Cara Mengecek Kecepatan Loading Situs Blog

Mengecek kecepatan loading blog merupakan salah satu cara untuk lebih mengoptimalkan kinerja blog, maka dari itu sebagai seorang blogger sudah sepatutnya anda mengetahui seberapa kecepatan blog anda ketika diakses melalui handphone (mobile) ataupun melelui komputer (pc), karena jika blog anda lambat ketika diakses, maka otomatis visitor akan kabur dan memilih blog yang lebih faster. Jelas itu merupakan sebuah kerugian besar bagi anda, terutama bila anda melakukan monetize terhadap blog tersebut.
cek kecepatan blog
Banyak sekali penyebab kenapa blog/ website menjadi lambat saat diakses terutama yang berhubungan dengan tampilan dan template blog yang anda gunakan misalnya adalah:
  • Terlalu banyak iklan yang ditampilkan didalam blog
  • Terlalu banyak widget yang terpasang
  • Terlalu banyak gambar dengan ukuran yang besar
  • Template blog yang terlalu banyak mengandung java script
  • Dll
Dengan mengetahui penyebab loading blog menjadi lambat diatas maka anda dapat memperbaiki agar blog bisa lebih fast dan responsive. Sekarang kan udah jamannya internet 4G, masa blog masih lambat diakses? kan gak enak banget.

Nah untuk mengecek kecepatan loading blog anda dapat memanfaatkan tool yang telah disediakan oleh google, yang diberi nama Page speed insights. Caranya cukup mudah sekali, pertama silahkan masuk ke halaman Page speed insight, kemudian masukkan alamat url blog anda dan klik analyze seperti pada gambar dibawah ini:
cek-kecepatan-situs
Tunggu beberapa saat sampai tool tersebut mengecheck secara keseluruhan kinerja blog anda, kemudian silahkan perhatikan record kecepatan loading blog anda melalui perangkat seluler dan perangkat desktop. Disana akan diberikan laporan mengenai performa blog anda.

Selain itu juga diberikan saran dan cara untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan performa blog anda. Jika blog anda berada dalam kecepatan 75/100 maka masih bisa dianggap wajar, tapi jika berada dibawah 75/100 sebaiknya anda segera memperbaikinya dengan mengikuti rules/ saran yang telah diberikan oleh tool page speed insight tersebut.
cara-cek-kecepatan-blog

Klik Show how to fix jika anda ingin melakukan perbaikan pada performa blog anda, kemudian ikuti langkah yang disarankan. Jika mengalami kesulitan silahkan googling kembali karena banyak sekali blog yang membahas tentang hal tersebut. Tapi anda perlu berhati-hati sebelum mencoba trik yang anda dapatkan di internet, karena trik tersebut berkaitan dengan kode java script, html dan css dalam template blog anda. Sebelum merubah kode tersebut sebaiknya anda backup terlebih dahulu template blog anda, karena jika nanti terjadi kesalan, anda masih memiliki backupnya.

Tapi jika anda sudah menguasai koding html, css, dan java script, saya rasa hal ini tidak akan menjadi sebuah masalah yang besar. tetapi untuk blogger yang awam koding seperti saya, tentu kesalahan kode html akan menjadi sebuah masalah yang cukup serius.

Saya kira cukup itu saja tutorial cara mengecek kecepatan loading blog yang dapat saya bagikan, karena daripada nanti saya malah ngelantur kemana-mana, lebih baik saya tidur saja. Semoga bermanfaat.
Back To Top