UFC Adalah Olah Raga Bela Diri Campuran

UFC adalah seni olah raga bela diri campuran yang akhir-akhir ini mulai ramai diminati dan bahkan menjadi sebuah industri yang bernilai trilyunan rupiah. UFC sering disebut dengan istilah MMA (Mixed Martial Art) yang artinya adalah seni beda diri campuran yang memperbolehkan teknik pertarungan dengan memukul, menendang, menyikut, bergulat, dan lain sebagainya untuk melumpuhkan sang lawan.
ufc-adalah-olah-raga-tinju-bebas
Sebenarnya olah raga dengan konsep UFC atau MMA ini sudah diterapkan sejak zaman yunani kuno yang disebut dengan istilah "Pankration" yang artinya kekuatan penuh. Sedangkan pada zaman Romawi kuno, olah raga ini disebut dengan pertandingan "Gladiator". Tak ketinggalan juga bahwa olah raga beladiri campuran ini juga berkembang di Asia khususnya di India dan Cina. Jadi bisa dikatakan bahwa pankration ini merupakan dari berbagai macam seni bela diri asia seperti kungfu, judo, karate, jiujitsu, muaythai, dan yang lainnya.

UFC atau singkatan dari Ultimate Fighting Championship ini sekarang mulai ramai di negara kita Indonesia dengan adanya beberapa acara UFC yang disiarkan disalah satu stasiun tv swasta, yang ternyata lolos sensor dan justru mendapatkan respect yang baik oleh para pecinta olah raga beladiri. Terbukti sekarang ini ada beberapa stasiun televisi yang ikut menyiarkan olah raga tinju bebas ini, bahkan mulai bermunculan tempat-tempat pelatihan UFC dikota-kota besar seperti jakarta.

Meskipun saya termasuk orang yang suka melihat siaran pertandingan UFC di tv, namun jujur saya terkadang merasa ngeri juga melihat manusia diadu seperti ayam. Ketika ada yang terkena tendangan atau pukulan dan terluka bahkan roboh, penonton justru akan bersorak dan bertepuk tangan. Saya juga merasa ngilu ketika salah satu petarung sudah jatuh berlumuran darah, tapi masih terus dihajar oleh sang lawan sampai benar-benar tidak berdaya.

Walaupun olah raga UFC ini tampak kejam dan mengerikan, tapi menurut pernyataan dari presiden UFC "Dana White" mengatakan bahwa UFC ini merupakan olah raga tarung bebas yang aman, dan belum ada satupun petarung yang meninggal akibat pertarungan UFC. Karena olah raga ini diawasi dengan baik oleh dokter dan profesional dibidang olah raga bela diri.

Berikut adalah beberapa ungkapan Dana White selaku presiden UFC yang saya kutip dari situs cnnindonesia.com
  • Jika Anda ditumbangkan atau terluka dalam pertandingan UFC, maka Anda akan dilarang bertanding selama tiga bulan ke depan, dan tidak akan dapat bertanding kembali jika tidak mendapat izin dari tim medis (dokter).
  • Dalam olah raga UFC kami tidak sembunyi dari kenyataan bahwa ini merupakan olahraga kontak fisik. Akan tetapi tidak pernah ada kematian atau cedera serius dalam sepanjang sejarah UFC, karena kami melakukan segala cara untuk memastikan keamanan para petarung.
  • Ketika Anda memiliki dua petarung yang sehat dan telah siap untuk bertanding, maka para petarung tersebut akan mendapatkan perhatian medis yang cukup sebelum dan sesudah pertandingan. Jadi UFC ini merupakan olahraga paling aman di dunia.
  • Dalam olah raga tinju anda akan berdiri saling berhadapan satu sama lain selama 12 ronde, dan saling memukul sekeras mungkin di wajah dan membuat anda tidak sadar. Dalam UFC, Anda dapat mengalahkan musuh tanpa sekali pun memukul kepala. Jadi ada kesalah pahaman bahwa karena para petarung bisa menendang, menyikut, memukul, dan menghantam dengan lutut, maka UFC lebih kasar dan berbahaya, padahal ini tidak benar. Jadi menurut Dana WHite, olah raga tinju justru lebih berbahaya daripada UFC.
Petarung UFC Terbaik
Jika anda merupakan penggemar acara UFC tentu anda sudah mengetahui siapa saja petarung terbaik UFC atau mungkin petarung UFC idola anda. Nah sekedar info saja, berikut adalah profil 10 petarung UFC terbaik didunia yang perlu anda ketahui.

1. Anderson Silva
petarung-ufc

Anderson Silva adalah sosok petarung yang sangat komplit sekali, dia merupakan pemegang sabuk juara Middleweight UFC dan telah memiliki rekor mempertahankan gelar juara terbanyak dalam sejarah Mix Martial Art yaitu sebanyak 10 kali.

2. George Saint Pierre
petarung-ufc-4

Georges St Pierre adalah juara UFC kelas Welterweight yang berhasil mempertahankan gelarnya juaranya selama delapan kali. Teknik bertarungnya dapat dikatakan sangat tertata rapi dengan strategi yang matang dan eksekusi yang sangat baik. Banyak yang mengatakan setiap gerakan Goerge Saint Pierre di atas ring seakan sudah direncanakan sebelumnya. Satu hal yang sangat mengagumkan dari dia adalah dibalik kehebatannya, ia adalah salah satu petarung yang memiliki attitude yang baik dan rendah hati.

3. Cain Velasque
petarung-ufc-1

Cain Velasquez adalah petarung UFC keturunan Amerika-Mexico yang berhasil mengalahkan juara bertahan Brock Lesnar yang sebelumnya belum pernah terkalahkan sekalipun. Cain Velasques juga pernah menumbangkan Junior Dos Santos sebanyak 2x secara berturut-turut. Sungguh prestasi yang luar biasa.

4. Jon Jones
petarung-ufc-2

Adalah petarung UFC Juara  kelas berat ringan yang mampu mempertahankan gelar sebanyak lima kali. Ia juga merupakan petarung termuda dalam sejarah UFC yang sudah mempunyai gelar. Yang cukup menarik dari jones adalah, ia mengatakan bahwa ia belajar banyak tentang gerakan tinju bebas hanya dari menonton video di youtube. Tapi sangat disayangkan sekali, gelar juaranya terpaksa di Suspend oleh presiden UFC, Dana White, karenaia terlibat kecelakaan dima jones menabrak seorang wanita hamil.

5. Ken Shamrock
petarung-ufc-3

Ken shamrock adalah petarung UFC yang dikenal sebagai "The World's Most Dangerous Man". Ia memegang rekor untuk pertarungan terpanjang dalam sejarah UFC, yang berlangsung luar biasa dengan waktu 36 menit di ronde ke 5.


Itulah sedikit ocehan saya tentang olah raga UFC atau MMA atau tinju bebas atau apapun itu yang akhir-akhir ini dapat kita saksikan di salah satu stasiun tv swasta yang tayang setiap malam. Bagaimana komentar sahabat semua tentang acara olah raga ini? Silahkan tinggalkan unek-unek anda pada kotak komentar dibawah. Matur suwun.
Tag : Artikel, Tokoh, UFC
Back To Top