Cara Optimasi SEO Website

Hallo Nda.. Berbicara tentang optimasi seo yang terkadang membuat kita pusing tujuh keliling sebenarnya hanya terbagi menjadi 2 bagian saja, yaitu Cara Optimasi Seo On Page dan Optimasi Seo Off Page. Tapi istimewanya dari kedua teknik SEO tersebut jika dikupas lebih dalam lagi maka bisa terbagi menjadi banyak bagian, dan ketika dibahas mungkin tidak selesai dalam waktu satu tahun, karena mempelajari seo itu tidak ada habisnya walaupun sebenarnya hanya itu-itu saja.
cara-optimasi-seo-website
Dalam mengoptimasi seo website tidak ada pakem tertentu yang menjamin bahwa jika anda menggunakan salah satu atau bahkan semua teknik seo kemudian website anda akan menjadi nomor 1 dihalaman google search. Karena ternyata teknik seo itu susah-susah gampang, dan terkadang tidak sesuai dengan yang kita bayangkan, karena sebenarnya seo itu mutlak milik mbah google, kita cuma berupaya supaya mbah google mencintai blog kita. hehehe..

Contoh kasus: Mungkin agan pernah melihat sebuah blog asal-asalan dan tidak terawat dengan alexa rank masih jutaan, pagerank 0, artikel pendek dan biasa-biasa saja dan tidak seo friendly, template biasa saja, pokoknya tidak ada yang istimewa dari blog tersebut. Tapi anehnya justru blog tersebut nangkring dihalaman pertama google search engine, dan berada diatas website kita yang jelas-jelas dirawat dengan sudah payah.

Tapi pernah juga saya mendapati salah satu artikel saya yang murni hasil copa dari beberapa artikel kemudian saya gabung menjadi satu, justru malah berada dihalaman pertama bahkan posisinya diatas wikipedia. Kalau saya perhatikan artikel tersebut sama sekali tidak seo friendly karena memang hanya salah satu materi tugas kuliah yang saya posting ke blog tanpa edit sedikitpun.

Aneh bukan? tapi itulah hebatnya seo, tidak ada jaminan yang pasti, yang jelas kita hanya bisa belajar dan mempraktekkan teknik seo blog tersebut dengan benar sambil berdo'a semoga semua artikel dalam website bisa tembus halaman pertama google search engine.

1. Cara Optimasi Seo Onpage

Seo onpage adalah teknik seo yang dilakukan didalam website/ blog itu sendiri, contohnya seperti dengan penggunaan kode css, html, meta tag, meta keyword, meta name, dan settingan internal lainnya didalam website tersebut.

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan seo onpage tersebut baik dengan mengoptimalkan settingan yang sudah ada pada halaman dashbord,  menggunakan plugin, penambahan koding secara manual, teknik penulisan posting, dan lain sebagainya.

A. Optimasi seo website dengan Title tag
 
Masukkan kata kunci utama posting pada bagian title tag, karena bagian ini nantinya akan mencadi acuan pertama bagi google search untuk menemukan artikel yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Title tag ini biasanya terletak pada judul posting, biasanya berada pada area H1.

B. Optimasi seo website dengan Meta Description
 Meta description ini merupakan bagian kedua yang akan dibaca oleh google search, karena ini merupakan deskripsi singkat dari artikel yang anda buat. Panjang meta desription ini usahakan jangan lebih dari 150 karakter, dan jangn lupa sisipkan juga kata kunci didalam meta deskripsi tersebut.

C. Optimasi seo website dengan URL Yang Seo Friendly

Alamat url atau link dari sebuah posting yang anda buat pada sebuah blog ternyata sangat berperan sekali terhadap kualitas seo dan hasil penelusuran google. Buatlah alamat url yang singkat, padat, jelas, dan seseuai dengan kata kunci. Contohnya: Untuk posting yang saya tulis ini saya buat seo mungkin dan sesuai dengan judul posting, http://www.bocahsoenyi.com/2016/04/cara-optimasi-seo-website.html, dengan harapan url tersebut dapat terindeks dengan baik oleh google search engine.

D. Optimasi seo website dengan Internal Link dan Eksternal Link

Salam sebuah posting akan lebih disukai google jika mengandung internal link dan eksternal link yang isinya berkaitan atau relevan dengan topik yang sedang anda tulis. Paling tidak tanamkan 1 link ke halaman homepage website anda, 1 link ke halaman posting blog anda yang lain, dan 1 link kehalaman posting yang sedang anda tulis, dan 1 link ke website lain yang memiliki topik bahasan yang sama.

E. Optimasi seo website dengan Gambar

Sisipkan minimal satu gambar kedalam tiap artikel yang anda buat, dan jangan lupa sisipkan Alt tag disetiap gambar tersebut. Selain memiliki nilai terhadap seo, gambar juga dapat membantu menjelaskan kepada pembaca tentang artikel yang anda buat, sekaligus sebagai pemanis tampilan website anda agar tampak lebih menarik dan visitor juga menjadi lebih betah mengunjungi website anda.

F. Optimasi seo dengan Membuat Posting Yang Original dan Berkualitas

Banyak orang bilang bahwa satu posting yang original dan berkualitas lebih baik daripada 10 posting hasil copy paste. Jadi ketika menulis sebuah artikel usahakan untuk menulis artikel yang original, unik, menarik, dan berkualitas, jangan hanya sekedar mengejar kuantitas saja.

Meskipun hanya 1 atau 2 artikel dalam sehari namun jika semua artikel yang anda posting tersebut semua bisa tembus halaman pertama google search, saya yakin jika blog anda sudah berisi 1000 artikel atau lebih maka pendapatan anda setiap bulan sudah bisa untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Syarat artikel berkualitas
  • Bermanfaat bagi pembaca
  • Mudah dimengerti dan dipahami
  • Mengandung keyword utama dan keyword turunan
  • Panjang artikel minimal 500 kata
  • Lolos copyscape
  • Mengandung link dan gambar
Baca: Cara menulis artikel yang original dan berkualitas.

2. Cara Optimasi Seo Off Page

Pengertian Seo Off page adalah sebuah strategi seo yang dilakukan dari luar situs website anda yaitu dengan teknik backlink. Backlink tersebut bisa didapat dari saling tukar link secara manual dengan website lain yang memiliki topik pembahasan yang sama, dengan menanam link melalui komentar, submit artikel ke forum/ website lain,  dan lain sebagainya. Yang intinya adalah membangun website anda melalui situs-situs lain/ diluar website anda sendiri.

A. Optimasi seo website melalui social bookmark

Teknik ini merupakan salah satu strategi seo off page yang sangat mendasar sekali, caranya yaitu dengan mensubmit atau menanam link halaman posting atau link halaman utama website anda kedalam beberapa social bookmark yang telah memiliki pagerank tinggi. Lebih baik lagi jika url tersebut ditanam di social bookmark yang dofollow seperti Digg, Reddit, Pinteres, dan lain sebagainya.
Baca: Cara submit artikel ke digg social bookmark

B. Optimasi seo website melalui forum

Ini merupakan salah satu teknik seo yang paling saya sukai, yaitu dengan cara aktif menulis atau mensubmit beberapa posting blog kedalam website forum. Oiya jangan lupa untuk menanam link didalam forum tersebut yang menuju halaman website anda.
Aktif di forum selain baik untuk seo website juga dapat menambah ilmu, berbagi ilmu, juga menambah teman dan saudara. Karena dengan membaca dan saling komentar diforum tentu selain menambah pengetahuan juga menambah teman. Terutama untuk forum-forum yang sudah cukup besar seperti ads.id, kaskus, bersosial, kompasiana, dan lain sebagainya.

C. Optimasi seo website melalui social media

Ini adalah teknik yang paling gampang, meskipun sebagian orang menganggap ini bukan termasuk dalam
kategori teknik seo off page, tapi kenyataannya dengan menshare artikel ke social media dapat mendatang ribuan visitor perhari.

Caranya anda tinggal membagikan artikel posting website anda ke media social seperti facebook, twitter, instagram, google+, dan lain sebagainya. Dan diharapkan ketika ada orang yang tertarik dengan artikel yang anda share mereka akan membuka link url tersebut, dengan demikian visitor website anda akan bertambah. Teknik ini cukup manjur, terutama untuk orang-orang yang sudah memiliki ribuan bahkan jutaan follower, misalnya seperti public figur.

D. Optimasi seo dengan jasa periklanan

Sebagai seorang blogger atau publisher adsense selain anda menjadi pengiklan yang menampilkan iklan milik orang lain, anda juga bisa memasang iklan atau menggunakan jasa pengiklan untuk mempromosikan website anda. Jadi istilahnya untuk memancing ikan besar harus menggunakan umpan yang besar pula.

Anda bisa mempromosikan website anda melalui iklan berbayar seperti Google Adword, Iklan facebook, atau iklan banner pada website-website besar semacam detik.com, kompas, okezone, dan lain sebagainya.

Dan satu lagi, ternyata mengetik panjang lebar agar posting masuk dalam kategori artikel yang berkualitas itu cukup melelahkan dan menyita waktu juga ya.. Jadi saya kira cukup sampai disini saja teknik dan cara optimasi seo website yang dapat saya tuliskan hari ini, karena kepala saya sudah mulai muncul bintang-bintangnya. Percaya gak percaya jika anda melakukan dengan benar teknik seo yang saya tuliskan ini, insya allah website anda akan lebih baik dari blog saya ini. Sekian dan semoga bermanfaat.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top