Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Menulis artikel seo memang tidak mudah, diperlukan sebuah keahlian dan kreatifitas tersendiri agar semua artikel yang anda tulis dapat memenuhi kriteria seo friendly. Agar bisa menjadi ahli dalam menulis artikel seo diperlukan latihan secara terus menerus, serta diperlukan juga pemahaman tentang apa itu artikel seo, karena tidak semua orang penulis dapat menulis artikel seo.
menulis artikel seo friendly
Seorang penulis buku yang memiliki imajinasi, kreatifitas, serta keahlian dalam menulis, dan bahkan sudah menghasilkan puluhan buku, belum tentu dapat menulis sebuah posting blog yang seo friendly. Karena meskipun pada dasarnya sama-sama menulis artikel, tetapi artikel yang ditulis pada blog dengan artikel yang ditulis dalam buku terdapat beberapa perbedaan, dan menurut saya justru lebih susah menulis artikel blog daripada menulis artikel yang dicetak menjadi buku. Disini saya akan menyebut artikel seo dengan istilah (posting), sedangkan artikel yang dicetak dalam buku/ koran saya sebut dengan istilah (artikel biasa)

Perbedaan yang paling mencolok dari artikel biasa dengan posting blog adalah terletak pada kata kunci (keyword). Jika artikel biasa ditulis tanpa memperhatikan kata kunci tertentu, yang penting isinya bermanfaat, penyajiannya menarik, enak dibaca, dan mudah dipahami. Tetapi untuk posting blog selain harus memperhatikan hal yang saya sebutkan tadi, juga dituntut untuk memperhatikan kata kunci yang akan di bidik dan komunikatif.

Karena dalam postingan blog target pembacanya adalah berasal dari mesin pencari, jadi mau tidak mau harus menyisipkan kata kunci dalam artikel tersebut agar mudah terindeks dan dikenali oleh google boot, dan dimaksudkan agar artikel posting tersebut dapat berada pada urutan pertama google search dengan berbagai macam kata kunci yang dibidik, itulah yang dinamakan artikel seo friendly.

Cara menulis artikel seo friendly

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menulis sebuah artikel seo friendly, meskipun hal ini tidak menjadi jaminan bahwa artikel anda akan tampil dihalaman pertama google, karena artikel seo friendly akan lebih optimal jika diposting pada sebuah blog/ website yang seo friendly juga, serta memiliki reputasi yang baik dimata google search.


1. Judul Artikel

Jika dalam artikel biasa pemberian judul sifatnya bebas, bahkan lebih cenderung unik dan menarik, tapi untuk artikel seo anda tidak bisa membuat judul yang asal-asalan. Karena judul tersebut nantinya akan menjadi hal pertama yang akan dikenali oleh google, jadi usahakan untuk membuat judul posting tersebut selain menarik juga mengandung kata kunci utama yang anda bidik. Misalnya padaposting ini saya beri judul "Cara menulis artikel seo friendly" karena memang isi dan keyword yang saya bidik adalah membahas tentang hal tersebut. Berbeda jika ini saya tulis pada sebuah buku, maka saya bisa memberikan judul apa saja yang penting orang tertarik untuk membaca artikel ini. 


2. Unik Artikel

Tulislah artikel yang original, unik dan menarik, bukan hasil dari copy paste atau spinner. Karena google lebih menyukai artikel yang original hasil dari kreatifitas anda sendiri. Terlebih jika anda bermaksud untuk memonetize blog anda, sangat disarankan sekali menggunakan artikel yang unik dan berkualitas. Untuk penjelasan tentang hal tersebut bisa anda baca disini: Cara menulis artikel yang original


3. Sisipkan keyword dengan baik

Sisipkan kata kunci utama yang anda bidik pada posting tersebut, caranya adalah dengan meletakkan pada paragraf pertama posting anda dan beberapa paragraf berikutnya. Sisipkan juga kata kunci turunan pada paragraf yang lain. Dalam pemasangan kata kunci tersebut usahakan anda buat secantik mungkin, agar tidak terkesan bahwa anda tampak memaksakan keberadaan kata kunci tersebut. Satu lagi, sisipkan kata kunci seperlunya saja, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit, karena jika kebanyakan justru akan melukai artikel seo anda, dan jika terlalu sedikit agak sulit terindeks oleh google.


4.  Gunakan Link dan Anchor text

Berbeda dengan artikel biasa yang tidak fasilitas link, bagaimana mau dikasih link dan anchor text, kan dicetak dalam bentuk buku. Untuk artikel posting agar lebih seo friendly gunakan satu link yang menuju ke halaman homepage blog, satu link menuju halaman posting yang sedang anda buat, dan beberapa link yang menuju ke halaman lain pada blog anda. Anda juga dapat memasukkan link ke halaman website/ blog diluar blog anda, jika memang hal tersebut dirasa perlu.

Dalam setiap link tersebut gunakan anchor text agar tidak terlalu mengganggu kenyamanan pembaca dan terkesan natural. Lakukan beberapa variasi pada anchor text tersebut, misalnya dengan pemenggalan kata, sinonim kata, atau penambahan kata.


5. Gunakan gambar

Penggunakan gambar atau image selain untuk mempercantik tampilan, memperjelas penyampaian, juga menambah kualitas seo artikel anda, karena gambar juga akan dibaca oleh google search, terutama pada pencarian gambar. Gunakan gambar unik dengan kualitas yang baik, dan jangan asal comot gambar dari google, karena ada beberapa gambar yang memiliki hak cipta. Jika gambar yang berhak cipta tersebut anda gunakan pada artikel anda tentu akan membawa dampak yang buruk buat blog anda.

Akan lebih baik jika anda memasang gambar hasil kreatifitas sendiri, atau bisa juga dengan mengambil gambar dari situs yang bersifat open, misalnya seperti photobucket, sosial media, dan lain sebagainya. Beri judul, nama file, dan anchor text pada gambar tersebut dengan kata kunci yang anda bidik.


6. Panjang Artikel

Jumlah kata atau panjang artikel sangat menentukan kualitas artikel posting yang anda tulis. Usahakan untuk menulis artikel posting dengan sabar sehingga jumlah kata pada posting anda minimal 300 kata, lebih bagus lagi jika anda sanggup menulis artikel dengan panjang 1000-2000 kata. Tapi tentu hal tersebut akan sangat melelahkan dan memerlukan kreatifitas dan keahlian dalam penulisan. Jika anda sudah mulai kehabisan ide untuk menulis sebuah artikel silahkan baca disini: Solusi saat kehabisan ide menulis.


Itulah sedikit cara menulis artikel seo yang dapat saya bagikan kepada anda semua, tetap semangat untuk selalu menulis dan menulis agar blog anda semakin jaya di udara. Semoga bermanfaat.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top