Resep Cara Membuat Kue Arbei Khas Tasik

Cara membuat kue arbei -Sahabat soenyi mungkin belum banyak yang tahu tentang tanaman buah arbei hutan yang biasa ditemukan didaerah dataran tinggi. Arbei ini merupakan salah satu tumbuhan liar, namun beberapa daerah di jawa barat mulai membudidayakan buah arbei sebagai konsumsi sehari-hari. Buah tumbuhan perdu ini bisa dinikmati langsung dalam keadaan segar ataupun dijadikan minuman dengan cara dibuat juzz buah arbei.
cara-membuat-kue-buah-arbei
Menurut informasi yang saya dapatkan dari liputan acara Jejak Si Gundul yang tayang di Trans7, Masyarakat dikabupaten Tasikmalaya mampu membuat variasi olahan buah arbei ini menjadi kue buah arbei. Nah jikaanda ingin tahu bagaimanakah cara membuat kue dari buah arbei khas tasik ini, Saya akan mencoba memberikan resepnya khusus buat pembaca blog bocahsoenyi.com

Buah arbei yang sudah masak berwarna merah cerah, dengan ciri buahnya sudah renggang dengan tangkainya sehingga akan dengan mudah diambil. Saat memetik buah arbei untuk dijadikan kue buah arbei, kita harus berhati-hati karena tanaman perdu ini memiliki banyak duri disela-sela batang. Arbei hutan ini merupakan jenis buah yang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, protein, kalsium, dan juga mineral.

Buah arbei ini juga kaya akan oksidan yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia, serta menangkal radikal bebas. Pada perkebunan budidaya buah arbei biasanya dapat dipanen setiap tiga hari sekali. 

Cara membuat kue buah arbei

resep-membuat-kue-buah-arbei
Buah arbei yang sudah dipetik kemudian dibagi menjadi beberapa bagian untuk membuat campuran kue buah arbei. Pertama-tama buah arbei harus dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi selai, caranya dengan mengulek buah arbei didalam baskom hingga menjadi halus. Sedangkan bahan tambahan yang digunakan untuk membuat kue arbei adalah kacang hijau rebus yang telah dihaluskan, yang nantinya kacang ijo ini akan menjadi bahan penyatu adonan kue serta akan dicampurkan dengan selai arbei.

Semua bahan yang sudah halus selanjutnya dicampur menjadi satu dan diaduk hingga merata menjadi sebuah adonan kue. Adonan yang terdiri dari kacang ijo halus, selai arbei, serta gula diaduk menjadi satu, tambahkan juga tepung maizena untuk memadatkan adonan sehingga akan menghasilkan kue buah arbei yang lebih kenyal setelah dibungkus.

Adonan yang sudah tercampur secara merata selanjutnya akan dimasukkan kedalam cetakan kue arbei yang terbuat dari daun coklat. Daun tersebut dibentuk sedemikian rupa sehingga berbentuk persegi seperti mangkok. Untuk setiap cetakan cukup diisi dengan adonan hingga setengah bagian saja, ini dimaksudkan untuk menghindari meluapnya adonan saat dikukus nanti.

Adonan yang sudah dimasukkan kedalam cetakan kemudian dikukus agar matang dan menjadi kue arbei. Proses pengukusan ini hanya membutuhkan waktu 30 menit saja, jika kue arbei sudah matang maka segera angkat dari pengukus lalu tiriskan sebentar saja. Sekarang kue buah arbei khas tasik sudah bisa dinikmati.

Selain itu ternyata buah arbei juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran  untuk membuat kue mangkok kertas. Bahan untuk membuatnya cukup sederhana dan mudah, yaitu berupa beras ketan ditambah gula dan santan. Adonan yang sudah dimasukkan kedalam cetakan kue mangkok kertas kemudian diatasnya diolesi dengan selai buah arbei. Sebagai pemanis maka tambahkan buah arbei diatasnya sebagai topi. Setelah itu adonan kue mangkok kertas tersebut dikukus seperti biasa.

Itulah resep cara membuat kue arbei khas tasik yang saya kutip dari acara Jejak si gundul yang dapat saya bagikan kepada sahabat soenyi semua. Semoga menginspirasi...
Back To Top