Bagaimana Cara Masuk Halaman Pertama Google

Cara masuk halaman pertama google sebenarnya banyak sekali, karena memang trik seo itu tidak akan pernah ada habisnya untuk dipelajari. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini adalah printscreen dari salah satu posting saya yang masuk halaman pertama google, bukan bermaksud untuk sombong atau apa, melainkan hanya untuk sekedar bukti dan mungkin bisa menjadi motivasi bagi saya sendiri atau anda semua.

cara-masuk-halaman-pertama-google

Ada banyak sekali teknik seo yang dapat dipelajari, tapi tetap saja tidak bisa menjamin bahwa blog anda bisa masuk halaman pertama google. Bahkan ketika kita sudah mempraktekkan hampir semua teknik seo tersebut, tetap saja posting atau artikel yang kita tulis tidak bisa masuk halaman pertama google.

Ini pasti ada alasannya kenapa bisa terjadi hal seperti itu, padahal kita sudah praktekkan berbagai macam teknik seo hanya untuk mengejar posisi halaman pertama google. Jangankan halaman pertama, terkadang artikel yang kita posting justru malah belum ke index oleh google. Kalaupun keindex pasti harus dengan kata kunci yang sama dengan judul posting, dimana judul tersebut termasuk keyword tail atau judul posting yang cukup panjang.

Alasan yang paling lazim adalah blog anda belum disukai oleh SERP google, mungkin karena usia blog yang baru seumur jagung, konten blog yang kurang baik, jumlah posting yang hanya sedikit, dan masih banyak lagi. Karena jika sebuah blog telah disukai oleh mesin pencari google, anda menulis artikel apapun di blog tersebut, selama artikel tersebut bukan hasil copy paste dan jumlah kata lebih dari 300 kata, pasti artikel tersebut akan dengan sangat cepat terindeks oleh google dan bahkan bisa masuk halaman pertama google dan menggeser posting blog yang lebih lama.

Setiap orang menginginkan blognya bisa masuk halaman pertama google atau bahkan ingin posting blognya bisa berada pada posisi teratas google search. Ini wajar sekali, karena dengan memenangkan persaingan keyword di google search engine terlebih untuk keyword yang populer, akan mendatangkan ribuan visitor ke blog hanya dari satu posting saja.

Bayangkan jika anda memiliki blog dengan 1000 posting, dan 50% dari posting tersebut masuk ke halaman pertama google search dengan kata kunci yang populer, akan ada berapa puluh ribu visitor yang berkunjung ke blog anda setiap harinya. Anda pasti juga dapat membayangkan berapa penghasilan adsense dari blog tersebut setiap harinya, pasti akan luar biasa sekali.

Tapi permasalahannya setiap hari terdapat ribuan blog dan ratusan ribu posting yang di publish di internet, inilah salah satu penyebab kenapa begitu susahnya memenangkan persaingan untuk bisa masuk halaman pertama google search. Baca ini: Cara optimasi seo youtube agar masuk halaman pertama google

Lalu bagaimana cara agar bisa masuk halaman pertama google?

Inilah beberapa cara yang saya terapkan pada blog ini agar bisa mampu bersaing dengan blog-blog kelas wahid yang jauh lebih lebih tua, lebih kaya content, lebih profesional dalam mengelola, dan tentunya lebih berpengalaman dalam hal seo.

1. Topik posting harus sesuai dengan tema blog

Ini adalah salah satu kesulitan sebagian besar blogger indonesia termasuk saya, dimana menulis posting yang sesuai dengan tema blog. Misalkan blog yang membahas tentang desain interior, maka posting yang ditulis harus juga yang berkaitan dengan desain interior.

Itu akan jauh lebih mudah masuk halaman pertaman google dibandingkan dengan blog gado-gado yang membahas berbagai macam hal seperti blog yang sedang anda baca ini. Tapi anehnya blog yang anda baca ini masih tetap bisa masuk halaman pertama google kan? hehehe.. Itulah hebatnya seo, tidak pernah ada pakem didalamnya.

2. Pahami topik posting dengan baik

Jika anda sudah menentukan topik posting yang sesuai dengan tema blog, sekarang saatnya anda memahami topik posting tersebut dengan baik. Anda benar-benar faham dan mengerti tentang apa yang anda tulis, sehingga dengan demikian akan terciptalah sebuah posting artikel yang unik, berkualitas, dan original.

Perhatikan juga tentang tata bahasa atau gaya penulisan anda, buatlah posting dengan gaya bahasa yang enak dibaca dan mudah dipahami. Agar para pengunjung menjadi lebih betah berlama-lama membaca postingan yang anda tulis. Karena pengunjung pasti lebih suka dengan postingan yang isinya enak dibaca, mudah difahami, dan tentunya bermanfaat bagi mereka.

3. Cari Backlink yang berkualitas

Setelah anda membuat posting seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kini saatnya anda mencari backlink dari blog atau forum yang berkualitas. Karena salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap serp adalah backlink dari blog/ website yang berkualitas.
Lalu bagaimana caranya? Caranya cukup banyak sekali, antara lain adalah:
  1. Blog walking ke blog yang berkualitas dan membahas tentang topik yang sama.
  2. Aktif di forum berkualitas yang tentunya memiliki topik yang sama dengan blog anda, kemudian anda buat thread dalam forum tersebut dengan baik, tujuannya tidak lain agar anda mendapatkan backlink dari forum tersebut.
  3. Jika blog anda berbahasa indonesia dan targetnya adalah pengunjung dari indonesia, tentu anda juga harus mencari backlink dari website indonesia yang memiliki pagerank tinggi. 
Itulah salah satu cara agar posting bisa masuk halaman pertama google, cara ini tentunya bukanlah sebuah pakem yang memiliki jaminan pasti. Dan tetntu saja cara ini akan lebih baik jika anda kombinasikan dengan teknik seo dan cara lainnya yang telah anda pelajari. Semoga bermanfaat.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top