Resep Cara Membuat Kue Lapis Legit Khas Lampung

Kue lapis legit khas lampung - Sebuah akulturasi budaya tidak hanya menghasilkan tradisi, pakaian, maupun tarian, melainkan juga menghasilkan berbagai jenis olahan makanan. Tercatat ada berbagai macam jenis olahan makanan maupun kue pada masa lampau hasil perkawinan budaya yang kini telah diwariskan dari generasi ke generasi.
cara-membuat-kue-lapis-legit-khas-lampung
source image: www.olx.co.id
Salah satunya adalah kue lapis legit, dalam perjalanan Jejak si gundul Trans7 yang tayang pada 24 Desember 2015 yang kemudian saya kutip menjadi sebuah artikel ini, adalah tentang cara membuat kue lapis legit yang cukup identik dengan masyarakat Lampung.

Kue lapis legit merupakan resep hasil perkawinan budaya antara Indonesia dengan Belanda yang telah diwariskan dari generasi ke generasi hingga sekarang ini. Kue ini dinamakan lapis legit karena bentuk serta karakter dari citarasa adonan kuenya yang berlapis dan legit ketika dimakan. Sehingga kue ini membutuhkan cukup banyak telur ayam dalam membuat adonannya.

Adonan kue lapis legit biasanya terdiri dari tepung terigu, mentega, dan telur ayam yang dicampurkan dengan rempah yang beraroma seperti cengkeh, kapulaga, atau kayu manis. Namun untuk kue lapis legit khas lampung sedikit berbeda, karena lapis legit lampung tidaklah menggunakan tepung terigu didalam adonannya. Hampir 90% adonan kue lapis legit khas lampung ini menggunakan kuning telur ayam. Dalam satu adonan biasanya membutuhkan sekitar 40 butir telur ayam.
Baca juga :
Resep cara membuat kue lapis sayuran
Cara membuat kue lapis dari tepung beras

Cara membuat kue lapis legit khas lampung

resep-kue-lapis-legit-khas-lampung
40 butir kuning telur ayam dikocok dengan gula pasir, mentega, dan susu kental manis hingga tercampur merata. Agar adonan menjadi sedikit lebih kenyal, maka tambahkan pula sedikit bubuk agar-agar.

Jika biasanya ku lapis legit berwarna kuning dan cokelat yang berasal dari kuning telur dan mentega yang dipanggang, Namun untuk kue lapis legit khas lampung pada acara jejak si gundul ini sedikit berbeda, karena memiliki warna yang lebih ramai, yaitu berwarna-warni seperti pelangi. Caranya dengan menambahkan beberapa pewarna makanan pada adonan kue lapis legit agar lebih berwarna-warni.

Selain bahan, adalagi satu hal yang unik dari kue lapis legit khas lampung ini, yaitu terletak pada proses pembuatannya yang masih tradisional. Kue lapis legit khas lampung yang masih asli biasanya dibuat dengan cetakan dari bahan kuningan dan dipanaskan dengan menggunakan api kayu.

Lapis legit merupakan salah satu kue yang tahapan pembuatannya memerlukan kesabaran, karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat kue lapis legit yang berwarna-warni ini. Sebab setiap lapis adonan kue memerlukan proses memasak sendiri-sendiri.

Adonan yang sudah jadi kemudian dimasukkan kedalam cetakan kuningan yang telah dipanaskan dan diberi mentega. Setelah dicetak didalam loyang, adonan lapis legit kemudian dimatangkan dengan teknik pemanggangan tradisional, yaitu dengan cara menutup cetakan kuningan dengan menggunakan penutup tanah liat yang telah dipanaskan terlebih dahulu, atau biasa disebut dengan "teknik kekep".
kue-lapis-legit-khas-lampung
Adonan kue lapis legit khas lampung ini lebih mudah mengembang dan tidak membutuhkan waktu proses pematangan yang cukup lama, karena 90 persen dari adonan terbuat dari kuning telur. Setiap 3 menit sekali, adonan yang sudah mengembang sedikit dipadatkan agar merata, kemudian dilapisi dengan adonan yang baru. Proses tersebut dilakukan terus menerus secara selang-seling, lapis demi lapis adonan dengan warna yang berbeda-beda, serta bervariasi sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Meskipun teknik kekep ini terbilang tradisional, namun proses pemanggangan dengan teknik ini justru membutuhkan waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan proses pemanggangan dengan oven kompor maupun oven listrik. Karena bahan cetakan kue yang terbuat dari bahan kuningan ini cukup baik menghantarkan panas dari tutup tanah liat yang dipanaskan dari bara api.

Keunggulan proses oven dengan teknik kekep ini adalah kematangan kue dapat diatur sesuai selera, karena bara api pemanggangan dikontrol secara terus menerus. Selain itu juga akan memberikan cita rasa tersendiri pada kue lapis legit yang sudah matang nanti. 

Itulah resep cara membuat kue lapis legit khas lampung yang saya kutip dari acara jejak si gundul. Ikuti terus artikel resep masakan yang akan saya tulis selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Back To Top