Resep Cara membuat Belimbing Kurma

Cara membuat belimbing kurma -Siapa yang tidak kenal dengan buah manis dan segar yang satu ini? Buah belimbing merupakan buah asli yang berasal dari Indonesia, India, dan Srilanka. Buah belimbing sudah menjadi tanaman yang di budidayakan oleh masyarakat diberbagai daerah di nusantara.
resep-membuat-belimbing-kurma
Selain dinikmati sebagai buah segar, belimbing juga dapat diolah menjadi beberapa macam makanan dan minuman ringan, misalnya seperti diolah menjadi kurma yang terbuat dari buah belimbing, atau sering disebut dengan belimbing kurma. Seperti yang pernah saya lihat dalam acara Jejak Si Gundul yang tayang di Trans7 menyebutkan bahwa di kawasan Karangsari, Kabupaten Blitar menjadi salah satu daerah pusat penghasil buah belimbing di Jawa timur. Sejak tahun 1985 daerah Karangsari ini sudah mulai membudidayakan buah belimbing kualitas andalan yang menghasilkan buah dengan kualitas yang baik.

Buah belimbing merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim, sehingga dapat dipanen setiap bulan. Buah belimbing yang kaya akan kandungan air dan serat menjadikan belimbing menjadi salah satu buah yang bermanfaat bagi pencernaan manusia. Selain itu buah belimbing juga banyak mengandung vitamin C yang berguna sebagai anti oksidan, serta menjaga tubuh dari infeksi dan radikal bebas. Kesegaran buah belimbing juga bermanfaat menjaga tekanan darah, karena mengandung mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, dan zat besi. Buah yang kaya air serta memiliki rasa segar dan manis ini bisa dibuat menjadi sari belimbing, jenang, pepak gambir, permen, hingga kurma belimbing.

Pada artikel yang saya kutip dari acara jejak si gundul salah satunya adalah membahas tentang cara membuat belimbing kurma yang dilakukan oleh masyarakat ditempat pengolahan belimbing "Cemara sari". yang akan saya bagikan kepada sahabat soenyi semua.

Resep Cara membuat Kurma Belimbing
cara-membuat-belimbing-kurma
Untuk membuat kurma belimbing, buah belimbing harus dibuang terlebih dahulu bagian pinggirnya, karena bagian ini tidak enak untuk dimakan. Setelah itu belimbing dicuci bersih untuk membersihkan kotoran yaang masih melekat sebelum siap untuk diolah menjadi kurma belimbing. Olahan ini merupakan sejenis manisan yang berbahan baku buah belimbing, dengan rasa yang mirip dengan buah kurma, sehingga disebut dengan kurma belimbing.
Baca juga: Resep cara membuat kue arbei khas tasik

Untuk membuat buah belimbing menjadi berbentuk bintang, maka buah belimbing dipotong kecil-kecil mengikuti tekstur dari buah belimbing sendiri. Potongan buah ketebalannya hanya berkisar antara 1 centi meter saja. Setelah dipotong kemudian buah belimbing dibuang isinya agar tidak mengganggu saat diolah.

Untuk menjadikan kurma belimbing, maka buah belimbing potong harus dimasak terlebih dahulu dengan karamel dan gula putih sebagai pemanis sekaligus pengawet. Untuk itu sebelum dimasak dengan gula, maka buah belimbing direbus terlebih dahulu. Tujuannya agar buah belimbing menjadi matang dan layu, serta dapat menyerap karamel gula pada nantinya.

Irisan buah belimbing dimasukkan kedalam panci berisi air yang sudah mendidih, setelah itu buah belimbing direbus sekitar 15 menit. Setelah buah matang, selanjutnya buah belimbing ditiriskan terlebih dahulu, tujuannya agar buah lebih kering serta tidak membuat kurma belimbing cepat basi.

Selanjutnya masak gula pasir sebanyak sekitar 5 kilo gram hingga mencair dan menjadi karamel, nantinya karamel gula inilah yang akan menjadi campuran buah belimbing yang sudah direbus sebelumnya. Rasa manis pada karamel gula yang tinggi akan membuat rasa manis pada kurma belimbing sekaligus membuat kurma belimbing menjadi lebih awet, karena mampu menyerap air sehingga mampu membunuh bakteri dalam buah.

Setelah karamel gula mendidih, barulah rebusan buah belimbing dimasukkan kemudian diaduk hingga merata. Semua bagian irisan buah yang sudah tertutup karamel, siap untuk diangkat. Buah belimbing masak karamel akan berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan yang kemudian dijemur. Proses penjemuran ini dimaksudkan untuk membuat tekstur buah menjadi lebih kering sehingga lebih tahan lama. Penjemuran juga akan membuat karamel gula menjadi lebih meresap kedalam daging buah belimbing, sehingga akan menghasilkan kurma belimbing yang manis dan tahan lama.

Jika cuaca cerah dan sinar matahari cukup panas, maka hanya membutuhkan penjemuran kurma belimbing selama satu hari. Sedangkan pada musim penghujan akan membutuhkan proses penjemuran yang lebih lama. Bahkan terkadang penjemuran kurma belimbing ini membutuhkan bantuan open.

Buah kurma belimbing yang sudah siap untuk dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga. Sedangkan untuk kurma belimbimg produksi cemara sari yang telah dimasukkan dan dikemas didalam toples dengan ukuran berat 170 gram, dan dijual dengan harga sekitar 15 ribu rupiah per toplesnya. Olahan kurma belimbing juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nilai jual buah belimbing yang cukup melimpah saat panen di jawa timur.

Itulah artikel tentang cara membuat belimbing kurma yang ckup mudah, dan tentunya dapat sahabat soenyi coba praktekkan sendiri dirumah untuk mengisi waktu luang, atau bahkan justru dapat dikembangkan menjadi salah satu bentuk usaha rumahan seperti yang telah dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Blitar, Jawa timur ini. Semoga bermanfaat.
Back To Top