Manfaat Kulit Pisang Yang Perlu Anda Ketahui

Sudah bukan rahasia lagi jika buah pisang selain rasanya yang manis dan disukai banyak orang merupakan banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia. Namun tahukah anda jika buah pisang yang sering kita makan ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, karena kulit pisang juga memiliki manfaat yang luar biasa. Adapun manfaat kulit pisang tersebut akan saya urai secara luas dalam artikel ini.
manfaat-kulit-pisang
Kulit pisang yang biasa kita buang begitu saja ternyata memiliki manfaat luar biasa, bukan untuk mengerjai orang agar terpeleset seperti yang sering kita lihat dalam film komedi, melainkan manfaat yang baik khususnya bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan

Baca: Cara merawat wajah secara alami

1. Mengobati Luka
Mungkin kedengarannya aneh, tapi menurut data yang saya dapatkan dari beberapa sumber menyebutkan bahwa salah satu manfaat kulit pisang adalah untuk menyembuhkan luka, terutama luka pada lutut akibat terjatuh. Caranya adalah dengan mengoleskan kulit pisang yang baru saja dikupas, dengan  demikian maka proses penyembuhan luka akan menjadi lebih cepat.

2. Mencegah dan mengobati iritasi kulit dan luka memar
Kandungan antioksidan dan mineral yang terdapat dalam kulit pisang dapat membantu mencegah terjadinya iritasi pada kulit dan mengobati luka memar pada kulit bagian luar. Caranya adalah dengan menempelkan kulit pisang yang baru dikupas pada bagian kulit yang mengalami iritasi atau memar sebelum tidur, lalu lepas ketika bangun tidur dipagi hari.

3. Mengobati sakit kepala
Manfaat kulit pisang yang perlu anda ketahui lainnya antara lain adalah untuk mengobati sakit kepala dan migrain (sakit kepala sebelah). Caranya adalah dengan menumpuk kulit pisang yang masih bagus atau baru saja dikupas kemudian tempelkan pada kening hingga sakit kepala berkurang.

4. Mengobati bekas gigitan nyamuk
Cara penggunaannya adalah dengan menempelkan potongan kulit pisang yang masih bagus pada kulit yang bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci  dengan menggunakan air.

5. Mengobati penyakit kulit (Kutil)
Kutil merupakan penyakit yang cukup menjengkelkan karena dapat mengganggu penampilan anda. Kutil atau daging tumbuh tersebut ternyata dapat disembuhkan dengan memanfaatkan kulit pisang yang sudah dipotong seukuran kutil tersebut. Tempelkan potongan kulit pisang tersebut pada kutil menjelang tidur, kemudian lepas dan cuci dengan air ketika pagi harinya. Lakukan hal tersebut secara rutin selama 1 sampai 2 minggu.
manfaat-kulit-buah-pisang
Manfaat kulit pisang untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kulit pisang ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Jadi untuk tetap menjaga kecantikan wajah ternyata tidak memerlukan perawatan yang mahal, cukup dengan memanfaatkan yang ada disekitar kita, salah satunya adalah kulit pisang.

1. Membantu menghilangkan jerawat
Jerawat diwajah yang cukup mengganggu penampilan anda dapat diatasi hanya dengan memanfaatkan kulit pisang, karena didalam kulit pisang terkandung berbagai macam zat yang bermanfaat, misalnya seperti: vitamin B, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, fosfor. Selain itu juga dapat mengurangi kadar minyak berlebihan pada wajah, serta mengurangi iritasi dan rasa gatal pada jerawat. Karena didalam kulit pisang juga mengandung anti oksidan dan anti jamur.
Baca juga: Cara menghilangkan noda bekas jerawat

2. Membantu memutihkan gigi
Wah.. masa iya kulit pisang bisa membantu memutihkan gigi? Bisa, karena kandungan magnesium, mangan, dan potassium pada kulit pisang inilah yang nantinya bermanfaat untuk memutihkan lapisan email gigi, sama halnya dengan menggosok gigi.

3. Menghambat kerutan pada wajah
Seiring bertambahnya usia makan mau tidak mau wajah pasti akan semakin berkerut akibat proses penuaan. Nah untuk menghambat proses penuaan tersebut kita dapat memanfaatkan kulit pisang yang biasanya hanya kita buang ke tempat sampah. Caranya adalah dengan mengambil bagian dalam kulit pisang yang masih bagus dengan cara dikerok, kemudian campurkan kerokan kulit pisang tersebut dengan satu sendok teh madu murni. Oleskan campuran kulit pisang tersebut kebagian wajah yang mulai banyak kerutan, diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian cuci bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk hangat. Lakukan secara rutin perawatan ini maksimal 3 kali dalam satu minggu.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kulit buah pisang baik yang berguna untuk kesehatan maupun kecantikan yang tidak dapat saya tuliskan satu persatu dalam artikel ini. Anda bisa mencarinya lagi di internet artikel yang membahas manfaat kulit pisang tersebut.
Back To Top