Social Enterpreneur Muda Yang Cantik (Hafiza Elfira)

Hallo Sahabat Soenyi, Pada posting kali ini saya akan sedikit menuliskan tentang kisah sukses salah seorang gadis cantik yang berhasil menjadi seorang Social enterpreneur muda yang cukup sukses dan mampu menghasilkan omzet ratusan juta per bulan dari sebuah usaha yang membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar.
Hafiza-elfira
Dia adalah Hafiza Elfira, Seorang gadis muda cantik yang saat ini baru berumur 25 tahun yang merupakan mahasiswi Universitas Indonesia ini memulai usahanya secara tidak sengaja. Karena hanya berawal dari Tugas kampus yang ia lakukan dikampung Kusta Sitanala, Tangerang, Banten. Yaitu sebuah tempat dimana para penderita penyakit kusta yang telah dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit, memilih untuk menetap dan bertempat tinggal didaerah itu. Karena mereka merasa malu dan minder untuk kembali pulang dan berkumpul dengan keluarga mereka.

Maka dengan terpaksa para mantan penderita penyakit kusta tersebut memilih menetap didaerah sekitar rumah sakit dan menjadi pekerja serabutan seperti tukang sapu, pemulung, pengamen, pengemis, dan lain sebagainya. Dari latar belakang itulah Hafiza bersama keempat temannya tergugah hatinya dan berupaya untuk merubah pola pikir dan cara pandang mereka, agar para mantan penderita kusta bisa hidup secara mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Dengan pendekatan yang intens terhadap OYPMK atau singkatan dari Orang Yang Pernah Mengalami Kusta, akhirnya terkumpullah 20 orang ibu-ibu OYPMK untuk dididik dan dilatih membuat jilbab, diantaranya belajar menjahit, dan memasang manik-manik. Dengan meminta bantuan salah seorang fashion designer untuk mengajari ibu-ibu tersebut.

Nalacity-foundation
Dibawah naungan Nalacity Foundation akhirnya hafiza bersama rekan yang awalnya hanya merupakan program Social Entrepreneurship Initiative yang digagas oleh Forum Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia. Telah mampu menjadikan ibu-ibu bekas penderita kusta menjadi manusia-manusia yang mandiri dan mampu berkarya. Karena setelah program tersebut selesai, Hafiza bersama dengan teamnya terus melanjutkan Social enterpreneur tersebut sampai sekarang.

Jilbab hasil karya Hafiza dan ibu-ibu penderita kusta tersebut dibuat sedikit unik dan menarik, yaitu dengan menambahkan manik-manik yang mengkilau agar menambah kesan elegan bagi si pemakai. Maka tak heran jika sekarang jilbab produksi nalacity foundation telah dikenal banyak orang.

Hafiza memanfaatkan media online dan social media seperti website, twitter, facebook, instagram sebagai sarana untuk memasarkan jilbab produksi nalacity foundation tersebut. Karena menurut hafiza, proses pemasaran dengan memanfaatkan media social ini tidak ribet dan cukup mudah. Selain itu juga dapat dijangkau dari berbagai wilayah di indonesia bahkan seluruh dunia.

Karena memang tujuan awal dari Nafiza dan teman-temannya adalah kegiatan sosial (Social Enterpreneurship) jadi meskipun sekarang terbilang sudah sukses, tetap saja mereka tidak melupakan tujuan besar mereka, yaitu memberdayakan masyarakat marjinal penyandang difabel untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan mandiri.
Social-enterpreneur-muda
Salah satu kesulitan hafiza dalam kegiatan ini adalah mengubah mindset (cara berfikir) ibu-ibu OYPMK, karena sebelumnya mereka hanya mengandalkan dari pemberian orang lain. Namun usaha nalacity foundation sekarang tidak sia-sia, karena mereka berhasil memberikan angin segar bagi penderita kusta yang tadinya hanya sekedar nerimo pemberian orang lain, sekarang bisa menjadi orang-orang yang mau berusaha, belajar mandiri, dan menghasilkan karya yang dihargai oleh masyarakat luas.

Selaku Co Founder sekaligus Director dari Nalacity Foundation, Hafiza mengaku mendapatkan inspirasi tersebut dari berbagai macam social enterpreneurship indonesia yang sudah lebih dulu membuat program pemberdayaan masyarakat yang juga telah sukses dalam program tersebut.

Sudah cantik, muda, pintar, dan memiliki jiwa social yang tinggi, itulah satu kalimat yang terfikirkan oleh saya untuk menggambarkan sosok Hafiza Elfira Nofitariani atau yang akrab dipanggil Fiza ini. Seorang social enterpreneurship cantik yang masih muda dan sukses..

Semoga kisah sukses nafiza ini dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi rekan muda sahabat soenyi semua untuk dapat mengembangkan potensi diri, terus berkarya, menuangkan ide-ide kreatif, sehingga anda bisa menjadi seorang enterpreneur muda. Syukur-syukur bisa menjadi seorang social enterpreneur muda yang memiliki berjiwa sosial tinggi. Sekian..
Tag : Artikel
Back To Top