Cara Mengganti Template/ Tema Blogspot

Cara mengganti template blog - Halo Nda... Mungkin saat ini anda berniat untuk mengganti template blog yang selama ini anda gunakan, karena kebetulan pada posting kali ini saya juga akan membahas tentang cara mengganti template blog tersebut. Namun sebelum anda mengganti template sebaiknya pikirkan terlebih dahulu secara baik-baik alasan kenapa anda harus mengganti template tersebut.
cara-mengganti-template-blogspot
Ada berbagai macam alasan ataupun tujuan seseorang memutuskan untuk mengganti template blog, misalnya agar blog terlihat lebih keren, agar blog lebih seo, agar blog lebih responsif sehingga memiliki CPC adsense yang tinggi, dan masih banyak lagi alasan seseorang mengganti template blognya. Karena memang peran template pada suatu blog sangat penting sekali, maka dari itu tak heran jika hal tersebut dimanfaatkan bahkan menjadi sebuah peluang bisnis bagi mereka yang menguasai bahasa pemrograman dan html untuk membuat sebuah template yang bagus kemudian dijual kepada para blogger.

Pada akhir posting nanti saya akan ulas kembali tentang manfaat dan dampak buruk mengganti tema/ template blogspot, sekarang kita kembali ke pembahasan utama terlebih dahulu tentang cara mengganti tema blog, baik itu template bawaan dashbord blog maupun template hasil download yang link downloadnya nanti juga akan saya bagikan kepada anda.

Cara mengganti template blogspot

1. Masuk ke halaman dashbord blogspot, jika belum memiliki akun blog silahkan baca disini:  Cara membuat website gratis dengan blogspot.

2. Kemudian silahkan klik Template maka akan tampil seperti gambar dibawah
  • Jika anda hanya ingin merubah tampilannya saja silahkan klik Sesuaikan, jika ingin menambahkan kode HTML secara manual silahkan klik Edit HTML, tapi jika ingin mengganti template secara keseluruhan silahkan scroll kebawah.
cara-mengganti-template-blog
  • Jika ingin mengganti template bawaan dari blogger silahkan pilih salah satu template yang anda sukai, kemudian klik Sesuaikan untuk merubah ukuran, warna template, font, tata letak, dan sebagainya. Atau klik Terapkan ke blog jika anda ingin langsung memasang template tersebut ke blog anda.
  • Tapi jika anda ingin mengganti template secara manual atau template dari hasil download silahkan klik Cadangkan/ Pulihkan yang terletak pada pojok kanan atas kemudian klik Browse..  Perlu diingat sebelum anda mengganti template sebaiknya anda backup terlebih dahulu template lama anda dengan cara klik Unduh template lengkap kemudian simpan di drive pc anda.
cara-mengganti-tema-blog
  • Unggah template blogspot yang sudah anda unduh dari internet, oiya jika anda kesulitan mencari template blog gratisan yang seo dan responsive, anda bisa mendownloadnya secara gratis disini: Download template gratis. Disitu anda bisa memilih cukup banyak template blog gratisan yang keren dan responsive, salah satunya seperti template yang saya gunakan di blog ini. hehehe....
Sekarang template blog anda sudah berhasil diganti, sekarang tinggal anda mengatur tata letak serta widget mana saja yang ingin ditampilkan. Usahakan untuk tidak memasang widget yang terlalu banyak agar blog anda tidak terlalu berat ketika loading.

Seperti janji saya diatas bahwa pada posting ini saya juga akan sedikit mengulas tentang manfaat dan kekurangan mengganti tema/ template blog. Ini bertujuan  agar anda lebih mempertimbangkan lagi sebelum memutuskan untuk mengganti tema blog. Karena ada sebagian orang yang memiliki hobby gonta-ganti template, padahal itu sangat tidak disarankan karena justru bisa berdampak buruk terhadap popularitas blog anda. Jadi saya harapkan penggantian tema/ template blog tersebut tidak menjadi hal yang sia-sia tetapi harus memiliki dampak yang baik terhadap kualitas blog anda.

Manfaat mengganti template blog responsive
  • Memperbaiki SEO blog
  • Menambah jumlah visitor blog
  • Mempercantik tampilan blog
  • Membuat blog menjadi lebih responsive dan user friendly (mobile version)
  • Meningkatkan cpc google adsense.
Dari hal-hal diatas maka usahakan anda memilih tema blog yang responsive dan user friendly agar kinerja blog anda semakin baik.

Dampak negatif sering mengganti template blog
  • Harus memasang atau menyetting ulang meta verification misalnya seperti google webmaster, alexa rank, dan verifikasi media sosial lainnya.
  • Jika salah memilih template justru akan mengurangi kualitas seo
  • Harus menyetting ulang meta deskripsi dan keyword
  • dll
Itulah sedikit ulasan tentang cara mengganti template blogspot yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. 

Tag : Tips NgeBlog
Back To Top