Cara Menambahkan Dan Menghapus Admin Atau Penulis Blog

Selamat pagi teman's, Admin blog adalah seseorang yang memiliki hak secara penuh untuk mengakses sebuah blog, baik itu melihat, menulis posting, melakukan setting blog, mengedit template, dan lain sebagainya. Atau bisa dikatakan bahwa admin blog adalah pemilik blog/ webmaster blog itu sendiri. Sedangkan penulis blog adalah orang yang hanya memiliki akses untuk melihat dan menulis konten/ posting blog saja.

Jika anda seorang admin blog atau pemilik blog dan ingin melakukan kerjasama dengan penulis konten (update conten) maka anda dapat menambahkan admin atau penulis blog anda, sehingga orang yang telah ditambahkan menjadi admin/ penulis blog tersebut dapat ikut mengelola dan menulis posting pada blog anda, jadi dalam satu blog dapat dikelola oleh beberapa orang secara bersama-sama.

Selain itu, sebagai seorang admin yang memiliki hak akses penuh, anda juga dapat menghapus penulis blog dan admin lain yang memiliki level dibawah anda. Sistem seperti ini biasanya digunakan dalam online marketing bagi hasil atau jual beli blog yang sekarang ini cukup ramai diminati para blogger.

Nah jika anda ingin menambahkan atau menghapus admin dan penulis blog, silahkan anda simak uraian dibawah ini:


Cara menambahkankan admin atau penulis blog


1. Masuk halaman dashbord blog anda

2. Pilih Tab menu SETELAN > DASAR

3. Pada bagian IZIN > PENGARANG BLOG pilih TAMBAHKAN PENGARANG

4. Masukkan alamat email (gmail) orang yang akan anda jadikan sebagai admin/ penulis blog. Ingat harus gmail ya, bukan yahoo, hotmail, atau yang lain.

5. Kemudian klik UNDANG PENGARANG

menambahkan admin penulis blog


6. Lakukan konfirmasi melalui alamat email yang sudah anda tambahkan sebagai verifikasi bahwa email tersebut menyetujui untuk dimasukkan menjadi admin blog anda.

7. Selesai sudah, sekarang blog anda sudah memiliki lebih dari satu admin dan penulis blog.


Cara menghapus admin dan penulis blog


Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa anda selain dapat menambahkan admin tentu juga dapat menghapus admin dari blog anda, atau bahkan dapat mengganti admin blog, dan menyerahkan blog sepenuhnya kepada orang lain.

1. Masuk halaman Dashbord blog

2. Pilih tab menu SETELAN > DASAR

3. Pada IZIN > PENGARANG BLOG silahkan pilih admin atau penulis yang akan anda hapus.

Perlu anda perhatikan juga ketika anda menambahkan orang lain menjadi admin blog yang memiliki akses yang sama dengan anda, maka anda sendiri dapat dihapus sebagai admin oleh orang yang telah anda tambahkan tersebut. Jadi sebaiknya jangan berikan hak akses penuh kepada orang lain untuk masuk kedalam blog anda, kecuali jika anda ingin menjual blog tersebut kepada orang lain.

Demikianlah cara menambahkan admin/ penulis blog dan cara menghapus admin/ penulis blog yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat.
Tag : Tips NgeBlog
Back To Top