Cara Mencegah Agar Facebook Tidak Dimasukkan Otomatis Kedalam Group Spam

Hari ini saya sedikit kesal dengan akun facebook saya yang tiba-tiba banyak sekali group spam yang tidak saya kenal dan tidak pernah sekalipun saya menyukai atau bergabung dengan group tersebut, karena entah bagaimana caranya akun facebook saya tiba-tiba dimasukkan secara otomatis kedalam group spam facebook tanpa persetujuan dari saya oleh teman atau bahkan orang yang tidak saya kenal sekalipun.

Memang sudah cukup lama ini saya tidak membuka facebook melalui desktop, karena memang akhir-akhir ini saya juga sudah tidak terlalu aktif di jejaring sosial media nomor satu di dunia ini. Saya hanya sesekali membuka facebook melalui browser android untuk sekedar membuka pesan atau memasang status yang kemudian saya tinggal begitu saja tanpa memikirkan atau membalas komentar pada status tersebut.

Melihat kejanggalan tersebut kemudian saya cepat-cepat mencari solusi dengan cara bertanya kepada mbah google tentang cara mencegah agar facebook tidak dimasukkan secara otomatis kedalam group spam, kemudian saya praktekkan cara tersebut satu persatu agar akun facebook saya bisa terhindar dari group spam yang tidak jelas ini.

Karena group spam facebook tersebut ternyata memiliki anggota hingga ratusan ribu dan setiap harinya pasti banyak sekali anggota group yang membuat posting otomatis, dan secara otomatis pula posting tersebut masuk kedalam pemberitahuan facebook saya. Sehingga hal tersebut cukup mengganggu sekali dan hanya menuh-menuhin pemberitahuan facebook saja. Sehingga terkadang justru pemberitahuan facebook yang penting malah terabaikan karena tertutup oleh pemberitahuan dari group spam tidak jelas tersebut.

Cara Mencegah Agar Facebook Tidak Dimasukkan Otomatis Kedalam Group Spam (1)

1. Pilih group tidak jelas yang ingin anda hapus dari akun facebook anda dengan cara klik nama group kemudian klik anak panah pada tulisan 'Bergabung'  lalu pilih 'Keluar dari Group' seperti gambar dibawah

cara-agar-facebook-tidak-masuk-group-otomatis

2. Setelah itu akan muncul jendela konfirmasi seperti pada gambar dibawah, beri tanda centang pada kotak checklis jika anda ingin mencegah anggota group tersebut kembali menambahkan anda kedalam group suatu saat nanti, kemudian klik keluar dari group


cara-keluar-dari-group-facebook

3. Lakukan cara tersebut satu persatu pada semua group yang anda anggap sebagai spam atau group tidak jelas. Jika jumlahnya sudah banyak memang cukup melelahkan juga, maka dari itu selalu kontrol akun facebook anda dari aktivitas-aktivitas yang tidak beres.

Cara Mencegah Agar Facebook Tidak Dimasukkan Otomatis Kedalam Group Spam (2)

Cara yang kedua ini lebih mudah dari cara yang pertama tadi, cara ini sengaja saya letakkan pada point ke-2 adalah agar anda lebih teliti dalam membaca suatu artikel. 

1. Caranya adalah anda masuk ke 'Beranda' kemudian lihat disebelah kiri, disanalah tempat group-group yang anda ikuti termasuk group yang anda ikuti tapi anda tidak merasa mengikuti, klik 'Group Lainnya' maka akan tampil seperti gambar dibawah ini

cara-keluar-dari-group-spam-facebook

2. Klik gambar yang seperti roda lalu klik lagi 'Keluar dari Group' maka akan keluar jendela konfirmasi seperti dibawah ini. Beri tanda centang pada kotak checklis kemudian klik 'Keluar dari Group'

cara-keluar-dari-group-facebook-1

Selesai sudah, sekarang akun facebook anda sudah aman dari group spam yang tidak jelas yang cukup mengganggu kenyamanan saat berfacebook ria.

CATATAN: 
  • Group facebook spam tersebut merupakan salah satu program jahat yang berasal dari vietnam yang kemungkinan mengandung virus atau trojan.
  • Jangan tertarik untuk mengklik gambar tidak senonoh atau hal yang biasanya mengandung unsur p*rn*g*a*i yang berada di facebook, karena bisa jadi itu merupakan sebuah group spam yang secara otomatis anda mengikuti group tersebut dan sekaligus menyebarkan group spam tersebut kepada teman-teman anda.
  • Jangan kemudian anda berprasangka buruk kepada teman facebook anda yang tiba-tiba memasukkan anda kedalam group spam atau mengirimi anda tautan yang tidak jelas, karena bisa jadi teman anda tidak sengaja melakukan hal tersebut. Kemungkinan juga teman anda merupakan salah satu korban group spam, karena si korban biasanya secara otomatis akan mengirimkan tautan yang tidak jelas kepada teman-teman facebooknya.
  • Jika anda mengetahui keberadaan group spam tersebut sebaiknya segera keluar dari group dan laporkan kepada pihak facebook agar group spam tersebut segera diblokir.
Itulah cara mencegah agar akun facebook kita tidak dimasukkan secara otomatis kedalam group facebook spam yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga dengan mempraktekkan cara-cara diatas akun facebook anda menjadi aman dari para hacker dan program jahat yang sering berkeliaran di facebook. Semoga bermanfaat
Back To Top