Pengertian Google Sandbox Adalah

Apa pengertian google sandbox? pertanyaan ini pernah muncul dikepala saya terutama ketika pertama kali saya mendengar istilah google sandbox tersebut. Meskipun saya sudah cukup lama mendengar istilah google sandbox, tapi jujur saya mengetahui pengertiannya secara utuh baru akhir-akhir ini saja, karena dulu saya hanya sebatas tahu bahwa google sandbox adalah penalty dari google terhadap suatu blog, itu saja. Dan setelah itu saya sudah tidak berusaha mencari tahu kagi, karena alhamdulillah blog ataupun website saya tidak ada yang terkena google sandbox.
google sandbox adalah
Google sandbox adalah satu hal yang cukup ditakuti oleh bara blogger, terutama mereka yang suka dengan hal-hal yang instant dan menghalalkan banyak cara untuk mendongkrak SEO dan SERP suatu blog, nah biasanya cara-cara instant tersebutlah yang dapat menyebabkan blog terkena google sandbox, misalnya dengan menggunakan metode spamming, dan blackhat seo.

Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa pengertian google sandbox adalah salah satu jenis penalty dari pihak google yang diberikan kepada blog atau website sehingga mengakibatkan website atau blog tersebut hilang dari google search engine (google serp), atau istilah lainnya adalah deindex google.

Biasanya blog yang terkena google sandbox tiba-tiba akan hilang dari google search atau google serp, yang tadinya posisinya berada dihalaman pertama, bisa secara tiba-tiba hilang dan entah posisinya berada dihalaman berapa. Ini adalah akibat bahwa blog tersebut sedang dipenjara oleh google sandbox, dikarenakan blog tersebut dianggap melanggar aturan google.

Jenis google sandbox sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu google sandbox yang mendeindex satu blog penuh (url utama blog) sehingga semua halaman blog tidak akan terindex oleh google search, dan google sandbox yang hanya mendeindex beberapa halaman posting saja, jadi masih ada halaman posting lain yang terindeks dengan baik oleh google search.

Penyebab blog terkena google sandbox

Blog yang mendapatkan hukuman dari google melalui google sandbox biasanya adalah blog yang melakukan optimasi terlalu berlebihan, baik itu optimasi seo secara onpage maupun offpage. Misalnya untuk blog yang digunakan untuk kontes seo, biasanya mereka akan melakukan optimasi secara berlebihan bahkan tidak jarang menggunakan teknik spamm dan blackhat seo yang jelas dilarang oleh google karena menyalahi aturan yang direkomendasikan oleh google.

Optimasi seo berlebihan yang memicu terkena google sandbox antara lain adalah terlalu banyak backlink yang sangat berlebihan, terlalu banyak menggunakan kata kunci yang dibidik, terlalu sering melakukan ping, dan masih banyak lagi.

Selain itu artikel yang murni hasil copy paste juga sangat rentang sekali terkena google sandbox, terlebih jika artikel copas tersebut tidak mencantumkan sumbernya, sehingga ketika si pemilik artikel tidak merestui bahwa artikelnya di copas sembarangan oleh anda, maka bisa jadi si pemilik artikel melaporkan blog anda ke google DMCA. Jadi jangan heran jika blog hasil copy paste akan dengan mudah hilang dari google indeks.

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian google sandox beserta penyebabnya, semoga dengan membaca ulasan ini, anda bisa semakin berhati-hati dalam mengoptimalkan seo blog anda agar tidak terkena google sandbox, Semoga bermanfaat..
Tag : Seo, Tips NgeBlog
Back To Top