Beberapa Penyebab Terjadinya Banned Google Adsense

Banned google adsense? Alhamdulillah sampai saat ini saya belum pernah mengalaminya, dan mudah-mudahan tidak akan pernah mengalaminya. Karena jika sampai akun adsense kena banned tentu hal tersebut akan terasa menyakitkan dan cukup membuat frustasi, bahkan mungkin rasanya lebih menyakitkan ketimbang putus cinta, karena memang kebanyakan blogger sudah terlanjur jatuh cinta kepada google adsense, makanya tidak jarang dari mereka yang sakit hati karena ditolak atau bahkan diputusin adsense.
penyebab banned adsense
Ada beberapa penyebab terjadinya banned adsense yang terkadang tidak kita sadari, karena memang TOS google adsense sangat ketat sekali, seperti yang telah dijelaskan dalam peraturan dan kebijakan adsense yang tentunya harus kita pahami dan taati, jika masih ingin berhubungan dan cinta-cintaan dengan sang adsense.

Penyebab banned adsense tersebut bisa berasal dari internal blog (akibat kesalahan si pemilik blog) dan bisa juga berasal dari eksternal blog (kesahan orang lain/ pengunjung blog). Jika banned tersebut berasal dari kesalahan anda si pemilik sendiri mungkin anda masih sedikit legowo, tapi jika ternyata banned adsense tersebut terjadi karena ulah spammer dan orang yang iseng, tentu hal tersebut akan terasa menyakitkan sekali. Karena anda sudah capek-capek membangun blog dengan hati-hati dan merasa sama sekali tidak menyalahi aturan adsense, ehh ternyata malah ada orang iseng yang menyebabkan akun adsense anda di banned. Pasti rasanya akan nyesek sekali, sama halnya seperti diputusin pacar padahal anda tidak salah apa-apa.

Adapun beberapa penyebab banned adsense antara lain adalah sebagai berikut:

Klik iklan sendiri secara sengaja/ tidak sengaja


Dengan sengaja mengklik iklan sendiri dengan tujuan untuk menambah earning atau hanya sekedar coba-coba saja, sangat tidak dianjurkan bahkan dilarang oleh google adsense. Jangankan sengaja klik iklan, wong secara tidak sengaja ngeklik iklan tersebut saja juga tidak dianjurkan. Jadi sebagai publisher adsense, jangan sekali-kali untuk mengklik iklan anda sendiri, karena bisa fatal akibatnya. Gunakan plugin Adblock Plus sebagai antisipasi agar iklan adsense tidak di klik sendiri.

Jika sudah terlanjur kejadian anda mengklik iklan sendiri, sebaiknya segera mengadukan ke pihak adsense dihalaman ini https://support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact, karena sebenarnya google adsense telah memaklumi adanya aktifitas froud klik tersebut.

Kesalahan pemasangan kode iklan


Google adsense sebenarnya telah memberikan peraturan dan kebijakan adsense secara jelas dan lengkap, namun terkadang kita sebagai publisher adsense kurang memperhatikan hal tersebut, sehingga cenderung ngawur dalam meletakkan kode iklan adsense didalam blog. Untuk akun adsense standart peraturannya adalah cukup meletakkan maksimal 3 macam unit iklan yang sama, yaitu maksimal 3 buah unit iklan banner, 2 buah unit iklan kotak pencarian, dan 3 buah unit iklan tautan.

Selain itu kode iklan adsense juga tidak boleh diletakkan sembarangan, misalnya meletakkan iklan dengan metode sticky widget, yaitu widget yang tetap menempel ketika halaman blog di scroll kebawah. Atau meletakkan iklan dengan sistem iklan popup, yaitu iklan yang tiba-tiba muncul melalui halaman popup ketika blog dibuka.

Banned adsense juga bisa terjadi ketika anda sengaja memenipulasi iklan adsense, dengan tujuan orang secara tidak sengaja akan mengklik iklan anda, karena letak iklan anda terkesan menyerupai menu atau konten blog itu sendiri.

Komentar Spam


Kolom komentar pada sebuah blog, selain memiliki beberapa kelebihan seperti membuat pemilik blog bisa lebih komunikatif dengan pembaca dan menambah teman sesama blogger, ternyata juga memiliki kekurangan yang cukup memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan blog itu sendiri. Karena komentar yang masuk kedalam blog selain dari orang yang benar-benar ingin bertanya atau berdiskusi dengan tema posting yang anda tulis, biasanya juga terdapat komentar spam yang hanya mengejar backlink dari blog anda.

Nah komentar spam tersebut dapat menyebabkan terjadinya banned adsense jika isi dari komentar spam mengandung unsur yang dianggap melanggar peraturan google adsense. Untuk mengatasi agar hal tersebut tidak terjadi pada blog anda, sebaiknya anda memfilter terlebih dahulu semua komentar yang masuk kedalam blog sebelum dipublikasikan. Sehingga dengan demikian ketika ada komentar spam atau komentar yang tidak sesuai dengan tema posting, anda bisa langsung mendelete atau menandainya sebagai spam. Selain itu jika memang anda menyediakan kolom komentar pada blog, sebaiknya anda rutin mengecheck status akun adsense anda setiap hari, sebagai antisipasi jika ternyata anda dianggap melanggar kebijakan adsense, maka anda bisa dengan segera memperbaiki kesalahan tersebut. Karena biasanya pihak adsense hanya akan memberikan tenggang waktu 3 hari dari peringatan yang diberikan, jika selama 3 hari tidak ada perbaikan, maka kemungkinan adsense akan di banned sementara.

Artikel Copy Paste


Sebaiknya anda menghindari yang namanya copy paste (full copy paste) tanpa menyertakanan atau mendapatkan ijin dari si penulis aslinya, karena selain berpotensi mendapatkan banned adsense dan banned google search, seorang blogger anda juga harus memiliki etika dalam ngeblog.

Kita boleh melakukan copy paste tapi mbok ya jangan 100 persen, ada beberapa paragraf yang diedit, dikurangi atau ditambahi, lebih bagus lagi jika anda mau menulis ulang artikel dengan gaya bahasa yang anda miliki, dan sesuai dengan ciri khas anda sendiri.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab terjadinya banned adsense yang perlu anda ketahui, sebagai antisipasi sekaligus menjaga kesehatan akun adsense anda. Karena sekarang ini proses pendaftaran akun adsense semakin sulit, jadi sayang sekali jika akun adsense anda terkena banned. Mari kita berdo'a semoga akun adsense kita aman selamanya. Amiin..

 




Back To Top