Cara Meningkatkan Pendapatan/ Earning Adsense

Hallo Nda.. Berbicara tentang google adsense memang tidak ada habisnya, bahkan ketika anda searching di google tentang adsense maka anda akan mendapati lebih dari 21 juta result. Terhitung hari ini saat tulisan ini saya posting ada sekitar 21.400.000 result  (0,61 second) di google search, sungguh jumlah yang luar biasa. Dari angka pencarian kata kunci "adsense" yang begitu besar saya berfikir mungkin artikel ini tidak ada satu orangpun yang menemukan dari searching google, karena pasti ada dihalaman antah berantah. Tapi tidak mengapa, meskipun tidak ada orang yang membaca, tapi paling tidak saya sudah berusaha untuk menulis posting hari ini.
cara-meningkatkan-pendapatan-adsense
Ada banyak sekali tips, trik, dan cara meningkatkan pendapatan adsense yang pernah saya baca baik itu melalui artikel dari internet, maupun dari ebook gratis dan berbayar yang katanya mampu menghasilkan ribuan dolar dalam satu bulan. Jujur saya tidak terlalu tergiur dengan angka ribuan dolar perbulan, karena buat saya itu terlalu besar. Buat saya $5 sampai $10 perhari itu udah lebih dari cukup, tapi sayangnya ebook yang katanya bisa menghasilkan ribuan dolar perbulan tersebut menurut saya hanya omong kosong, kalau si pembuat ebook bisa menghasilkan uang sebesar itu, kenapa mereka harus menjual ebook yang harganya 100-200 ribu rupiah.

Daripada untuk membeli ebook tersebut lebih baik uang anda digunakan untuk membeli kuota internet, kemudian browsing di google atau mencari artikel yang membahas tentang adsense di forum-forum yang ternyata ketika kita pelajari lebih dalam lagi, ilmu yang ada didalam forum adsense tersebut sungguh luar biasa besar, jauh lebih besar ketimbang ebook yang sudah saya beli.

Cara meningkatkan earning adsense

Dari sekian banyak trik tentang adsense, saya dapat menyimpulkan dan mengambil point-point terpenting dari trik tersebut yang kemudian saya rangkum kedalam posting ini. Jika anda serius mempraktekkan cara ini insya allah anda dapat memperoleh $5 - $10 dalam sehari, ingat lho hanya 10 dolar sehari, bukan ratusan dolar dalam sehari. hehehee..

Syarat utamanya tentu anda harus sudah memiliki akun google adsense dan sebuah blog yang sudah memiliki visitor minimal 1000 visitor/ day untuk situs dalam bahasa indonesia, sedangkan untuk situs dalam bahasa inggris 100 visitor/ day mungkin sudah cukup, karena sudah menjadi rahasia umum bahwa blog berbahasa inggris memiliki cpc yang cukup tinggi.

1. Tingkatkan traffick/ pengunjung blog

cara-meningkatkan-earning-adsense

Setelah anda memiliki traffick seperti diatas, sekarang saatnya anda bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan traffick tersebut. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog anda, maka akan semakin besar pula peluang klik pada iklan adsense anda. Karena klik iklan tersebut berasal dari pengunjung blog, bukan berasal dari anda sendiri selaku pemilik blog, jadi kalau blog anda sepi tentu klik adsense juga akan ikutan sepi. Baca: Cara mendapatkan ribuan visitor

2. Niche dan Keyword

Kita sering sekali mendengar istilah niche dan keyword tersebut, untuk masalah keyword saya jamin anda pasti sudah memahaminya, keyword adalah kata kunci yang kita bidik. Sedangkan untuk niche mungkin masih ada yang belum paham, jadi saya akan mencoba sok tahu menjelaskan kepada anda yang sudah lebih tahu. hehehe...

Niche adalah pokok bahasan, sederhananya adalah sebuah blog yang fokus membahas tentang satu topik bahasan saja. Misalnya sebuah blog yang memiliki niche tentang google adsense, maka semua topik pembahasan didalam blog tersebut tidak jauh-jauh dari google adsense. Bukan seperti blog yang sedang anda baca ini, meskipun saat ini saya membahas tentang cara meningkatkan pendapatan adsense tapi dilain sisi saya juga sering membahas tentang kesehatan, masakan, komputer, dan lain sebagainya. Jadi saran saya jangan ikuti jejak blog ini..

Pilihlah niche blog yang memiliki HPK (Hight Paying Keyword) misalnya seperti Asuransi, Google adsense, Android, dan sebagainya. Selain itu bidik keyword yang sesuai dengan niche blog yang mengandung HPK atau memiliki CPC tinggi.

3. Penempatan iklan adsense

Jangan berfikir ketika anda sudah memiliki blog dan sudah diterima menjadi publisher adsense kemudian anda bisa memasang kode iklan adsense dimana saja, dan dolar akan mengalir begitu saja ke rekening anda, karena semua itu salah. Dalam menjadi seorang publisher adsense dibutuhkan strategi khusus untuk meningkatkan pendapatan adsense anda. Salah satu strategi tersebut adalah dengan menempatkan kode adsense pada tempat-tempat tertentu. Karena penempatan iklan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap potensi klik dan nilai dari klik tersebut.

Pasang maksimal 3 buah unit iklan pada setiap blog anda, kemudian tempatkan iklan tersebut pada halaman posting, karena dengan cara tersebut pengunjung yang sedang berkonsentrasi membaca konten blog anda akan melihat iklan diantara tulisan yang sedang mereka baca, sehingga peluang klik iklan akan sangat besar sekali. Baca: Cara memasang kode iklan adsense ditengah posting blog

4. Ukuran iklan adsense

Meskipun saat ini sudah ada unit iklan responsive yang artinya ukuran iklan tersebut akan secara otomatis menyesuaikan lebar template, tapi menurut pengalaman saya ukuran 300x280 memiliki cpc dan jumlah klik yang lebih banyak, ini mungkin dikarenakan template blog saya yang masih kurang responsive. Jadi jika anda memiliki template yang sudah benar-benar responsive mungkin bisa menggunakan ukuran iklan yang responsive, tapi jika template blog anda masih standart sebaiknya gunakan unit iklan dengan ukuran seperti diatas.

5. Gunakan template fast dan responsive

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa template responsive sangat berperan terhadap cpc dan earning adsense. Karena template responsive ini ukurannya akan secara otomatis menyesuaikan ketika blog anda dibuka melalui smartphone, jadi pastikan anda mengecheck apakah template blog anda sudah responsive atau belum, jika belum segera ganti dengan template yang responsive.
Baca: Cara mengganti template responsive blogspot.

Karena menurut pengalaman yang terjadi pada blog saya ini, jumlah pengunjung blog lebih dari 50% nya berasal dari android dan smartphone lainnya seperti blackberry, ipad, dan iphone. Selain itu jumlah pendapatan adsense saya lebih dari 60% nya juga berasal dari smartphone. Jadi sayang sekali jika anda saat ini belum menggunakan tempalate blog responsive.

Selain itu perhatikan juga kecepatan loading dari blog anda, karena pasti visitor akan malas membuka blog yang loadingnya lambat, bahkan saya sendiri cenderung akan menutup sebelum semua halaman blog tersebut terbuka. Lambatnya proses loading blog bisa dikarenakan oleh template yang anda gunakan, jadi pastikan blog anda memiliki template yang fast loading.

6. Optimasi Seo blog

Sebenarnya ini sudah merupakan bagian dari point nomor 1, karena optimasi blog ini sangat berkaitan dengan jumlah visitor. Sebagai tambahan saja bahwa jika anda ingin meningkatkan pendapatan adsense dan meningkatkan jumlah visitor tentunya anda juga harus menguasai atau paling tidak mengerti tentang optimasi seo. Dengan seo yang bagus akan banyak sekali visitor blog yang datang dari mesin pencari, dan inilah yang diinginkan oleh hampir semua blogger, karena pengunjung tertarget yang datang dari search engine memiliki nilai cpc yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan visitor yang berasal dari media sosial seperti facebook, twitter, google plus, dan yang lainnya.
Baca: Cara masuk halaman pertama google

Ada banyak sekali cara optimasi seo tersebut, salah satunya seperti menanam backlink berkualitas, update posting secara rutin, unik artikel (menulis artikel yang bukan hasil copy paste), konten yang berkualitas, dan masih banyak lagi cara optimasi seo yang tentunya dapat anda cari di google.
 
Saya kira cukup itu saja trik cara meningkatkan pendapatan adsense yang dapat saya bagikan dan tentunya dapat anda praktekkan. Mudah-mudahan dengan tips ini pendapatan adsense saya dan anda bisa terus bertambah setiap harinya, dan bisa gajian setiap bulan. Amiin..
Tag : Adsense
Back To Top