Cara Ilmiah Meningkatkan Trafik Blog

Cara meningkatkan trafik blog memang selalu menjadi hal yang paling dicari oleh para blogger, karena memang tingkat keberhasilan suatu blog salah satunya dapat dilihat dari jumlah trafik pengunjung blog tersebut. Jika suatu blog/ website telah memiliki trafik yang baik secara otomatis popularitas dan penghasilan dari blog tersebut juga akan ikut baik. Itulah yang menjadi alasan kenapa para blogger berusaha mengejar trafik sebanyak-banyaknya.
cara meningkatkan trafik blog
Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa trafik yang baik adalah yang berasal dari mesin pencari seperti google, bing, yahoo. ask, dan sebagainya. Tapi jika anda ingin mengoptimalkan trafik blog dari mesin pencari, itu berarti anda harus benar-benar bisa menguasai berbagai macam teknik optimasi seo, baik itu Seo On Page ataupun Seo Off Page. Karena memang kunci utama trafik dari mesin pencari adalah SEO website.

Bagi saya menjadi seorang blogger itu tidak boleh kaku, hanya mengandalkan trafik yang berasal dari mesin pencari saja. Tapi harus bisa luwes dalam menjaring visitor dari berbagai macam sumber, baik itu melalui social media, forum, atau melalui cara-cara yang lainnya. Karena sekarang ini sudah terbukti tidak sedikit blogger sukses yang hanya memanfaatkan social media dan promosi iklan dalam menjaring trafik visitor.

Adapun cara ilmiah untuk meningkatkan trafik blog yang perlu anda coba adalah sebagai berikut:

Buat konten blog yang berkualitas


Jika anda ingin mempertahankan atau bahkan meningkatkan trafik blog secara signifikan maka anda harus memiliki konten artikel berkualitas agar visitor lebih betah berlama-lama mengobrak-abrik seluruh isi blog anda. Karena pada dasarnya mencari visitor itu tidak susah, yang susah adalah bagaimana cara mempertahankan agar visitor tersebut betah berlama-lama membaca artikel blog anda, dan memancing agar visitor mau berkunjung lagi/ berlangganan artikel blog anda.

Jika konten blog yang anda buat berkualitas dalam artian enak dibaca, mudah dipahami, dan bermanfaat untuk pembaca, maka visitor pasti akan lebih lama berada di blog anda, mencari dan membaca artikel lain yang ada di blog anda, karena memang isi dari blog anda dirasa bermanfaat untuk mereka.

Berbeda jika konten yang anda buat hanya asal-asalan atau bahkan copy paste, visitor pasti akan enggan membacanya. Bahkan mungkin baru membaca paragraf pembuka saja, sudah langsung di tutup lagi, karena mereka merasa konten blog anda abal-abal, susah dipahami, dan mungkin dirasa kurang bermanfaat.

Perbanyak konten berkualitas


Jika anda sudah bisa membuat konten yang berkualitas, kini saatnya anda untuk membuat konten berkualitas tersebut sebanyak-banyaknya. Bayangkan jika anda memiliki 1000 konten berkualitas atau artikel yang seo friendly, dan 50 persennya bisa tembuh halaman 1 google search, tentu blog anda akan kebanjiran trafik dari penelusuran kata kunci, belum lagi trafik dari social media dan sebagainya.

Jadi update konten berkualitas setiap hari sangat disarankan sekali jika anda ingin meningkatkan trafik blog. Usahakan untuk selalu update konten setiap harinya, kalau bisa minimal 1 atau 2 posting setiap hari. Dijamin jika blog anda sudah mencapai 1000 posting lebih, pasti trafik visitor anda akan berjibun.

Sharing ke media social


Kehadiran social media memang membawa dampak yang cukup signifikan bagi perkembangan teknologi internet beberapa tahun ini. Sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal social media seperti facebook misalnya, mulai dari remaja, orang tua, bahkan anak SD pun sekarang sudah mempunyai akun facebook sendiri. Jutaan orang menggunakan social media setiap harinya, entah itu facebook, twitter, instagram, google plus, atau apapun itu namanya.

Sebagai seorang blogger kita harus pandai memanfaatkan perkembangan social media ini untuk meningkatkan trafik, dan menggaet pengunjung blog sebanyak-banyaknya, yaitu dengan cara memposting blog kita pada status social media tersebut. Atau bisa juga dengan membuat group atau fanspage di social media sebagai alat promosi blog.

Bahkan saat ini disocial media seperti facebook pun sudah disediakan fasilitas promosi iklan, yaitu dengan cara kita membayar ke facebook untuk mempromosikan suatu fanspage atau alamat blog, dengan demikian akan semakin banyak peluang orang untuk mengunjungi blog kita.

Aktif di forum online


Ada banyak sekali forum online atau forum tempat berkumpulnya para blogger yang membahas dan mengulas tentang berbagai macam hal, khususnya dibidang internet marketing. Didalam forum tersebut biasanya para blogger akan saling berkenalan, sharing (bertukar pengalaman), beradu argumen, hingga berdiskusi untuk mendapatkan sebuah solusi suatu permasalahan, khususnya dibidang online marketing.

Dengan aktif di forum blogger seperti bersosial.com, kaskus.us, ads.id dan semacamnya ini, selain anda bisa mendapatkan banyak ilmu, menambah traffik,  juga memperoleh backlink yang berkualitas, sehingga akan membawa dampak yang baik bagi blog anda terutama pada posisi google search.

Blog walking (saling bertukar komentar)


Saya mungkin termasuk orang yang agak susah atau malas dalam hal meninggalkan komentar pada blog yang telah saya kunjungi, padahal berkomentar pada blog lain yang memiliki page rank, do-follow, dan popularitas yang baik dimata google cukup berpengaruh terhadap seo blog kita. Karena dengan komentar tersebut biasanya kita akan meninggalkan jejak disana, sehingga besar kemungkinan ada orang lain yang penasaran dengan jejak kita, kemudian mereka mengklik jejak tersebut untuk mengunjungi blog kita, dengan demikian otomatis kita akan mendapatkan tambahan visitor sekaligus backlink dari blog tersebut.

Social Bokmark


Social bookmark ini merupakan salah satu dari strategi seo off page yang banyak digemari oleh kalangan blogger, karena dengan social bookmark tersebut anda dapat berbagi alamat blog berdasarkan kategori yang anda inginkan. Dengan demikian akan ada banyak orang yang melihat alamat situs blog anda, dan besar kemungkinan anda akan mendapatkan tambahan trafik sekaligus backlink dari social bookmark tersebut.

Backlink dari social bookmark itulah yang nantinya perlahan-lahan akan memperbaiki SERP dan rating yang baik dimata google. Jadi jangan malas untuk mensubmit posting blog anda ke social bookmark setiap kali anda selesai memposting artikel blog.

Itu saja ulasan tentang cara meningkatkan trafik blog yang dapat saya share kepada pembaca semua, walaupun sebenarnya masih cukup banyak cara-cara lain yang belum saya tulis pada posting ini. Tapi jika anda melakukan cara-cara diatas dengan benar dan konsisten, besar kemungkinan anda akan merasakan limpahan trafik yang cukup besar untuk blog anda. Sekian dan semoga bermanfaat
Tag : Seo, Tips NgeBlog
Back To Top