Pengertian Blog Dan Website

Hallo Nda.. Hari ini saya seperti kehabisan ide, linglung dan limbung mau menulis artikel tentang apa. Hampir 2 jam hanya didepan pc tanpa menghasilkan apa-apa, hanya melototin dashbord blog dan melihat statistik visitor dari hari kehari yang alhamdulillah terus meningkat, akhirnya saya kepikiran kenapa saya tidak menulis tentang hal yang paling mendasar dari blogspot ini. Hampir setiap hari saya berbagi tips dan tutorial blog sederhana, tapi saya malah belum menulis tentang apa pengertian blog itu sendiri. Padahal itu adalah hal yang paling mendasar dari blog, tapi justru kebanyakan orang mengabaikan akan hal itu, mungkin termasuk saya dan anda.
Pengertian blog

Pengertian blog

Blog adalah kependekan dari Web Log, atau secara lebih detailnya adalah sebuah diary atau catatan pribadi yang sengaja ditulis dan disimpan secara online dengan tujuan agar dapat dibaca oleh orang lain. Jadi bisa dibilang orang yang sukamenulis di blog pribadi itu adalah termasuk orang yang narsis, betul tidak?. Namun seiring perkembangan jaman akhirnya blog menjadi berubah fungsi, yang dulunya hanya sebatas catatan pribadi saja, sekarang bisa menjadi sebuah media untuk menghasilkan dolar, bahkan bisa menjadi sebuah pekerjaan tetap (fulltime blogger)

Dengan demikian sekarang banyak orang membuat blog bukan lagi sebagai catatan pribadi, melainkan sebagai tempat untuk menyediakan berbagai macam informasi kepada orang lain yang membutuhkan. Mulai dari informasi ekonomi, politik, bisnis, olah raga, teknologi, lifestyle, tutorial blog, dan masih banyak lagi informasi lainnya yang dapat kita temukan di internet berkat jasa dan partisipasi para penulis blog (blogger) tersebut.

Para blogger tersebut kemudian menjalin kerjasama dengan jasa periklanan online seperti Adword/ Google adsense, Kliksaya, Chitika, dan yang lainnya. Agar ketika pengunjung blog mengeklik baik secara sengaja atau tidak sengaja terhadap iklan tersebut, maka secara otomatis pemilik blog akan mendapatkan penghasilan dari pengiklan tersebut.

Dengan adanya kerjasama tersebut maka terjalinlah sebuah simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) dimana para pembaca bisa memperoleh informasi yang dicari, penulis blog mendapatkan komisi iklan, dan pengiklan bisa mempromosikan produknya kepada khalayak ramai.

Pengertian Website

Pengertian website
Website atau sering disingkat dengan istilah Web saja, adalah sebuah tempat untuk menyimpan berbagai macam informasi baik itu berupa teks, gambar, video, data, suara, koding, dan lain sebagainya yang disimpan secara online dan dapat dibaca oleh orang yang membutuhkan informasi tersebut. Tapi meskipun demikian website ada yang bersifat khusus dan ada yang bersifat umum dan ada yang privat.
Artinya ada website yang bebas diakses oleh semua orang dan ada pula website yang hanya dapat diaksese oleh orang-orang tertentu yang memilki akses login kedalam website tersebut.

Macam-macam website
  • Website Statis > adalah jenis website yang isi atau konten yang ada didalamnya hanya itu-itu saja. Website jenis ini biasanya adalah seperti website profil perusahaan misalnya www.jaacucisofa.com yang merupakan website yang menyediakan informasi tentang cuci sofa. atau website tool seperti ceksite.com, yang merupakan tempat untuk mengechek harga website secara online.
  • Website Dinamis > merupakan jenis website yang isi dan kontennya selalu update dan berubah-ubah setiap saat, karena memang website jenis ini selalu memberikan informasi yang up to date kepada para pembaca. Website semacam ini biasanya digunakan pada web portal berita seperti detik.com, kompas, okezone, dan lain sebagainya.
  • Website Interaktif > adalah website yang paling disukai oleh para blogger seperti saya, karena website jenis ini merupakan tempat saling berinteraksi pengunjung dan pemilik web. Biasanya setiap pengunjung yang sudah terdaftar sebagai member dapat berkontribusi menulis sebuah posting, dan saling mengomentari posting, bahkan saling beradu argumentasi. Website jenis ini biasanya digunakan dalam sebuah web forum seperti bersosial, kaskus, ads.id, dan yang lainnya.
Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian blog dan pengertian website yang dapat saya bagiakan kepada anda semua. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini saya dan anda bisa menjadi lebih tahu apa itu blog dan apa itu website. Sekian dan terima kasih.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top