satu variasi olahan buah pepaya sebagai alternatif bagi orang yang tidak suka memakan buah pepaya secara langsung.

Itulah sedikit artikel tentang cara membuat abon buah pepaya yang terinspirsai dari acara tv Jejak Si Gundul yang bisa kita coba praktekkan sendiri dirumah. Sekian dan semoga bermanfaat.
Back To Top