Penyebab Loading Blog/ Website Lambat

Penyebab loading blog lambat biasanya karena dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun dari kedua faktor tersebut sama-sama memiliki peran terhadap kinerja blog anda, jadi ketika loading blog anda lambat, maka kedua faktor tersebut harus sama-sama diperhatikan, tidak boleh ada yang diabaikan. Karena performa blog sangat erat kaitannya dengan popularitas dan pendapatan.
penyebab loading blog lambat
Faktor internal adalah faktor yang terjadi didalam website itu sendiri, misalnya seperti template yang berat karena terlalu banyak mengandung javascript, file flash, audio, gambar, dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan loading website menjadi terasa berat atau bahkan susah untuk diakses.

Faktor eksternal adalah yang terjadi diluar dari website tersebut yang menjadi penyebab loading website lambat. Adapun faktor eksternal tersebut bisa berasal dari perangkat (pc/mobile) ataupun dari koneksi internet.

Penyebab Utama Loading Blog Menjadi Lambat

1. Tempalate atau tema blog yang terlalu berat
Template yang terlalu banyak mengadung kode script html dan java script akan membuat loading blog menjadi terasa berat alias lemot, Selain itu terlalu banyaknya pernak-pernik widgets juga akan mengurangi kecepatan dan kinerja blog tersebut. Jadi usahakan untuk meminimalisir widgets yang anda gunakan, dengan cara menghapus widgets yang tidak terlalu penting.

2. Terlalu banyak space iklan
Kolom iklan yang berseliweran didalam sebuah website selain mengganggu kenyaman visitor juga dapat mengurangi kecepatan loading, karena iklan-iklan tersebut biasanya menggunakan gambar atau flash yang tentunya ukuran filenya cukup besar. Selain itu iklan ppc selain google adsense juga menjadi penyebab loading blog menjai lambat.

3. Ukuran gambar posting yang terlalu besar
Penggunaan gambar pada sebuah posting memang memiliki fungsi yang cukup besar, selain memperbaiki seo, mempercantik tampilan posting, juga mempermudah pembaca dalam menerima informasi yang anda berikan. Terlebih untuk posting yang membahas tentang tips dan cara, tentu diperlukan gambar-gambar pendukung yang cukup banyak. Meskipun demikian anda harus memperhatikan size gambar tersebut, usahakan untuk mengupload gambar dengan ukuran 50KB saja, jangan mengupload gambar yang berukuran besar, misalnya 1MB. Karena hal tersebut tentu akan memberatkan proses loading blog.

4. Gangguan pada hosting/ server
Jika anda pengguna blogspot.com atau wordpress.com tentu tidak akan bermasalah dengan server, karena kedua server tersebut sudah terbukti memiliki kinerja yang fantastis. Meskipun jutaan user mengakses server tersebut, tapi hampir tidak pernah mengalami yang namanya server down.

Berbeda jika anda pengguna hosting dan server mandiri seperti layanan web hosting, meskipun sifatnya berbayar namun tidak jarang server tersebut mengalami down. Terlebih untuk server lokal yang tidak dapat saya sebutkan namanya disini.

5. Koneksi internet yang lambat
Cek sambungan internet yang anda gunakan, jika jaringan internet tersebut lambat maka secara otomatis anda akan kesulitan membuka situs atau website apapun. koneksi internet lambat bisa disebabkan oleh provider yang anda gunakan, lokasi tempat anda berada, atau mungkin perangkat modem yang anda gunakan, dan masih lagi penyebab terjadinya koneksi internet lambat.

6. Speck perangkat yang kurang memadai
Specifikasi perangkat yang anda gunakan untuk mengakses blog tersebut ternyata juga sangat berpengaruh, misalnya anda menggunakan handphone atau pc yang sudah jadul yang specknya masih sangat rendah, tentu akan terasa lemot sekali ketika anda hendak mengakses internet.

Point ke 6 ini mungkin sebenarnya tidak termasuk dalam kategori penyebab loading blog lambat, tapi tidak apa lah, anggap saja sebagai pelengkap artikel ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Back To Top