Resep Cara Membuat Kue Lapis Sayuran

Membuat Kue Lapis Sayuran merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh masyarakat kota Batu Malang, Jawa timur. Karena disitulah tempat penghasil sentra buah dan sayuran di Jawa timur. Hasil pertanian warga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan didaerah sekitar. Sayuran segar seperti tomat, wortel, dan buah bit yang kaya manfaat ini akan diolah menjadi kue lapis sayuran warna-warni yang sehat. Baca juga: Cara membuat kue lapis dari tepung beras
resep-membuat-kue-lapis-sayuran
Beberapa jenis sayur juga bisa dibuat menjadi keripik dan manisan, sementara beberapa sayur lainnya bisa dibuat menjadi kue lapis sayuran. Untuk itu sebelum diolah semua sayuran dan buah harus dikupas dan dicuci terlebih dahulu. Sambil mencuci perlu diperhatikan juga jika terdapat sayuran yang busuk agar bisa dibuang.

Sebelum diolah menjadi kue lapis, sayuran-sayuran ini akan dihaluskan terlebih dahulu, kemudian akan dicampur dengan bahan lain, agar rasa kue lapis menjadi lezat. Agar mudah dihaluskan, buah bit, tomat, dan wortel yang telah dicuci bersih selanjutnya akan dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil.

Sayuran segar berwarna seperti buah bit, tomat, dan wortel sangatlah baik dikonsumsi untuk kesehatan. Tidak hanya memiliki rasa yang enak, sayuranberwarna terang seperti wortel mengandung nutrisi beta dan alfa karotin. Begitu pula dengan warna merah pada tomat, menunjukkan tingginya kandungan licopen yang merupakan senyawa anti oksidan serta anti sionin yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit kanker dan jantung. Sementara warna ungu pada bit, berarti umbi ini memiliki senyawa yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga baik melindungi sel otak dan pembuluh darah.

Sayur sawi dan jagung menjadi bahan tambahan untuk membuat kue lapis sayuran, sehingga nantinya akan menghasilkan lapisan kue yang semakin berwarna, dan semakin baik kualitasnya.

Cara membuat kue lapis sayuran
cara-membuat-kue-lapis-sayuran
Semua sayuran yang telah dipotong selanjutnya dihaluskan dengan menggunakan blender, begitu pula dengan buah bit, tomat, dan wortel yang telah dipotong-potong tadi. Dengan bantuan sedikit air, hanya butuh beberapa menit saja untuk menghaluskan sayuran sehat ini.

Selain rasa yang lebih enak, kue lapis sayuran tentu saja juga lebih sehat jika dibandingkan dengan kue lapis lainnya. Begitu pula dengan hasilnya akan lebih berwarna sesuai dengan jenis sayuran yang digunakan. Setiap jenis sayuran akan dicampur dengan bahan kue lapis secara terpisah.

Gula dan tepung terigu sebelumnya harus dimixer sampai tercampur secara merata, kemudian barulah jus sayuran segar ditambahkan. Begitu pula dengan telur dan pengemulsi serta mentega cair yang akan memberikan rasa sekaligus membuat tekstur kue menjadi lebih lembut. Semua bahan tersebut selanjutnya dimixer kembali sampai mengembang hingga siap untuk dimasak menjadi kue lapis sayuran.

Kue lapis sayuran bisa dimasak dengan dua cara, yaitu kue lapis kukus dan panggang. Tidak ada perbedaan bahan dan hasil dari kedua macamkue lapis sayuran ini, hanya saja daya simpan kue lapis oven akan tahan lebih lama jika dibandingkan dengan kue lapis kukus.

Untuk memasak kue lapis sayuran sehat ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena setiap lapisan adonan sayuran dimasukkan kedalam loyang satu per satu. Jika adonan pertama sudah matang, maka adonan lain akan dimasukkan keatas adonan yang sudah matang yang berbeda warna serta bahannya, kemudian bari dipanggang kembali. Butuh waktu sekitar satu jam untuk membuat semua lapisan sayuran kue lapis ini menjadi matang.

Tampilan kue lapis sayuran ini sangatlah menarik, dimana setiap lapisan memiliki warna yang berbeda sesuai dengan warna sayuran yang digunakan. Rasa kue lapis sayuran ini juga cukup lezat dan unik, karena perpaduan dari beberapa sayuran yang segar yang menjadi bahan utamanya.

Kue lapis ini juga menjadi cara alternatif untuk menikmati sayuran sehat menjadi makanan yang lezat. Pengolahan bahan sayuran menjadi kue ini, juga akan menjadi cara untuk meningkatkan nilai jual atas melimpahnya hasil produk pertanian dikota Wisata Batu.

Itulah resep cara membuat kue lapis sayuran yang saya kutip dari acara jejak si gundul yang ditayangkan di Trans7 beberapa bulan yang lalu. Semoga artikel ini dapat menginspirasi bagi sahabat soenyi semua.

Back To Top