Pulang Kampung Yuk!

Sahabat soenyi, pada posting kali ini sengaja saya menulis artikel tentang pulang kampung karena menurut saya acara pulang kampung merupakan sebuah moment yang paling indah dan paling ditunggu-tunggu oleh para perantau seperti saya ini. Dan saya yakin pastinya anda juga merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan.
pulang-kampung

Akan menjadi sebuah hal yang sangat menyedihkan ketika liburan atau ketika hari raya tiba, tapi kita tidak bisa pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan kedua orang tua, keluarga, sanak saudara, sahabat, handai taulan, dan para tetangga dikampung halaman. Karena memang acara mudik atau pulang kampung ini sudah menjadi tradisi bangsa indonesia yang mungkin tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Tidak jarang kita capek-capek bekerja siang dan malam mengais rejeki dikota hanya untuk dihabiskan dalam waktu beberapa hari ketika pulang kampung. Karena sudah menjadi kebiasaan bahkan kebanggan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat indonesia ketika pulang ke kampung halaman kemudian memberikan uang jajan kepada keponakan dan anak-anak kecil, mentraktir keluarga, saudara, dan teman-teman. Pokoknya kalau pulang kampung pasti pengen kelihatan "wah" dimata orang-orang kampung.

Tapi perlu sahabat ketahui bahwa "Pulang Kampung Yuk" yang saya maksud kali ini bukanlah sekedar acara pulang kampung untuk mengisi liburan seperti yang telah saya tuliskan diatas, bukan menjenguk keluarga untuk melepas kerinduan yang terpendam sejak lama, setelah itu kembali merantau ke kota metropolitan untuk bekerja mencari nafkah, bergelut dengan keramaian dan kerasnya ibukota.

"Pulang kampung yuk" yang saya maksudkan adalah kembali pulang kekampung halaman dengan membawa misi tertentu. Misi tertentu apa? yaitu misi membangun kampung halaman tercinta, tempat dimana kita dilahirkan dan dibesarkan.

Maksudnya adalah setelah sekian lama kita merantau ke kota jauh dari sanak saudara, tentu sudah banyak hal yang kita dapatkan dari kota tersebut, baik itu berupa pengalaman, ilmu, gelar, materi, dan masih banyak lagi yang nantinya dapat kita bawa kekampung halaman tercinta.

Semua bekal yang telah di dapatkan dari kota tersebut kemudian kita terapkan dikampung halaman. Membangun sebuah rumah impian yang nyaman, memiliki sebuah usaha atau bisnis dengan berbekal ilmu pengetahuan, pengalaman, serta materi yang telah kita kumpulkan dari kota.

Dengan sebuah niat dan tujuan sederhana, yaitu agar kita dapat menciptakan sebuah lapangan kerja baru bagi penduduk desa setempat. Sehingga semua yang telah kita dapatkan dari kota dapat bermanfaat bagi sesama, syukur-syukur jika kita bisa ikut berperan dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dikampung halaman kita, sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh merantau ke kota.

Ini merupakan salah satu cita-cita sederhana saya yang sampai saat ini masih saya kejar dan hampir terlaksana. Karena saya sudah merasa bosan dengan keras dan panasnya ibukota, sudah enggan berdesak-desakan dalam kemacetan jakarta. (ujung-ujungnya malah curhat, hehehe..)

Dengan demikian saya tidak perlu memikirkan pulang kampung setiap liburan akhir tahun atau setiap liburan lebaran. Karena setiap saat saya sudah bisa menikmati damai dan indahnya suasana kampung halaman...

So.. Pulang Kampung Yuk !!!
Tag : Artikel
Back To Top