Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula

Tips Ngeblog sudah banyak sekali kita temukan di google search, bahkan ketika anda mengetik kata "blog" ada jutaan posting yang membahas tentang tips ngeblog tersebut, entah itu dalam bahasa inggris ataupun dalam bahasa indonesia. Tapi yang namanya ngeblog itu bukanlah sesuatu yang instant, memang sih untuk membuat sebuah blog hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja, tapi untuk mengelola dan memaksimalkan blog tersebut dibutuhkan waktu seumur hidup.
tips ngeblog untuk pemula
Terlebih jika anda berniat untuk menjadikan blog sebagai mata pencaharian, seperti yang telah banyak dilakukan oleh para blogger sukses yang mampu meraup ribuan dolar dalam sebulan. Semua itu tidak bisa terjadi secara tiba-tiba, butuh ilmu, biaya, usaha, kerja keras, semangat, kreatifitas, dan waktu yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus-menerus.

Sekarang sedikit lupakan dulu tentang uang ribuan dolar setiap bulan, karena disini anda baru tahap awal atau tahap belajar membuat blog. Yang terpenting adalah bagaimana anda mengerti dan menguasai sedikit demi sedikit tips dan trik mengoptimalkan blog anda, sehingga lambat laun popularitas blog anda akan menjadi semakin baik dimata google search, mempunyai banyak konten yang berkualitas, dan tentunya dengan harapan banyak mendatangkan ribuan visitor setiap harinya. Jika hal tersebut sudah terpenuhi, maka dolar akan dengan mudah masuk kedalam rekening anda.

Hal Mendasar Tentang Blog

1. Tujuan ngeblog
tujuan ngeblog
Tentukan apa tujuan anda ngeblog, apakah hanya sekedar mengisi waktu luang dengan hobby menulis dan narsis, mempromosikan/ menjual produk dan jasa (bisnis) anda, atau ingin serius menjadi blogger dan bergelut dibidang internet marketing dengan menyediakan berbagai macam informasi untuk menarik banyak pengunjung kedalam blog monetize anda.

2. Macam-macam blog

Ada 5 jenis macam blog yang dapat dikategorikan berdasarkan isi dan fungsinya
macam-macam blog
A. Blog pribadi (Personal blog)
Adalah jenis blog yang diperuntukkan hanya sekedar untuk mengisi waktu luang sekaligus menyalurkan hobby. Blog seperti ini biasanya hanya berisi tentang catatan harian seseorang yang sifatnya terbuka dan bisa dibaca oleh siapa saja. Isi atau konten dari blog biasanya bermacam-macam atau sering disebut dengan istilah blog gado-gado.

Blog pribadi biasanya tidak dimonetize, karena sang pemilik hanya dengan menulis, berbagi informasi dan curahan hati kepada banyak orang, blognya banyak dikunjungi orang lain, itu sudah cukup membuat sang pemilik blog merasa puas. Kalaupun ada blog pribadi yang dimonetize biasanya hanya sekedar untuk iseng-iseng saja (daripada nganggur).
B. Blog Otoritas
Adalah sebuah blog yang dikelola secara serius oleh seorang/ beberapa orang blogger dan telah dimonetize dan memperoleh penghasilan baik itu dari jenis iklan ppc ataupun iklan mandiri. Blog otoritas memiliki ribuan konten didalamnya, karena sang pemilik blog fokus membuat posting sebanyak-banyaknya, terutama tentang hal yang sedang menjadi trending topik hari ini. Maka tak heran jika mereka bisa menghasilkan puluhan artikel posting setiap harinya.

Blog otoritas tidak terlalu memikirkan kata kunci, karena memang tidak mengandalkan mesin pencari sebagai sarana menggaet visitor. Mereka lebih mementingkan dapat menghasilkan banyak posting yang ternding topik dan menarik untuk dibaca. Karena blog jenis ini bisa mendapatkan visitor dari berbagai macam sumber, selain mendapatkan traffick dari mesin pencari, mereka biasanya juga memperoleh banyak traffick dari iklan dan sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

Maka jangan heran jika saat ini anda sering melihat banyak sekali iklan atau orang yang memposting tautan blog difacebook, karena dari situlah nantinya blog otoritas akan memperoleh traffick. Contoh blog otoritas ini antara lain adalah: pkspiyungan, arrahmah.com, dll

C. Blog Niche
Adalah kebalikannya dari blog otoritas, karena jika blog otoritas cenderung bersifat umum, maka blog niche ini lebih mementingkan konten dengan niche yang lebih specifik, sehingga dalam penulisan artikel sangat diperhatikan sekali yang namanya riset kata kunci, dan optimasi seo.

Maka tak jarang jika blog jenis ini hanya membahas satu topik yang itu-itu saja, misalnya blog dengan niche "tutorial blog" maka semua postingnya hanya membahas tentang tutorial dan tips blogspot. Demikian pula jika blog tersebut memiliki niche wisata, maka yang dibahas ya hanya seputar tentang tempat-tempat wisata saja.

Selain hal diatas, untuk mengoptimalkan blog jenis niche juga dibutuhkan pengetahuan tentang SEO dan SERP karena mereka fokus mendapatkan visitor dari mesin pencari, baik itu google, yahoo, bing, atau yang lainnya, karena nilai klik yang berasal dari mesin pencari jauh lebih besar jika dibandingkan dengan nilai klik adsense yang didapat dari social media.
Baca: Cara optimasi SEO website.

D. Blog Perusahaan
Banyak sekali perusahaan baik itu yang berskala besar, sedang, ataupun kecil sekarang ini sudah memanfaatkan media website untuk mempromosikan serta menginformasikan perusahaan mereka kepada khalayak ramai. Sebenarnya blog milik perusahaan meskipun berskala kecil tapi lebih sering disebut dengan istilah website. Misalnya seperti blog www.jasacucisofa.com, meskipun hanya menggunakan hosting kecil, tapi sudah lebih pantas disebut website daripada blog.

E. Blog Spam
Blog jenis ini adalah blog yang sifat dan kontennya hanya asal-asalan saja, biasanya mereka asal comot saja mengambil artikel copas seenaknya, maka tak jarang blog spam sering mendapatkan komplain dari pemilik artikel yang dicopas. Selain itu ada juga yang dikenal dengan istilah blog dummy yang saya rasa dapat dimasukkan dalam kategori blog spam.  Baca: Pengertian blog dummy.

3. Mambuat Blog

Setelah anda mengerti tentang pengertian blog, tujuan ngeblog, serta macam-macam blog, sekarang saatnya anda praktek untuk membuat sebuah blog sesuai yang anda inginkan. Apakah anda ingin membuat sebuah blog pribadi, blog otoritas, atau blog niche, yang jelas blog tersebut harus sesuai dengan tujuan utama anda ngeblog. Untuk tutorial serta tips cara membuat blog secara lebih lengkapnya silahkan baca disini: Cara membuat website gratis dengan blogspot.

4. Menulis Artikel/ Posting
Setelah anda membuat blog tentu anda harus mengisi blog tersebut dengan posting atau artikel-artikel yang sesuai dengan tema blog. Karena agar bisa dikenal google dan dikunjungi banyak orang, blog tersebut harus kaya akan konten dan artikel yang bermanfaat dan menarik.
Baca: Cara menulis posting yang menarik dan berkualitas.

5. Mempercantik tampilan/ template blog
Tampilan blog tidak kalah pentingnya dengan isi blog, karena meskipun sebuah blog dengan artikel yang baik, tapi jika templatenya berantakan dan berat saat diloading tentu orang akan malas mengunjungi blog tersebut. Karena template blog ini erat kaitannya dengan kenyaman pengunjung saat membaca isi artikel blog, sehingga jika template blog anda menarik dan enak dilihat, tentu visitor akan betah berlama-lama mengobrak-abrik seluruh isi blog anda. Baca: Cara mengganti template blogspot.

6. SEO/ Optimasi blog
seo blog
 Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa blog jenis apapun pasti tidak bisa lepas dari yang namanya SEO. Meskipun anda fokus menjaring visitor dari social media dan iklan tapi tidak ada salahnya jika anda juga menerapkan teknik seo pada blog tersebut, karena dengan optimasi nlog yang maksimal otomais visitor akan lebih banyak lagi. Visitor tidak hanya datang dari iklan dan social media, tetapi juga datang dari mesin pencari google.

Terlebih jika blog yang anda buat adalah blog niche, tentu anda harus benar-benar mengerti tentang seo dan serp, karena tanpa kedua hal tersebut tentu blog tidak akan bisa optimal karena anda harus fokus mencari visitor dari search engine.
7. Monetize Blog
Setelah anda berhasil membuat blog yang memiliki seo dan dengan banyak artikel tentu saja blog anda akan dikunjungi oleh banyak visitor. Pasti anda akan berfikir untuk memonetize atau istilah lainnya adalah bagaimana cara menghasilkan uang dari blog tersebut. Ada beberapa cara memonetize blog agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog, terutama jika anda membuat jenis blog niche.

Selain anda bisa menyediakan slot iklan mandiri pada blog tersebut, anda juga dapat mendaftarkan blog tersebut ke iklan ppc seperti google adsense, chitika, kliksaya, dan lain sebagainya. Selain itu anda juga bisa memasang iklan popup pada blog anda tersebut.
 8. Belajar tips dan tutorial blogspot dan internet marketing
Tidak sampai disitu saja, meskipun anda sudah berhasil memiliki sebuah blog yang telah dimonetize, tapi anda harus terus dan terus belajar tentang seluk beluk blog secara lebih mendalam lagi, selain itu anda juga harus belajar tentang internet marketing secara lebih luas lagi. Karena seiring dengan terus berkembangnya teknologi internet, maka blog dan internet marketing juga akan terus berkembang. Terlebih ketika si raksasa google mengeluarkan kebijakan baru seperti algoritma google dan google panda, jika anda tidak mengikuti perkembangannya tentu blog anda bisa tahu-tahu hilang dari permukaan google.

Itulah tips dan tutorial ngeblog untuk pemula, semoga bermanfaat.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top