Makanan Pendamping Asi(MPASI) Adalah

Pengertian MPASI/ Makanan Pendamping Asi adalah makanan dan minuman pendamping yang diberikan kepada anak/ bayi yang berusia 4 bulan hingga 24 bulan yang banyak mengandung nutrisi, vitamin, dan gizi demi memenuhi kebutuhan gizi sang anak. Karena semakin bertambahnya usia bayi maka semakin bertambah pula kebutuhan gizi untuk memenuhi tumbuh kembang sang anak. Sedangkan asupan ASI yang diberikan oleh sang ibu sudah tidak lagi memenuhi kebutuhan bayi yang sudah berusia 6 bulan keatas.
mpasi-makanan-pendamping-asi
Idealnya MPASI ini diberikan kepada ketika bayi sudah berusia 6 bulan tapi boleh juga diberikan ketika bayi sudah lebih dari usia 4 bulan setelah menjalani proses ASI eksklusif. Karena kebutuhan akan asupan gizi pada bayi berusia segitu juga sudah mulai bertambah, soalnya biasanya bayi sudah mulai aktif, bisa mengangkat kepala sendiri, bisa tengkurep, memegang benda, atau bahkan memasukkan benda kedalam mulut.

Meskipun sudah diberi makanan pendamping asi tetapi asi harus tetap diberikan kepada bayi, karena ini hanya sekedar makanan dan minuman pendamping saja, sedangkan makanan pokok terbaik bagi bayi adalah asi (Air Susu Ibu) yang telah diciptakan dan dibuat sedemikian rupa oleh Allah untuk memenuhi kebutuhan bayi.

MPASI/ Makanan Pendamping Asi yang diberikan kepada bayi harus bertekstur lembut dan sesuai dengan kemampuan cerna sang bayi. Untuk pertama kali mungkin bisa menggunakan roti regal atau bubur tepung beras dicampur susu yang sangat halus/ encer menyerupai juzz buah. Jika bayi sudah mulai menganjak usia 7 bulan, maka sudah bisa diperkenalkan bubur dengan campuran serat buah seperti wortel, sayuran, dan yang lainnya.
makanan-pendamping-asi-mpasi
Ketika bayi sudah berusia 9 bulan, maka sudah waktunya untuk diperkenalkan makanan pendamping asi yang lebih bervariasi lagi seperti sup, daging, ikan, tahu, tempe yang sudah diolah menjadi bubur yang bertekstur lembut. Nah ketika bayi sudah berusia 1 tahun lebih, maka dia sudah bisa mulai menyesuaikan makanan manusia biasa sehari-hari.

Pemberian makanan pendamping asi ini selain untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang tidak lagi sanggup ditopang oleh asi eksklusif juga merupakan perkenalan kepada bayi sebelum proses peralihan dari asi ke makanan pokok. Selain itu juga untuk pembentukan daya tahan tubuh sang bayi dan perkembangan sistem imun terhadap jenis makanan dan minuman. Sekaligus untuk melatih perkembangan bayi baik dari segi emosional maupun respon motorik, karena pada usia anak diatas 6 bulan biasanya sudah mulai dapat memasukkan benda kedalam mulut sendiri.

Pemberian MPASI sebaiknya dimulai sedikit demi sedikit terlebih dahulu agar pencernaan sang bayi tidak kaget dan tidak menimbulkan masalah lain misalnya seperti diare sehingga menyebabkan sang bayi menjadi rewel. Selain itu juga agar bayi tidak tersedak saat makan makanan yang tidak biasa ia makan. Mpasi ini bisa diberikan dan diselingi ketika bayi belum minum air susu ibu, agar bayi tidak merasa kekenyangan sebelum makan.

Tag : Kesehatan, mpasi
Back To Top