Pengertian SEO (Search Engine Optimation) Dan Fungsi SEO

Pengertian SEO adalah? Arti seo adalah? Manfaat dan fungsi seo adalah? Bagaimana cara optimasi seo website? Pertanyaan-pertanyaan itu sering muncul dibenak para blogger, termasuk saya salah satunya. Banyak orang belajar tentang seo, mereka rela menghabiskan banyak uang, banyak waktu, dan tenaga hanya untuk mempelajari tentang strategi seo. Banyak orang menawarkan jasa seo, menjual ebook tentang seo, membuka kursus untuk mempelajari tentang seo. Hal-hal tersebut membuat kita semakin penasaran, apa sih sebenarnya seo itu? kok sampai segitu pentingnya?
Pengertian SEO
Pada posting kali ini saya akan sedikit mengulas tentang semua pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dibenak anda, yaitu pertanyaan tentang SEO. Dengan harapan setelah anda mengerti tentang apa itu seo, maka akan semakin mudah bagi anda  untuk mempelajari seo tersebut. Karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa seo merupakan sebuah hal yang wajib diketahui oleh para internet marketing khususnya blogger. Sangat aneh sekali jika anda mengaku seorang blogger tapi tidak memahami dan mengerti tentang pengertian seo dan istilah-istilah yang terdapat dalam seo.

1. Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimation adalah sebuah teknik tertentu yang dilakukan secara sistematis guna untuk meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung suatu website/ blog yang berasal dari mesin pencari (search engine) dengan memanfaatkan mekanisme kerja dari si mesin pencari tersebut (google, yahoo, bing, dan lain sebagainya).

Jadi seo sebenarnya adalah sebuah cara untuk meningkatkan traffik blog yang berasal dari search engine, entah siapa yang pertama kali menemukan teknik seo ini, yang jelas bukan saya dan juga bukan anda. Karena kita sama-sama masih belajar seo dan hanya menjadi penikmat dari teknik seo tersebut. Menurut informasi teknik seo ini pertama kali digunakan pada 26 juli 1997, jadi sekitar 2 bulan lagi kita akan memperingati hari ulang tahun seo. Yukk kita sama-sama berdoa semoga seo panjang panjang umur dan awet selalu.

Meskipun bukan penemu seo dan masih belajar tentang seo, disini kita diberi kebebasan untuk dapat mengembangkan/ memodifikasi teknik seo tersebut sesuai dengan penelitian, percobaan, dan kemampuan logika yang kita miliki. Karena seo itu tidak ada pakemnya, dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi internet, bisa jadi hasil coba-coba kita justru bisa menjadi sebuah strategi seo yang cukup jitu.

2. Fungsi dan tujuan SEO

Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa tujuan dan fungsi seo adalah untuk mendapatkan pengunjung blog yang berasal dari mesin pencari. Logikanya adalah bagaimana caranya agar blog/ website anda bisa berada dihalaman pertama google search, karena jika blog bisa berada dihalaman pertama dengan berbagai macam kata kunci tentu akan banyak orang yang mengunjungi blog/ website tersebut.

Itulah tujuan seo, sehingga membuat semua blogger berlomba-lomba untuk bisa masuk halaman pertama google search dengan kata kunci yang mereka inginkan. Sedangkan ada jutaan blog diseluruh dunia ini yang memiliki tujuan yang sama yaitu ingin web nya berada dihalaman pertama google. Jadi sangat beruntung sekali jika salah satu artikel dari blog agan yang bisa menduduki halaman pertama google search, meskipun hanya untuk kata kunci tertentu saja.

3. Macam Jenis SEO

Sebenarnya hanya ada dua jenis seo didunia ini yaitu seo onpage dan seo offpage, tapi dari kedua hal tersebut jika diurai lagi maka sampai luntur semua abjad di keyboard pc saya, tidak akan mampu untuk mengurai semua yang ada dari kedua macam seo tersebut. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang seo onpage dan seo offpage akan saya ulas pada posting-posting selanjutnya.

Update >> Untuk ulasan tentang optimasi seo on page dan seo off page baca : Optimasi seo website

4. Teknik SEO

Sama halnya dengan jenis seo, pada teknik seo ini juga hanya dibagi menjadi dua macam yaitu, teknik white hat seo dan black hat seo. Penjelasannya adalah sesuai dengan namanya kalau white itu putih yang bisa diartiken dengan bersih atau baik, sedangkan black adalah hitam yang dapat diartikan kotor atau buruk. Jadi teknik white hat seo adalah teknik seo yang baik, yang legal, yang benar. Sedangkan teknik black hat seo adalah teknik seo yang buruk, yang salah, yang kotor, yang curang.

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian seo dan hal-hal yang berhubungan dengan seo menurut pemahaman bodoh saya. Intinya sebagai seorang blogger atau internet marketing mempelajari ilmu seo itu sangat penting sekali, karena salah satu senjata seorang blogger selain konten web adalah seo web. Jadi bagaimanapun juga untuk saat ini seorang blogger tidak akan bisa lepas dari yang namanya seo, entah jika esok ada kebijakan baru dari google tentang seo. Dimana google akan mengabaikan seo dan hanya fokus pada artikel dan konten, tapi saya rasa itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini. Sekian dan semoga bermanfaat.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top